10 Cara Membuat InfoGrafik Dengan Sangat Mudah

cara membuat info grafik dengan mudah

Apa itu infografik dan apa fungsinya? mungkin anda sering bertanya seperti itu. Sama dengan saya sebelum saya mengerti hal ini. Ternyata yang dimaksud dengan infografik adalah informasi yang disampaikan dalam bentuk grafik yang menarik, sehingga penyampaian data dan informasinya lebih menarik dan mudah dipahami.

Tentu saja ini menjadi sangat trend saat ini. Ditengah banyaknya informasi yang masuk di Era saat ini, tentu kita perlu memahaminya dengan secapat mungkin dan sesingkat mungkin.

Anda bisa membayangkan jika sebuah informasi dituangkan dalam bentuk tulisan, maka anda akan bosan dan bisa jadi informasi tersebut sulit kita cerna. Tetapi bagaimana dengan bentuk grafik yang menarik sepeeti contoh berikut ini :

cara membuat info grafik mudah dipahami

dengan grafik yang menarik di atas, maka kita dengan mudah memahaminya bukan? Anda bisa bayangkan jika hal tersebut diatas dituangkan dalam bentuk tulisan yang tidak bergambar, maka anda akan sulit memahamina. Ditambah lagi dengan berbagai informasi yang masuk silih berganti.

Jadi, itulah fungsinya infografik. lalu bagaimana cara membuatnya? apakah sulit?

Sebenarnya langkahnya sangat mudah, proses pembuatan infografis terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut:

1. Memilih Tema

Carilah tema apa yang sedang menjadi pembicaraan di Internet atau sosial media juga dari apa yang menjadi pemikiran dari organisasi tempatmu bekerja. Ingat baik-baik bahwa infografik bisa diterapkan dimanapun anda bekerja. Fungsi utamanya adalah agar informasi yang kita sampaikan lebih mudah dipahami orang yang membacanya

2. Melakukan Riset Mendasar

Lakukanlah riset yang mendasar tentang apa yang akan anda buat. Jangan hanya membuat tanpa disertai data yang valid, artinya anda harus menyediakan data yang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Carilah sumber yang benar-benar bisa dipercaya.

3. Mendapatkan data

Jika sudah melakukan riset mendasar, maka temukan datanya lalu buat dalam catatan untuk anda olah menjadi kelompok-kelompok data yang baru, agar data tersebut lebih rinci. Untuk melengkapi data tersebut bisa juga anda mencari literatur dari buku atau Internet. Sehingga data yang anda peroleh benar-benar bisa dipercaya dan KOMPLIT.

4. Menganalisis data

Analisalah data-data yang sudah kamu dapatkan. Jika ada yang kurang lengkap, lengkapilah. Tentu ini akan menjadi lebih mudah, karena pekerjaan anda sudah lebih kecil ruang lingkupnya.

5. Membuat Narasi

Sebelum adna sajikan, buatkan narasi yang singkat tapi menarik dan JELAS. Bangunlah sebuah cerita yang menarik, agar pembaca lebih tertarik membacanya daripada hanya sekedar tulisan saja.

6. Membuat sketsa/wireframe

Setelah anda membuat Narasinya, buatlah sketsa dari perjalanan informasi tersebut jangan lupa sertakan gambar-gambar menarik lainya. Bisa dalam bentuk ICON-ICON atau sketsa visual yang menarik lainya. Perhatikan juga komposisi warnya yang bagus. Tujuanya agar nyaman dipandang mata.

7. Mengedit

Edit bagian-bagian yang dirasa kurang atau lebih. Jika kurang, maka tambahkan, jika lebih kurangi. Susun sebaik mungkin.

8. Mendesain

Desainlah dengan ukuran yang wajar serta integrasikan Data dengan Visual atau icon-icon yang sudah ada.

9. Uji

Lakukan pengujian setelah seluruhnya tersusun. Tujuanya jika ada yang masih kurang bisa kembali ke langkah ke 7, edit kembali.

10. Finishing

Langkah terakhir adalah lakukan Finishing. Perhatikan secara keseluruhan apakah data dan gambar serta desainya sudah benar-benar baik dan benar. Jika sudah sesuai dengan informasi yang akan anda sampaikan, buatlah dalam bentuk gambar dengan ukuran resolusi yang paling bagus.

Untuk melihat contohnya perhatikan gambar berikut:

contoh infografik bukalapak

Klik Untuk Memperjelas

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda