11 Photo yang Harus Kamu Gunakan untuk Jualan Online

jualan online menggunakan foto cantik

Sudah tidak diragukan lagi bahwa peran penting dari sebuah foto pada bisnis online atau jualan online adalah sangat VITAL. Bagaimana tidak? pasalnya pembeli hanya bisa melihat sebuah produk dari gambar yang di posting di toko online saja. Mereka tidak bisa memegang atau meraba barang yang akan dibeli tersebut. Oleh karena itu dangatlah penting membuat foto produk atau promosi yang benar-benar baik, agar orang yang pertama sekali melihatnya langsung tertarik.

Ada beberapa poin penting yang sering dilupakan para penjual online menyangkut masalah foto. Biasanya kebanyakan orang berjualan online hannya memasang foto seadanya. Mereka seolah tidak memperhatikan apa sebenarnya informasi yang paling deperhatikan dan dibutuhkan oleh calon pelanggan atau pembeli. Sehingga yang terjadi adalah penjualan atau omset mereka hanya pas-pasan.

Hal ini juga tentu sangat berkaitan dengan bagaimana tingkat “SHARING” foto tersebut oleh orang lain. Sharing (Membagikan kepada orang lain) adalah sangat penting. Karena berkaitan dengan marketing. Berikut beberapa poin penting yang menyangkut foto postingan di media online untuk jualan online kita :

Pertama : Menginformasikan dan mempengaruhi pembaca. Survey membuktikan lebih dari 49% orang membagikan sesuatu jika foto yang mereka lihat berguna, memberikan keuntungan dan mengubah pola pikir orang lain

Kedua : Menunjukkan identitas anda. Hampir 70% orang membagikan postingan atau foto anda ketika mereka melihat bahwa kamu layak direkomendasikan. Dengan begitu, seseorang ingin supaya banyak orang mengetahui siapa anda dengan foto yang memukau pada postingan anda.

Ketiga : Terhubung dengan konsumen anda. Kebanyakan orang membagikan sesuatu baik itu tulisan atau gambar ketika mereka mengetahui bahwa mereka ingin terhubung dengan kamu. Ini berkaitan dengan layanan yang kamu lakukan kepada pelanggan mu.

Keempat : Berharga. Dengan membagikan informasi, maka orang lain jadi lebih berguna dan berharga kepada sesamanya. Ini akan meningkatkan penjualan anda.

Kelima : Support. Orang akan dengan senang hati membagikan sesuatu yang memiliki support. Hal ini berkaitan dengan layanan purna jual. oleh karena itu, buatlah support terbaik kepada pelanggan mu.

11 Foto yang sangat penting dibuat untuk jualan online anda

#1. Give

give jualan online

Give di sini maksudnya memberikan informasi yang langsung jelas dan komplit dalam foto kita. Bisa saja memberikan informasi seputar diskon khusus. perhatikan gambar di atas dimana terlihat dengan jelas dengan kombinasi warna yang sangat baik, informasi yang didapatkan adalah jelas, menjual produk tas, dengan diskon hingga 75%

#2. Advise atau Saran

foto jualan online

Jika kamu ingin menjadi market leader (pemimpin dalam dunia pasar) kamu harus bisa menjadi seorang pemberi saran yang baik. Ini tidak mudah karena bisa saja orang yang menerima saran kamu mendapatkan keuntungan. Tapi tenang saja, ingatlah “Murid tidak pernah lebih pintar dari gurunya

“Murid tidak pernah lebih pintar dari gurunya”

#3. Peringatan

foto jualan online warning

Untuk menjual sesuatu, tidak harus kita memposting foto produk kita. Pada foto bisa kita buat sebuah peringatan tentang bahaya sinar matahari terhadap kulit. Padahal mungkin yang kita jual adalah pelembab kulit atau mungkin payung atau mungkin sesuatu yang melindungi kulit kita. Jadi tidak selamanya langsung to the point.

#4. Menghibur

foto jualan online menghibur

Konsep menjual langsung produk yang kita miliki adalah sudah kuno. Kita harus mampu memberikan hiburan “kecil” kepada calon pelanggan kita. Dengan begitu informasi yang kita berikan bisa langsung tertancap di dalam benak para calon pembeli.

#5. Mengispirasi orang lain

foto jualan online inspirasi

Sebuah kutipan motivasi yang kita selipkan pada produk kita bisa mengangkat inspirasi orang. Kamu bisa melihatnya di beberapa iklan televisi, bagaimana iklan rokok selalu dibuat menginspirasi banyak orang. Bagaimana sebuah foto-foto yang dipajang mampu membangun imajinasi positif kepada setiap yang melihatnya. Lakukan hel itu juga untuk produk mu.

#6. Luarbiasa

foto jualan online amazing

Terlihat luar biasa adalah bagian dari diri manusia. Kamu juga bisa menawarkan sesuatu melalui foto produk yang mana akan terlihat luar biasa jika menggunakan produk anda. Misal kamu menjual dasi laki-laki. kamu bisa membuat foto dengan dasi tersebut, dan orang yang memakainya terlihat lebih pede, kece, ganteng dan luar biasa. Bukan tidak mungkin orang ingin mencoba dasi yang kamu jual bukan?

#7. Bersatu dalam sosial media

foto jualan online bersatu dalam sosial media

Sekarang ini peran sosial media dalam bidang apapun sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itu penting adanya konsep bersatu dengan pelanggan kamu melalui sosial media.

Gampangnya adalah jika kita tinggal pada sebuah perumahan maka kita wajib bersosialisasi dengan sekitar kita (tetangga). Sama halnya dengan bisnis online. Jadikan pelanggan kamu sebagai tetangga atau teman. Bukan hanya sekedar pembeli. Bersatulah dengan memanfaatkan media sosial. Informasi yang kamu sharingkan juga tidak hanya sekedar produk, tapi juga informasi-informasi penting lainnya.

#8. Mengajarkan

foto jualan online education

Cara terbaik membuat sebuah hubungan erat dengan konsumen adalah memberikan informasi penting untuk hidup mereka. Ini yang disebut meng-Edukasi. Kita memang bukan bermaksud mengajari orang, tapi dengan sedikit pembelajaran, akan meningkatkan minat orang bergaul dan terus terhubung dengan Anda. Melalui sebuah foto yang dikomposisikan dengan jelas, maka orang akan mudah sekali men-Sharing foto kamu dan memberitahukan kepada banyak orang bahwa kamu suka memberikan informasi bermanfaat.

#9 Perayaan

foto jualan online perayaan

Membeikan promosi tertentu pada saat perayaan adalah hal yang sangat menggembirakan bagi konsumen anda. Buatlah foto seolah begitu “Legit” hari tersebut dengan diskon-diskon promosi. Dengan begitu mereka tidak hanya sekedar berfokus pada produk yang kamu taarkan. Perhatikanlah bagaimana toko online besar yang terpercaya, mereka memasang gambar disesuaikan dengan “SEASON” nya. Jadi fokusnya tidak selalu produk.

#10. Dimulai dari percakapan

foto jualan online pecakapan

Ada istilah hard selling dan soft selling. Soft selling biasanya tidak berfokus pada penawaran produk. Tapi fokusnya memberikan informasi, kemudian targetnya agar pendengar bisa menerima informasi tersebut dengan jelas, kemudian membeli produk.

Baca : 10 Strategi marketing online

Meluangkan waktu untuk menjawab semua pertanyaan calon pembeli adalah sangat disarankan. Hal ini sudah dilakukan oleh beberapa toko online besar di dunia juga di Indoensia. Mereka membuat sebuah gambar-gambar yang mengarahkan pembaca dan pengunjung untuk meninggalkan pesan mereka.

#11. Ucapan terimakasih

foto jualan online terimakasih

Apakah kamu pernah melihat sebuah ucapan terimakasih yang disampaikan lewat tulisan kecil? Atau apakah kamu pernah menerima sebuah ucapan terimakasih dengan tampilan gambar yang menarik!

Ada baiknya kamu mengirimkan sebuah ucapan terimakasih yang spesial. Tujuanya jelas, kamu menghargai setiap pembelian yang dilakukan kepada produk yang kamu tawarkan. Bahkan jika kamu bisa mengirimkan sebuah ucapan terimakasih dalam bentuk gambar animasi atau video, itu sangat disarankan. Jangan sepele dengan ucapan terimakasih, karena sebuah kata penutup ini sangat membawa kesan positif untuk langkah selanjutnya (Order selanjutnya). Pentingnya peran visualisasi yang jelas, lengkap, memiliki pesan sanagt penting untuk keberhasilan jualan online yang kita lakukan. Lakukan untuk peningkatan bisnis dan penjualan mu mulai hari ini.

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda