10 Bisnis Ukm Yang Sangat Menggiurkan Tahun Ini

Prospek bisnis ukm

Beberapa research saya etrnyata berhasil yaitu tentang “Bisnis UKM”. Dari data yang saya temukan ternyata sangat banyak orang indonesia yang berumur antara 24tahun hingga 35tahun mencari peluang bisnis UKM atau Usaha Kecil Menengah. Dari data tersebut saya juga melihat tren pencarianya menggunakan Mobile Device. Artinya semakin banyak orang yang memanfaatkan Smartphone untuk mencari peluang bisnis di Internet.

  1. Bisnis Yang Memanfaatkan Teknologi
  2. Bisnis UKM Bidang Makanan
  3. Bisnis UKM Bidang Kecantikan dan Fashion
  4. Bisnis Pendidikan
  5. Bisnis Bengkel
  6. AgriBisnis
  7. Bisnis Katering
  8. Bisnis Jasa Perijinan
  9. Bisnis Kelontongan
  10. Bisnis Pengantaran (Kurir)

Mari kita bahas satu persatu secara singkat agar teman-teman bisa mengerti sehingga bisa memilih salah satu bisnis UKM yang ada di atas:

1. Bisnis Yang Memanfaatkan Teknologi

Bisnis yang memanfaatkan teknologi tidak selamanya mahal. Namanya mungkin bisa saja terdengar atau terkesan tinggi. Akan tetapi bisnis UKM yang bisa kita lakukan menggunakan teknologi contohnya menjual toko online.

Toko online saat ini sedang berkembang pesat. Memang ada beberapa toko online yang sistemnya kerjasama seperti lazada, blibli, tokopedia, bukalapak dan masih banyak yang lainya. Akan tetapi jika kita memiliki toko online sendiri, maka kita lebih dipercaya dan profesional.

Bisa juga menjual website atau mungkin jasa SEO seperti yang saya lakukan di website marketingjoss.com dan masih banyak lagi yang lainya silahkan cari di google.com

Perlu diperhatikan, bahwa bisnis yang memanfaatkan teknologi bukan hanya yagn ada kaitanya dengan komputer atau handphone tetapi juga seperti menjual alat-alat elektronik seperti televisi, atau radio. Usaha tersebut memang membutuhkan modal, tetapi modalnya tidak terlalu besar.

2. Bisnis UKM Dibidang Makanan

Untuk lebih jelas bisa pelajari “Peluang Bisnis Kuliner” tapi secara garis besar bisa saya sampaikan bahwa lidahnya orang INDONESIA sangat kental dengan kuliner yang banyak rempah-rempah. Oleh karena itu sekalipun banyak makanan modern yang dijual dipasaran tetapi orang Indonesia biasanya akan kembali lebih memilih makanan Tradisional yang asli Indonesia.

Baca Juga :Bisnis Yang Menjanjikan Tahun Depan

3. Bisnis UKM Bidang Kecantikan dan Fashion

Tingginya permintaan dibidang Fashion ikut mendongkrak bisnis UKM yang satu ini. Yaaa….bisnis kecantikan dan Fashion. Pergantian tren yagn sangat cepat ikut mendongkrak tingginya pesanan terhadap dunia fashion saat ini.

Bisnis UKM dibidang Fashion salah satunya merancang pakaian, atau menjual pakaian import, bisa juga melihat tren fashion dari luar negeri kemudian memodifikasinya agar sesuai dengan kebudayaan orang idonesia. Sementara untuk bidang kecantikan kita bisa memulai bisnis SALON, SPA, Menjual Peralatan Salon, Perlengkapan Make Up dan masih banyak lagi.

4. Bisnis Pendidikan

Setiap orang PASTI butuh pendidikan di dalam hidupnya dan saat ini jumlah anak-anak yang membutuhkan pendidikan di Indonesia terus meningkat. Sementara itu kurikulum terus-menerus memiliki perubahan. Hal ini mengakibatkan sulitnya anak-anak sekolah beradaptasi terhadap kurikulum yang baru.belajar

Dengan demikian timbullah peluang bisnis ukm dalam hal ini membuat Bimbingan Belajar (BIMBEL). Tidak hanya di kota-kota, saat ini BIMBEL juga sudah banyak di daerah-daerah. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki kemampuan mengajar, tidak ada salahnya jika memulai usaha pendidikan ini.

Jika anda kesulitan membuat BIMBEL, lakukan hal yag paling mudah dahulu yaitu mengajar Privat untuk mendapatkan kepercayaan dan pengalaman.

Baca Juga : Bisnis Pendidikan

5. Bisnis Bengkel

Banyaknya jumlah kendaraan saat ini telah membuka peluang bisnis Bengkel untuk men-Servis kendaraan. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Kisaran modal awal adalah 10juta hingga 30juta. Ini tergolong bisnis UKM dimana modalnya terbilang tidak terlalu memberatkan.

Yang perlu anda lakukan paling penting diawal-awal adalah mencari tempat yang strategis atau tempat pinggir jalan yagn cukup ramai dilalui oleh kendaraan bermotor. Mungkin diawal pembukaan usaha bengkel tersebut, anda hanya fokus pada kendaraan Sepeda motor saja. Setelah cukup berkembang barulah anda melebarkan usaha sampai kepada servis mobil. Berikan layanan terbaik agar pelanggan anda betah men-Servis kendaraanya di bengkel anda.

6. AgriBisnis

Agribisnis adalah Usaha yang berbasis kepada pertanian baik sektor hulu hingga sektor hilir (baca di Wikipedia). Artinya usaha ini bergerak dalam koridor pertanian. Bisa penjualan bahan-bahan pertanian, hasil bumi dan lain sebagainya yang intinya berkaitan dengan hasil tani.

Tapi perlu diingat juga bahwa Agribisnis bukan hanya aspek tanaman tetapi juga hewan. Jadi bagi anda yang memiliki hobi membuat ternak kambing dan sapi, itu juga termasuk Agribisnis dan modalnya tidak terlalu mahal. Mungkin kalau untuk modal Sapi memang agak mahal karena untuk anak sapi saja mungkin bisa kisaran harga Rp 8jr hingga 10juta. Tetapi kalau kambing tentu lebih murah.

7. Bisnis Katering

Bisnis katering mungkin yang sering kita ketahui hanya menerima pesanan makanan. Alan tetapi ternyata bisnis katering ini adalah Bisnis UKM yang sangat menjanjikan karena kita bisa bekerjasama dengan perusahaan. Memang kita perlu membuat badan usaha milik kita, akan tetapi hal tersebut tidak terlalu sulit. Cara-cara pengurusan badan usaha bisa anda lihat di situs tentang pengurusan badan usaha.usaha katering

Setelah mengurus izin pembuatan badan usaha, lakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan. Biasanya karyawan mereka butuh sarapan di pagi hari dan makan siang. Dan beberapa perusahaan biasanya tidak ingin merepotkan karyawanya untuk hal mencari makan. oleh karena itu mereka akan bekerjasama dengan perusahaan katering.

Tetapi jika anda merasa ini terlalu berat, bisa anda mulai dari yang paling ringan yaitu membuka warung sendiri, kemudian menerima pesanan katering. Untuk promosinya gunakanlah berbagaimacam media baik offline seperti spanduk dan brosur atau Online melalui website dan iklan-iklan baik gratis atau berbayar. Iklan Online biasanya jauh lebih murah dibandingan iklan Offline.

8. Bisnis Jasa Perizinan

Bagi orang kaya atau orang sibuk, biasanya waktu begitu sangat berarti. Hal ini bisa kita lirik sebagai peluang bisnis ukm yang SANGAT mudah dilakukan. Sebut saja seseorang yang memiliki kendaraan mobil, dan yang punya mobil ersebut tidak sempat mengurus surat-suratnya. Tentu kita bisa menawarkan jasa kepada mereka untuk menguruskan surat-surat mereka.

Ambillah komisi yang tidak terlalu besar, dan utamakan servis yang memuaskan agar mereka mau mempercayakan urusan perijinanya kepada anda. Bukan hanya perijinan dalam hal suat menyurat kendaraan bermotor, bisa juga perizinan mendirikan bangunan (IMB) atau Perusahaan dan masih banyak lagi.

9. Bisnis Kelontongan

Beberapa waktu lalu saya menulis sebuah artikel tentang “3 Jenis Bisnis Yang Sangat Menjanjikan Tahun Ini” dan salah satu bisnis yang saya bahas adalah bisnis kelontongan. Usaha ini termasuk Bisnis UKM yang sangat potensial jika kita tekuni.

10. Bisnis Pengantaran

Mungkin ini terlihat sepele dan tidak berkelas. Namanya saja bisnis pengantaran atau kurir. Tapi tunggu dulu, mungkin kalau kita yang mengantarkan barang tersebut maka terasa tidak berkelas. lalu bagaimana jika anda sebagai pengusahanya, membeli armada 2 atau 3 motor bekas, lalu mengantarkan pesanan orang. Tentu lebih berkelas bukan?? Anda tetap sebagai pengusaha.bisnis ukm

Kurir tidak harus keluar kota bisa juga di dalam kota. Banyaknya bisnis online yang bermunculan menjadikan peluang bisnis kurir ini semakin tinggi. Sebut saja GO-JEK.

Go-JEK sejatinya adalah bisnis antar jemput manusia. Tetapi seiring dengan berjalanya waktu mereka mengembangkanya sampai kepada pengantaran makanan dan barang. Tentu ini adalah peluang yang sangat bagus untuk anda yang ingin memulai Bisnis UKM dibidang pengantaran atau pengiriman barang.

Kalau sudah besar, mungkin anda akan bisa bersaing dengan pemain besar lainya seperti JNE, FED-EX, TIKI, dan masih banyak lagi yang lainya.

saya menganggapnya bisnis UKM karena modalnya tidak terlalu besar. Anggap kita mebeli 5 unit kendaraan bermotor dengan harga perUnit @ Rp 5 jt, maka modalnya hanya 25 juta saja dan untuk area yang anda pilih mungkin dalam kota saja terlebih dahulu. Kalau sudah lebih berkembang barulah anda kembangkan lebih luas daerahnya.

Semoga 10 contoh Bisnis UKM di atas bisa meng-Inspirasi teman-teman semua yang sedang mencari peluang usaha.

Related Posts

About The Author

One Response

Add Comment

Pesan Anda