15 Trik Sukses Berjualan di Instagram

cara jualan di instagram

Cara jualan di instagram | Ilustrasi

 

Merupakan salah satu media sosial yang tidak asing lagi di telinga kita, Instagram telah banyak menciptakan online shop yang terkenal dengan produk yang laris manis terjual. Follower- follower sangat aktif berinteraksi di Instagram. Interaksi tersebut tercipta dengan saling memberi komentar, bahkan aktivitas promosi produkpun menjadi lebih mudah dengan media sosial ini.

Dalam bentuk video maupun foto, instagram dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempromosikan produk Anda. Tentunya tujuan utama kegiatan promosi ialah agar produk bisa laris terjual. Diperlukan strategi yang tepat agar bisa berjualan laris di Instagram. Bagaimana trik sukses berjualan di instagram? Berikut ini ulasannya:

1# Menciptakan Akun Instagram Sesuai dengan Nama Toko Anda

Contohnya, jika produk yang akan Anda jual adalah fashion wanita, Anda dapat menamai akun instagram tersebut dengan nama GirlFashion. Buatlah nama akun instagram yang bagus dan menarik. Tentunya para calon konsumen Anda akan tertarik dengan nama akun yang bagus dan menarik bukan?

2# Tingkatkan Jumlah Followers dengan Follow Akun Instagram Lain

Melakukan follow akun instagram lain bertujuan untuk menambah jumlah follower Anda. Sebaiknya lakukanlah follow pada akun instagram yang banyak jumlah followernya  Hal tersebut akan berpengaruh terhadap jumlah calon konsumen yang tertarik untuk membeli produk Anda. Calon konsumen produk Anda akan semakin banyak karena jumlah follower Anda yang juga semakin bertambah.

3# Upayakan Layanan Terbaik dan Memuaskan bagi Konsumen Anda

Siapkan sistem layanan yang fast respon bagi konsumen Anda. Layanan ini akan memberikan kesan positif bagi konsumen. Melalui layanan yang cepat tanggap, konsumen Anda akan merasa puas. Sebaiknya, berikan jawaban dan solusi yang tepat di akun instagram Anda  apabila mendapat keluhan dari pelanggan.

4# Berikan Keterangan yang Jelas dan Lengkap pada Akun Instagram Anda

Melengkapi akun Instagram Anda dengan biodata, profil picture dan keterangan website disertai data yang jelas adalah langkah tepat membuat Instagram Anda terlihat berkualitas. Hal tersebut juga sangat penting untuk membuat para konsumen tertarik dan membeli produk Anda.

5# Rajinlah Posting Konten yang Bermanfaat dan Berkualitas

Oleh karena berisi ide-ide yang unik dan kreatif, para followerspun akan dengan mudah tertarik pada Instagram Anda. Akun Instagram Anda menjadi lebih dipercaya follower karena berisi konten-konten yang berkualitas. Selain memperoleh informasi- informasi yang bermanfaat, para followerpun akan dengan senang hati untuk ikut membantu mempromosikan produk Anda.

6# Selalu Menyertakan Hastag (#) pada Akun Instagram Anda

Penggunaan hastag bermanfaat untuk mengkategorikan postingan di instagram. Hastag pada akun instagram Anda akan mempermudah para pengguna instagram dalam menemukan postingan Anda.

7# Berikanlah Promosi Khusus untuk Produk Anda

Pemberian promosi khusus ialah cara terbaik membuat para pengguna instagram tertarik dengan produk yang Anda jual. Dapat berupa free item atau discount, Anda wajib mencoba cara ini.

8# Bangunlah Hubungan yang Baik dengan Akun-akun Instagram yang Mempunyai Tema Sejenis

Membangun hubungan yang baik dengan akun-akun Instagram yang mempunyai tema sejenis akan membuat instagram Anda lebih dikenal dan memiliki reputasi yang baik. Rajin berkomentar pada postingan akun instagram sejenis adalah upaya yang tepat untuk menciptakan relasi yang baik. Berkomentarlah dengan cara yang positif dan berkualitas. Dengan cara tersebut peluang bagi Anda untuk meningkatkan follower Instagram Anda akan terbuka lebar bukan?

9# Rajinlah Melengkapi Tampilan Instagram Anda dengan Konten Visual

Konten visual logo brand dan gambar produk Anda dapat dibagikan di instagram. Dengan rajin melakukan posting gambar produk dan logo brand Anda, produk yang Anda jual akan semakin dikenal. Tentunya cara tersebut merupakan strategi promosi yang efektif bukan.

10# Rajin Update Foto Stok Produk

Kepercayaan para calon konsumen akan semakin meningkat jika Anda  sering melakukan update foto stok produk di akun instagram Anda. Seperti halnya pada toko konvensional, kepercayaan para konsumen semakin meningkat dengan banyaknya produk yang dipamerkan di etalase toko.

11# Lengkapi dengan Komentar dan Foto Konsumen yang Puas dengan Produk Anda

Salah satu faktor kesuksesan penjualan produk ialah kepuasaan konsumen. Menyertakan foto dan komentar konsumen yang puas dengan produk Anda adalah langkah tepat dalam membangun citra positif produk Anda.  Produk Anda akan lebih dipercaya karena kualitasnya.

12# Ciptakan Sistem Promosi yang Kreatif di Instagram Anda

Sistem promosi yang kreatif akan membuat para calon konsumen tertarik dan akhirnya memutuskan membeli produk yang Anda promosikan. Ciptakan bahasa-bahasa komunikasi yang kreatif untuk menarik pembeli. “Ayo Cepat Biar Dapat”, “Hanya Tersedia 10 Stok!”,dll..

13# Hubungkan Link Instagram di Kartu Nama dan Email Anda

Saat Anda mengirimkan email ke relasi bisnis Anda, sertakanlah link Instagram di Signature Email. Hal itu merupakan strategi jitu untuk menjalin hubungan yang baik dengan relasi bisnis Anda. Akun instagram Anda juga akan semakin dikenal karena siapapun yang menerima email Anda dengan sendirinya juga akan melihat akun Instagram Anda.

14# Promosikan Akun Instagram Anda di Media Social Lain

Jika Anda sudah memiliki banyak follower di media sosial lain, informasikan pada para follower Anda bahwa Anda sudah memiliki akun Instagram. Postinglah tentang akun instagram Anda di Twitter, Facebook, LinkedIn, dan media-media sosial lain yang Anda punyai. Hal tersebut akan meningkatkan follower instagram Anda.

15# Tautkan Widget Instagram di Website Anda

Jika  Anda memiliki website, tautkanlah widget instagram di website Anda. Cara tersebut membuat para visitor website Anda dapat dengan mudah melihat apa saja yang Anda posting di Instagram. Begitupula saat Anda memposting produk di Instagram, para visitor website Anda juga akan melihat postingan produk Anda.

Demikianlah ulasan mengenai 15 trik sukses berjualan di Instagram. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda