15 Khasiat Air Beras untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

15 Khasiat Air Beras untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

15 Khasiat Air Beras untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Apa saja khasiat air beras untuk kesehatan rambut dan kulit?  Air beras merupakan salah satu cara perawatan alami yang sangat mudah dan sederhana. Perawatan kecantikan dengan bahan alami dipercaya dapat menjaga kesehatan Anda. Selain itu, perawatan tanpa bahan kimia mengurangi resiko timbulnya efek samping pada tubuh kita.

Merupakan air sisa cucian beras yang akan dimasak, air beras memiliki banyak khasiat untuk kecantikan rambut dan kulit. Pastikan Anda tidak membuang air cucian beras terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai bahan perawatan kecantikan alami. Banyak khasiat air beras untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kita. Berikut ini beberapa khasiat air beras untuk kesehatan rambut dan kulit Anda:

1# Mengatasi Kerontokan Rambut

Rasa percaya diri akan menurun jika mengalami masalah kerontokan rambut. Hal ini juga menyebabkan berkurangnya rasa nyaman dalam  berinteraksi dan bergaul dengan orang lain. Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara yang mudah dan sederhana yaitu menggunakan air cucian beras untuk mencuci rambut. Kandungan C, E serta mineral dalam air beras berperan penting dalam membantu memperkuat rambut dan memperlancar sirkulasi darah ke kepala. Oleh karena itu, penggunaan air cucian beras secara teratur setiap keramas bermanfaat dapat menguatkan akar rambut sehingga masalah kerontokan rambut dapat teratasi.

Baca Juga: 8 Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

2# Mencerahkan Wajah

Bagi Anda yang sering berkegiatan di luar ruangan, sengatan sinar matahari akan membuat kulit lebih gelap dan terlihat kusam. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Perawatan wajah menggunakan air beras adalah solusi tepat mengatasi masalah tersebut. Air beras mengandung oryzanol yang bermanfaat menangkal sinar ultraviolet masuk ke kulit kita. Selain itu, kandungan vitamin C pada air beras berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan wajah. Dengan menggunakan air beras untuk mencuci wajah secara teratur, maka secara perlahan Anda akan merasakan manfaatnya. Kulit wajah Anda akan menjadi lebih cerah dan bersih.

3# Mengatasi Rambut Rusak

Terkadang kerusakan sangat mudah terjadi pada rambut. Seringnya melakukan pewarnaan rambut, pengkritingan dan pelurusan rambut adalah beberapa penyebab terjadinya kerusakan pada rambut kita. Pemakaian berbagai zat kimia juga menyebabkan rambut kering dan rusak. Anda dapat mengatasi kerusakan rambut  tersebut dengan cara mudah dan alami yaitu menggunakan air beras untuk keramas.  Kandungan pitera dan mineral dalam air beras berfungsi untuk mengobati rambut yang kering dan rusak.

4# Melembutkan Kulit

Air beras memiliki kandungan hemiselulosa, selulosa, protein glutein, gula dan banyak vitamin yang berperan dalam merawat dan melembutkan kulit. Penggunaan air beras untuk mandi berkhasiat melembutkan kulit yang kering, kusam dan bersisik. Kulit lembut, bersih dan bersinar akan menjadi milik Anda.

5# Mengontrol Kelebihan Minyak

Jenis kulit berminyak memang sangat sensitif terhadap masalah-masalah kulit wajah. Komedo dan  jerawat adalah beberapa masalah kulit yang timbul pada kulit berminyak. Solusi tepat bagi Anda yang memiliki masalah-masalah tersebut adalah melakukan perawatan wajah dengan air beras. Kandungan vitamin C pada air beras mampu mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah. Secara teratur mencuci muka dengan air beras dapat membantu mengangkat minyak berlebih pada wajah. Kelebihan minyak pada wajah akan berkurang, jenis kulit Anda secara perlahan akan menjadi normal.

6# Memutihkan Kulit Tubuh

Air beras juga berkhasiat merawat kecantikan kulit dan memutihkan kulit tubuh. Kandungan mineral orizano yang tinggi pada air beras mampu melembabkan dan mencerahkan kulit Anda. Mineral orizano berperan dalam membantu proses pertumbuhan sel melanin yang menangkal sinar ultraviolet masuk ke kulit kita. Cara perawatannya cukup mudah, Anda cukup menyaring air beras, sehingga air beras terpisah dari endapannya. Kemudian gunakan endapannya sebagai lulur, diamkan hingga 20 menit. Selanjutnya, setelah lulur mengering bilas dengan air beras yang sudah terpisah dari endapannya. Melakukan perawatan tersebut secara teratur setiap 2 kali seminggu, kulit Anda akan semakin bersih, putih dan bersinar.

7# Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Air beras juga dipercaya mampu menghilangkan flek hitam dan bekas luka akibat jerawat membandel. Membersihkan wajah Anda setiap hari dengan air beras berkhasiat dapat mencerahkan kulit wajah Anda dan memudarkan noda hitam bekas jerawat. Vitamin C dan mineral orizano pada air beras ampuh melawan zat radikal bebas  yang masuk ke kulit dan mengangkat sel-sel kulit yang mati.

8# Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Kandungan vitamin dan mineral pada air beras mampu meningkatkan  pertumbuhan rambut. Jika pertumbuhan rambut Anda dirasa sangat lambat, merawat rambut dengan air beras adalah solusi yang tepat untuk Anda. Penggunaan air beras untuk membilas rambut anda setiap keramas dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

9# Mengurangi Rambut Bercabang

Keindahan rambut akan berkurang jika rambut kita bercabang. Ujung rambut pecah-pecah dan jenis rambut cenderung kering adalah tanda-tanda rambut bercabang. Untuk mengatasinya, sangat disarankan menggunakan air beras sebagai bahan perawatan rambut Anda. Secara teratur merendam ujung-ujung rambut ke dalam air beras, Anda akan merasakan khasiatnya. Melakukan perawatan tersebut selama 20 menit setiap Anda akan keramas, rambut bercabangpun akan berkurang. Kemilau rambut sehat dan tidak bercabang akan Anda miliki.

10# Menghilangkan Ketombe

Ketombe adalah masalah kulit kepala yang sering kita jumpai. Hampir setiap orang pernah mengalami masalah tersebut.  Gejala yang muncul akibat masalah ketombe diantaranya adalah kulit kepala terasa lebih kering, berwarna kemerahan dan gatal karena adanya serpihan pada kulit kepala. Serpihan pada kulit kepala terjadi karena pengelupasan sel-sel kulit kepala. Sel-sel kulit kepala yang mengelupas tersebut kemudian berkumpul pada permukaan kulit kepala sehingga serpihan ketombe dapat sangat jelas terlihat. Untuk menghilangkan ketombe, keramas dengan air beras secara rutin adalah cara yang efektif.

11# Membuat Rambut Berkilau

Kandungan vitamin B1, C, E, mineral dan asam ferulic pada air beras berperan dalam menciptakan keindahan rambut. Untuk menghasilkan kilau rambut alami, Anda dapat melakukan perawatan rambut dengan campuran air beras dan sedikit madu. Buatlah campuran beras dan sedikit madu, lalu usapkan pada rambut Anda secara merata. Selanjutnya, tutup rambut Anda dengan plastik. Diamkan selama 20 menit. Setelah 20 menit, buka tutupnya dan bilas rambut Anda hingga bersih.

12# Menghilangkan Kutu Rambut

Karbohidrat pada air beras berupa pati  (85%-90%)  berperan dapat menghilangkan kutu rambut. Pati pada air beras mampu membunuh kutu dan telurnya. Penggunaan air beras untuk membilas rambut Anda setiap keramas, ampuh menghilangkan kutu rambut. Rambut Anda akan menjadi lebih sehat dan bersinar.

13# Menyembuhkan Jerawat

Air beras juga mampu menyembuhkan jerawat. Vitamin C pada air beras berperan membantu dalam proses penyembuhan jerawat. Mencuci muka secara teratur dengan air beras dapat mengurangi peradangan kulit wajah akibat munculnya jerawat. Kulit bersih bebas jerawat akan Anda miliki.

14# Mengatasi Komedo

Munculnya komedo pada kulit wajah disebabkan oleh kelebihan produksi kelenjar minyak di bawah permukaan kulit yang bercampur dengan sel-sel kulit mati. Hal tersebut membuat pori-pro kulit tersumbat. Perawatan dengan menggunakan air beras untuk mencuci muka secara teratur dapat efektif menghilangkan komedo secara perlahan dari wajah Anda.

15# Mengencangkan Kulit

Kaya mineral dan vitamin pada air beras juga sangat berperan dalam mengencangkan kulit. Memanfaatkan air beras sebagai toner untuk perawatan wajah sangat ampuh mengencangkan kulit yang kendur akibat penuaan dini. Perawatan dengan toner air beras akan menghasilkan kulit sehat, kencang dan terlihat muda.

About The Author

Reply

Pesan Anda