10 Rahasia Tubuh Sehat dengan Daun Sukun

Memiliki tubuh sehat dan bugar pasti menjadi dambaan setiap orang. Dengan kesehatan tubuh yang selalu terjaga, Anda akan akan selalu bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun demikian, beberapa faktor diantaranya pergantian musim, rutinitas yang padat dan pola makan yang tidak teratur sering menjadikan tubuh kita rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Perlu langkah yang tepat dalam mencegah dan mengobati penyakit yang menyerang tubuh kita. Mengkonsumsi tanaman herbal dapat menjadi pilihan Anda agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Sukun adalah salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.  Merupakan buah yang sering dimasak menjadi berbagai macam olahan makanan, buah sukun memiliki rasa yang manis, tekstur yang lembut dan mengenyangkan.

Selain itu, buah sukun juga memiliki ciri tidak berbiji dan berbentuk seperti roti setelah dimasak. Di Eropa, buah sukun sering dikenal sebagai “buah roti”.

Khasiat Daun Sukun untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja, daun sukun yang berbentuk lembaran juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kita. Apa saja khasiat Daun Sukun untuk kesehatan tubuh kita? Mari kita simak ulasan berikut ini:

1# Mengobati sakit gigi

Akibat lubang pada gigi, keluhan sakit gigi sering kita alami. Rasa sakit pada gigi muncul saat banyak kuman dan bakteri menyatu pada lubang gigi. Memiliki khasiat anti racun, Daun Sukun mampu membunuh semua bakteri dan kuman yang berkumpul pada lubang gigi.

Caranya adalah rebus daun sukun, setelah matang ambil sari airnya. Selanjutnya, Anda dapat berkumur dengan sari air rebusan daun sukun tersebut. Cara tersebut mampu mengurangi rasa sakit pada gigi Anda. Secara perlahan, sakit gigi Anda akan sembuh.

    2# Mengobati Alergi

Rasa gatal-gatal pada tubuh adalah salah satu indikasi penyakit alergi. Oleh karena tubuh tidak bisa menghasilkan enzim dan hormon anti alergen, penyakit alergi mudah menerang tubuh manusia. Secara teratur mengkonsumsi daun sukun, masalah alergi dapat dicegah dan teratasi. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun sukun secara teratur, Anda dapat mencegah dan mengatasi alergi yang menyerang tubuh.

3# Menurunkan Kadar Kolesterol

Daging sapi, kulit daging unggas dan minyak nabati memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Banyak mengkonsumsi beragam makanan dengan kandungan lemak jenuh berpotensi meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh.

Kadar kolesterol yang tinggi akan menumpuk dalam darah yang berefek jangka panjang yaitu menyebabkan serangan stroke dan penyakit jantung. Daun Sukun adalah solusi tepat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh kita. Secara teratur mengkonsumsi Daun Sukun mengakibatkan kolesterol akan keluar menjadi sisa-sisa metabolisme melalui tinja atau air seni.

4# Mengobati Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Apabila ginjal berhenti berfungsi, akibatnya dapat mematikan. Perlu penanganan cepat hingga ginjal dapat berfungsi dengan baik kembali.

Dengan senyawa khusus yang mampu mendorong efek diuretik, ramuan Daun Sukun dapat mengatasi penyakit ini. Melakukan terapi Daun Sukun secara teratur selama beberapa bulan hingga sembuh adalah langkah tepat dalam mengobati penyakit ginjal.

      5# Mencegah Penyakit Jantung

Pola metabolisme yang buruk dan pengerasan pembuluh darah mengakibatkan berbagai kelainan jantung. Yang paling berbahaya ialah serangan jantung dapat terjadi kapan saja. Perlu langkah tepat dalam mencegah penyakit jantung.

Terapi rebusan air teh daun sukun mampu mengatasi resiko penyakit jantung. Daun sukun berperan membuat aliran dan tekanan darah menjadi lebih baik. Secara teratur mengkonsumsi air teh daun sukun  membuat kesehatan jantung Anda terjaga.

      6# Mencegah Penyakit Kanker

Faktor penyebab penyakit kanker ialah rusaknya sel-sel sehat oleh zat radikal bebas dalam tubuh. Sel-sel tersebut bermutasi dan menyebabkan penyakit kanker. Sel kanker dapat muncul dan tumbuh di semua organ tubuh manusia. Untuk mencegah dan mengatasi penyakit kanker, rebusan daun sukun dapat menggantikan proses kemoterapi. Kandungan Antioksidan yang tinggi pada daun sukun mampu mengatasi penyakit kanker.

      7# Mencegah Pendarahan

Rebusan daun sukun dapat berperan sebagai obat anti pendarahan. Kandungan senyawa kimia pada daun sukun berfungsi menghentikan darah yang encer dan melancarkan sistem pembuluh darah sehingga pendarahan dapat dihentikan. Meminum rebusan daun sukun 3 kali sehari ampuh menghentikan pendarahan, kesehatan tubuhpun akan cepat pulih.

      8# Mengobati Asam Urat

Disebabkan oleh tingginya kadar asam dalam pembuluh darah, penyakit asam urat sering terjadi pada orang tua atau lanjut usia. Bercirikan tubuh menjadi lemah, beberapa keluhan lain seperti hipertensi, stroke dan diabetes menyertai munculnya penyakit ini.

Dengan mengkonsumi air rebusan daun sukun secara rutin dapat kadar asam urat yang tinggi dapat turun. Memiliki efek antiinflamasi, Daun Sukun juga berperan mencegah peradangan pada sendi akibat tingginya kadar asam dalam pembuluh darah.

     9# Mengobati Penyakit Liver

Berfungsi mentralisir racun dalam tubuh, hati merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Kondisi metabolisme tubuh yang buruk dapat mengakibatkan kelainan hati/ penyakit liver. Konsumsi alkohol dan rokok juga merupakan faktor pemicu munculnya penyakit ini. Rutin menggunakan daun sukun dalam bentuk rebusan teh dapat mengatasi penyakit liver.

10# Mengobati Penyakit Diabetes

Daun Sukun juga berperan menurunkan kadar gula darah. Berperan mengobati penyakit Diabetes, ramuan Daun Sukun sangat mudah diaplikasikan. Caranya, siapkan 3 lembar daun sukun berwarna hijau tua. Lalu bersihkan daun tersebut dan iris kemudian jemur sampai mengering.
Siapkan panci berisi air dua liter kemudian masukkan daun sukun yang sudah mengering ke dalam panci tersebut. Rebus sampai mendidih lalu saring dan minum air rebus daun sukun tersebut secara rutin 3 kali sehari.

Demikianlah informasi mengenai beragam manfaat Daun Sukun bagi kesehatan tubuh disertai dengan tips membuat ramuan Daun Sukun. Cukup mudah bukan? Semoga ulasan memberi manfaat bagi Anda.

About The Author

Reply

Pesan Anda