10 Trik Jitu Mengamankan Smartphone Anda

10 Trik Jitu Mengamankan Smartphone Anda

10 Trik Jitu Mengamankan Smartphone Anda

Di era digital ini sebaiknya kita menyadari begitu pentingnya menjaga keamanan perangkat mobile. Smartphone rentan terhadap hacking, malware dan berbagai kejahatan cyber lain sama seperti perangkat online lainnya. Jika pada komputer terdapat berbagai macam perangkat lunak dan aplikasi yang bisa Anda andalkan untuk meningkatkan keamanan, begitu juga bagi smartphone.

10 trik  di bawah ini merupakan pencerahan bagi Anda untuk lebih mengamankan smartphone,  cermati satu persatu, segera lakukan yang menurut Anda paling krusial :

1# Update Software Anda

Apapun sistem operasi smartphone anda, iOS atau Android atau yang lain, bagi pakar keamanan pasti akan menganjurkan anda menggunakan versi terbaru yang sudah tersedia. Hal tersebut adalah penting, karena sistem operasi terbaru itu datang beserta berbagai macam bonus fasilitas tambahan, dan juga karena banyak lubang keamanan yang perlu ditutup. Jadi usahakan atur smartphone anda agar otomatis cek update.

2# Gunakan Pengunci Layar yang Aman

Walaupun terbilang sederhana tapi fasilitas ini cukup berguna, jika android pada umumnya sudah menyediakan kunci layar dan dirasa begitu menarik tapi sebenarnya hal itu bukanlah sistem yang paling aman.

Pola unlock dan pin merupakan salah satu pengaman terbaik, tapi jika anda bukanlah orang yang cenderung tergesa gesa, akan lebih baik menggunakan password dengan alphanumeric. Dan jangan aktifkan fitur “make passwords visible” dan akan jauh lebih baik lagi jika anda selalu merubahnya untuk jangka waktu tertentu.

3# Pasang Software Antivirus

Salah satu serangan terbesar yang sering terjadi tidak lain disebabkan oleh virus. Memang terjadi tidak separah seperti pada komputer desktop, tapi sebagian besar terjadi karena kurang hati hati dalam install aplikasi.

Masalah ini terlihat tidak begitu berbahaya untuk iPhone berkat ketatnya pengawasan pihak Apple mengendalikann App Store. Beda dengan keadaan Andoid yang masih berbasis Open Source yang membuata Android menjadi lebih rentan. Aplikasi berbahaya dapat dengan lebih mudah dibuat tanpa diperiksa oleh pihak Google. Walaupun begitu kedua kasus tersebut dapat dihadapi dengan pemasangan aplikasi antivirus mobile di smartphone anda.

Tingkatkan kewaspadaan anda terhadap setiap aplikasi yang akan anda install di smartphone. Dan jika anda ingin memastikan sumbernya, periksa langsung ke situs web pengembang aplikasi tersebut karena sebagian besar sudah memiliki link langsung ke aplikasi mobile.

4# Disable Aplikasi dari Sumber yang Tak Dapat Dipercaya

Walaupun terkesan baik dan aman untuk mendownload aplikasi di luar App Store atau Google Play Store, tapi sering terjadi hal sebaliknya, aplikasi tersebut kurang aman untuk digunakan. Google, Apple dan Microsoft, seperti juga Blackberry, akan memberikan referensi bagi aplikasi aplikasi yang ada di portal aplikasi mereka.

5# Hindari Penggunaan Root atau Jailbreak

Melakukan rooting pada perangkat Android atau jailbreaking pada iPhone anda dapat menjadi hal yang berbahaya, khususnya jika anda tak tahu apa yang sedang lakukan. Hal itu akan membongkar sistem operasi perangkat anda dan memberikan anda akses terhadap kode dasar perangkat, jika anda bisa mengaksesnya, program berbahaya pun akan lebih mudah merubahnya.

6# Gunakan Aplikasi Kode Kunci

Satu lagi fasilitas yang penting untuk melindungi pesan pesan atau gambar gambar vital atau berkas penting lainnya. jika anda sudah memasang kode masuk dan ternyata jatuh ke tangan orang yang salah, resiko besar untuk data anda. Tapi dengan menambah aplikasi ini, anda mampu memberikan lapisan pengaman kedua untuk menjaga data anda. aplikasi ini akan memberikan tempat khusus di memori telephon genggam atau kartu SD anda untuk menyimpan berkas berkas penting anda.

7# Gunakan Mode Akses Tamu

Mode ini sebenarnya hanyalah untuk mengantisipasi terjadinya banyak hal yang tidak perlu terjadi seandainya smartphone anda sementara waktu tidak berada di tangan anda (dipinjam anak atau teman anda). Pastikan anda tahu/ingat bagaimana keluar dari mode ini.

8# Mengunci  SIM

Langkah pertama dalam keamanan telepon genggam anda adalah mengunci SIM (SIM Pin atau SIM security) jika anda menganggap hal ini penting tentunya. Misalnya anda memiliki layanan telepon paska bayar atau mempunyai kontrak langganan dengan operator. Karena dengan fitur ini anda perlu memasukkan PIN sebelum menelepon atau mengrimkan pesan, memang terkesan merepotkan, tapi jika memang anda memiliki kekuatiran tentang hal tersebut, ada baiknya gunakan tips ini.

Baca Juga: 5 Cara Bisnis Online Menggunakan Smartphone Android

9# Pindahkan Berkas Sensitif dari Smartphone Anda

Langkah yang lebih baik dan efisien dibanding meng-enkripsi kartu SD anda adalah dari awal tidak pernah menyimpan berkas penting pada smartphone anda. Walau relatif mudah memang menyimpan berkas penting pada smartphone anda, berkas akan berada di manapun anda berada. Tapi untuk menjaga keamanan akan jauh lebih baik gunakan external USB drive, ambil flash drive USB On The Go beserta anda untuk menyimpan berkas penting.

10# Aktifkan Fitur Location

Fitur ini sebenarnya bukan berarti digunakan untuk melindungi perangkat anda dari pencurian atau pencurian data akan tetapi lebih berguna untuk mendapatkan kembali smartphone yang hilang.

About The Author

Reply

Pesan Anda