11 Langkah Sukses Membangun Blog

Saya masih ingat saat meluncurkan blog pertama saya pada Maret 2010. Saya begitu bersemangat dan siap membagikan pengalaman dan apa yang saya tahu kepada dunia! Namun semuanya tidak berjalan mulus seperti yang saya harapkan.

Setahun kemudian saya membuat blog kedua. Meski di awal-awal hanya meraih trafik sangat sedikit, namun dengan pengalaman yang lebih baik, pengetahuan, strategi blogging dan sebagainya, perlahan tapi pasti blog saya mulai berkembang.

Dari pengalaman itu, dapat disimpulkan bahwa ‘bahan-bahan’ yang dibutuhkan untuk membangun blog yang sukses adalah membuat konten bagus yang mengajarkan orang sesuatu, mengoptimasi konten dan mempromosikannya melalui berbagai cara.

Di bawah ini, saya menyusun 12 langkah penting dalam membangun blog sukses yang bisa Anda ikuti. Semuanya berasal dari pengalaman pribadi, yang dimulai dari sebuah ide blog yang mengajarkan sesuatu kepada orang lain, sampai masalah optimasi dan promosi.

1. Tentukan ingin ngeblog tentang apa
Sejauh ini, saya menganggap pemilihan topik yang tepat adalah langkah paling penting dari semua langkah untuk membangun blog yang berhasil. Idealnya adalah memilih topik yang benar-benar Anda sukai, Anda kuasai dan banyak permintaan terhadap informasi tersebut.

Semakin spesifik topik yang Anda pilih, semakin baik. Namun, Anda pun tidak boleh mempersulit diri sendiri. Di awal-awal, mungkin Anda bisa memulai dari topik yang agak lebar, lalu seiring pengalaman dan pemahaman, Anda kemudian dapat menjadi seorang spesialis dengan fokus pada topik yang lebih sempit.

2. Menentukan nama blog
Langkah ini gampang-gampang susah. Gampang, karena Anda bisa membuat nama blog sesuka Anda. Susah, karena seharusnya dalam memilih nama ini, Anda mempertimbangkan perkembangan blog ke depannya.

Secara umum, nama blog harus: mudah diingat, bisa dibaca dan diketik dengan mudah, berkaitan dengan topik blog, atau membuat nama yang sama sekali tidak berhubungan yang saya sebut dengan istilah nama kreatif.

Hindari nama (dan alamat domain) yang akan membatasi Anda untuk mengembangkan blog di masa yang akan datang.

3. Memilih layanan hosting yang andal
Langkah ini juga sangat penting. Layanan hosting yang tidak bagus sangat berdampak buruk bagi perkembangan blog Anda.

Saat ini, pilihlah layanan hosting dengan teknologi cloud, karena lebih andal dan cepat. Hosting yang lambat, membuat pembaca tidak betah berlama-lama di blog Anda, dan itu merupakan pertanda buruk bagi perkembangan blog Anda selanjutnya.

4. Dapatkan theme profesional
Bila Anda serius membangun blog sukses, jangan pelit berhemat beberapa dolar dengan menggunakan theme gratisan. Selain tidak unik, dan telah dipakai ribuan blogger lain, theme gratis memiliki banyak keterbatasan.

Anda tidak butuh custom design (desain khusus yang dipesan pada pihak pengembang theme), terutama di awal-awal blogging. Jika kemudian blog Anda berkembang dengan sangat baik, mungkin sudah saatnya Anda memiliki desain yang lain daripada yang lain.

5. Dapatkan logo blog yang profesional
Ada banyak tempat yang membantu Anda membuat logo blog secara online dan gratis. Namun yang terbaik, jika Anda bukan seorang desainer, adalah memesan logo pada ahlinya. Dengan modal $5 – $10 Anda sudah bisa mendapatkan logo unik dan profesional melalui berbagai situs marketplace freelancer.

Keberadaan logo yang unik, akan sangat membantu Anda membangun brand yang kuat bagi blog Anda, sehingga ini termasuk salah satu prioritas utama Anda dalam membangun blog.

6. Gunakan Google Analytic
Jika Anda tidak dapat mengukurnya, maka Anda tidak akan dapat memperbaikinya. Karena itu, manfaatkan Google Analytic untuk memonitor sejauh mana perkembangan blog Anda. Lihat mana yang berhasil, mana yang tidak. Dari situ Anda dapat menyusun dan memutuskan apa yang perlu dipertahankan, mana yang perlu diperbaiki dan mana yang sama sekali perlu Anda buang.

7. Tulislah ide-ide topik pos Anda
Gunakan waktu 1 – 2 jam per minggu guna menyusun ide-ide posting Anda seminggu ke depan. Ini akan menjamin Anda tidak akan kehabisan ide di tengah jalan.

8. Menulis konten sesering mungkin
Yang terbaik Anda update blog setiap hari. Paling tidak 3 kali per minggu. Jangan pernah berharap blog Anda bisa berkembang baik dengan posting 1x minggu, terutama di awal-awal. Setelah blog Anda telah dikenal baik, memiliki basis pembaca yang cukup, Anda baru bisa menurunkan frekuensi posting. Meskipun demikian usahakan agar tetap mengupdate paling tidak 1 minggu sekali.

9. Manfaatkan media sosial
Permudah pembaca membagikan artikel Anda melalui media sosial yang mereka miliki. Tambahkan tombol share di setiap laman. Namun, jangan terlalu banyak, pilih beberapa yang paling banyak digunakan oleh pembaca Anda. Biasanya, FB, Twitter dan G+ adalah tiga sosmed yang paling populer.

10. Optimasi artikel Anda untuk mesin pencari
Mau tidak mau, Anda harus memperhatikan masalah optimasi mesin pencari atau yang biasa disebut SEO. Plugin SEO akan banyak membantu Anda dalam hal ini. Namun sebaliknya, Anda juga tidak boleh terlalu terobsesi dengan masalah SEO, sehingga tidak memperhatikan kualitas konten dan kenyamanan pembaca.

Ingat bahwa optimasi terbaik adalah: berikan yang terbaik kepada pembaca!

11. Buatlah sistem untuk menggali ide-ide baru
Saya tahu, untuk terus memiliki ide segar dan unik sebagai bahan posting, adalah hal yang sangat-sangat sulit.

Seorang blogger akan cepat kehabisan ide (dan gairah), dalam beberapa waktu. Untuk mengatasinya, Anda harus memiliki sebuah sistem atau kebiasaan tertentu untuk menggali ide-ide baru.

Kuncinya adalah: tidak berhenti belajar!

Carilah informasi menarik dari website lain. Perbanyak membaca. Lalu masak, gali, dan tambahkan opini, pengalaman, pengetahuan Anda sendiri pada informasi yang Anda temukan.

Nah, itulah 11 langkah yang bisa membantu Anda membangun blog sukses.

Bila Anda seorang blogger veteran, apa yang bisa Anda bagikan bagi mereka yang baru memulai?

Bila Anda seorang blogger pemula, apa yang ingin Anda ketahui lebih banyak tentang tema ini?

Silakan manfaatkan kolom komentar untuk saling berbagai dan berdiskusi. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Related Posts

About The Author

One Response

Add Comment

Pesan Anda