10 Obyek Wisata Danau Toba yang Wajib Dikunjungi

Ilustrasi-10 Obyek Wisata Danau Toba yang Wajib Dikunjungi

Ilustrasi-10 Obyek Wisata Danau Toba yang Wajib Dikunjungi

Apakah Anda pernah berwisata ke Danau Toba? Obyek Wisata Danau Toba memang sangat menarik untuk diulas. Merupakan danau terbesar dan sangat terkenal di Indonesia, Danau Toba terletak di Provinsi Sumatra Utara. Hal tersebut menjadikan Danau Toba sebagai salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Indonesia.

Selain pemandangannya yang memukau, Danau Toba juga dikelilingi beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.  Bagi Anda yang sedang memiliki rencana berwisata, berikut ini ulasan mengenai 10 obyek wisata Danau Toba yang wajib dikunjungi. Mari kita simak ulasan berikut ini:

1# Pulau Samosir

Pulau Samosir terletak ditengah Danau Toba, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara. Merupakan salah satu pulau yang terkenal akan kesuburannya, Pulau Samosir juga  dikenal masyarakat luas sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia. Menawarkan pemandangan alam yang indah, Pulau Samosir juga kaya akan adat istiadat yang terus dilestarikan. Hal tersebut menjadikan Pulau Samosir sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Sumatra Utara.

2# Simarjarunjung

Merupakan sebuah bukit di sebelah selatan Danau Toba, Simarjarunjung menyuguhkan pemandangan Danau Toba yang dapat disaksikan secara langsung. Barisan bukit dikelilingi tepian Danau Toba membuat para wisatawan terpukau dengan keindahannya. Banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara singgah di tempat ini sebelum melanjutkan perjalanan ke Samosir, Tuktuk , Parapat dan Pematang Siantar.

3# Bakara

Berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, Bakara merupakan suatu daerah wisata alam di kawasan Danau Toba. Di sini Anda akan disuguhkan dengan wisata alam Danau Toba yang indah. Selain itu, bagi Anda yang suka memancing, di tempat ini Anda dapat melakukan wisata memancing sembari menyaksikan pemadangan yang indah. Tentunya liburan Anda menjadi tak terlupakan dengan mengunjungi obyek wisata ini.

4# Parapat

Berada di Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Parapat menyajikan obyek wisata dengan pemandangan yang memukau. Di sepanjang perjalanan menuju Parapat Anda akan akan menyaksikan Danau Toba yang sangat luas dengan keindahan alamnya yang mempesona.

Sebelum anda tiba di kota Parapat, Anda juga akan dihibur dengan banyaknya monyet yang berkeliaran sepanjang jalan. Untuk sampai ke kota Parapat, Anda memerlukan waktu sekitar 5-6 jam dari kota Medan.

5# Pantai Lumban Silintong Balige

Terletak di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Wisata Danau Toba di Lumban Silintong ini memang sangat menarik untuk dikunjungi. Anda dapat menikmati kesejukan dan keindahan panorama pantai dengan berjalan di sepanjang pinggir pantai.

Menikmati pesona alam saat matahari terbit maupun terbenam menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini. Sajian wisata kuliner dengan menu makanan laut yang cukup menggoda lidah menjadikan Pantai Lumban Silintong Baligo sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Sumatra Utara yang paling digemari.

6# Tongging

Merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang menarik, Desa Tongging terletak di kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Desa Tongging menyajikan pemandangan Danau Toba yang sangat eksotis. Di sini Anda dapat mengabadikan momen kebersamaan Anda dengan keluarga tercinta.

7# Pusuk Buhit

Cerita adat istiadat yang masih sangat kental menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah Pusuk Buhit. Merupakan daerah perbukitan yang terletak di Pulau Samosir, tersimpan cerita asal usul orang batak di tempat ini. Menurut masyarakat asli di sana, sejarah awal asal usul orang batak pertama adalah berasal dari Pusuk Buhit. Pemandangan yang indah dan udara yang begitu sejuk disajikan ditempat ini. Sebaiknya Anda tidak lupa mengunjungi tempat ini saat berada di Pulau Samosir.

8# Pulau Sibandang

Merupakan pulau yang dikelilingi Danau Toba, Pulau Sibandang terletak di Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara. Selain sajian pemandangan Danau Toba yang indah, pulau ini juga terkenal dengan wisata buahnya. Terdapat banyak pohon mangga tumbuh dengan subur, Andapun bisa langsung memetik dan memakannya saat berkunjung di pulau ini. Untuk sampai ke Pulau Sibandang, Anda dapat menggunakan transportasi jenis kapal hingga sampai tujuan.

9# Sipinsur

Sebagai salah satu destinasi wisata alami yang sangat indah di Kabupaten Humbang Hasundutan, Wisata Sipinsur sangat terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal. Sipinsur sering dijadikan tempat persinggahan saat para wisatawan berkunjung ke Danau Toba. Anda hanya memerlukan waktu lebih kurang 60 menit dari Bandara Silangit untuk sampai ke tempat ini.

10# Simanindo

Merupakan salah satu Desa di Kabupaten Samosir, Simanindo berada ditengah dusun Hutan Bolon. Wisata sejarah menjadi daya tarik tersendiri di tempat ini. Di Simanindo, Anda akan melihat bangunan-bangunan peninggalan sejarah dan benda-benda peninggalan nenek moyang suku Batak. Selain itu, Anda juga akan dihibur dengan sajian tarian khas suku Batak yaitu Tarian Tortor.

Baca Juga:  Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Demikianlah ulasan mengenai 10 Obyek Wisata Danau Toba yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang memiliki rencana untuk berwisata.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda