2 Cara Membangun Mindset Pengusaha

cara membangun mindset pengusaha

Memulai sebuah bisnis adalah hal yang tidak sulit juga tidak mudah. Terkadang kita justru lupa hal-hal yang sangat penting ketika ingin memulai sebuah bisnis. Dan ketika usaha tersebut sudah kita mulai, kemudian mengalami halangan atau kegagalan barulah kita mencari-cari apa hal yang mengakibatkan usaha kita tidak berhasil. Dan biasanya hal itu tidak mudah ditemukan looh…. apalagi setelah usaha yang kita bangun sudah mulai besar. Disinilah penting kita memahami tentang mindset pengusaha.

Ada 2 hal yang sangat penting dalam hal mindset pengusaha yang HARUS kita bagun. Tujuanya agar kita tidak mengalami yang namanya kegagalan dalam bisnis.

Berikut 2 hal cara membangun mindset pengusaha

Berikut kita akan bahas cara membangun mindset yang benar. Jika kamu ingin membangun mindset yang benar, maka kamu perlu mengetahui apa yang sering salah dipikirkan para calon pengusaha. Berikut kedua alasan yang membuat orang sering gagal dalam memulai sebuah usaha :

1. Pertama : Keyakinan yang salah

Keyakinan bisa dibilang sangat dominan dalam mempengaruhi keberhasilan kita. Kamu bisa merasakan apa yang saya katakan ketika kamu berhasil, coba kembali mengingat (flash back) apa yang kamu pikirkan dulu sebelum kamu memulai hal tersebut. Biasanya ada keyakinan yang PENUH untuk memulai hal tersebut. Itulah yang membuat kamu berhasil bukan?

Jika keyakinan kamu salah, tindakan kamu juga pasti salah dan hasilnya sudah bisa dipastikan SALAH juga. Sebaliknya jika keyakinan kamu benar, yang kamu kerjakan benar maka hasilnya juga luar biasa. Semua akan otomatis berjalan benar.

Beberapa keyakinan yang sering salah kita tanggapi : 

Uang adalah akar dari segala kejahatan

Kita harus benar-benar mengerti bahwa tidak ada yang salah dengan uang. Uang tidak salah, yang menjadi masalah adalah ketika kita mencintai uang sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Jika kita tidak menganggap bahwa uang tersebut sebuah masalah, barulah kita bisa dengan tenang dan YAKIN bahwa kita bisa meraih banyak uang.

Tapi jika kita sudah mengatakan bahwa uang adalah akar dari segala kejahatan dan menganggap uang bisa membuat kita jahat, ini harus kita ubah.

“Uang tidak bisa membeli cinta”

Itu memang benar bahwa uang tidak bisa membeli cinta. Tapi dengan uang  kita bisa membuat cinta menjadin lebih indah. Kita bisa berkeliling dunia untuk menambah indahnya cinta kita. Dengan begitu, kita HARUS menggunakan uang sebagai nilai tambah untuk mewujudkan cinta yang lebih indah.

“Lebih baik miskin tapi bahagia, daripada kaya tapi tamak, menderita dan sengsara”

Mungkin kita bisa mengatakan keyakinan ini tidak adil. Coba saja anda jawab sendiri apakah anda mau yang miskin tapi bahagia atau kaya menderita dan sengsara. Mengapa kita seolah tidak punya pilihan lain yang lebih baik kaya dan bahagia??

Dengan begitu kita HARUS lah belajar lebih baik lagi, bahwa kita bisa memilih menggunakan kata “DAN”. Apa maksudnya? yah kita memilih kaya DAN bahagia. Ini adalah keyakinan dan pilihan kita tentunya. Apakah kita bisa memilih yang lebih baik untuk kehidupan kita? tentu saja bisa dan kita berhak.

2. Kedua : Tidak punya Goal atau tujuan yang jelas

Alasan kedua mengapa orang tidak bisa kaya dan berhasil adalah tidak memiliki tujuan yang jelas. Misalnya kamu ingin pergi ke suatu derah, tapi kamu tidak mengetahui tujuan mu secara jelas, maka bisa dipastikan kamu tidak akan pernah sampai kepada tujuan mu. Tentu saja, kamu kan tidak punya tujuan yang jelas.

Oleh karena itu kamu harus memiliki tujuan yang jelas sebelum kamu melangkah. Dalam hal ini jika kamu ingin membuat sebuah usaha, maka ttentukan tujuan usaha yang kamu buat tersebut, supaya target mu bisa tercapai sesuai dengan tujuan tersebut.

Kamu bisa membayangkan jika dalam sebuah pertandingan tidak ada Goalnya atau tujuanya. Anggaplah pertandingan sepak bola tapi tidak ada gawangnya untuk meng”Goal”kan bola, maka pertandingan tersebut akan menjadi hambar dan tidak berguna.

Tiga Goal yang bisa kamu gunakan untuk mengubah mindset pengusaha yang kamu miliki :

1. Active Income. Dengan memiliki Goal active income, sudah JELAS kkamu memiliki tujuan. Active income adalah bagian dari yang kita kerjakan kemudian kita mendapatkan uang. Biasanya ini langsung kita kerjakan langsung pula hasilnya.

2. Passive Income. Passive income ini lebih kepada sesuatu yang kita kerjakan diawal usaha kita, kemudian setelah bisa berjalan atau bergerak sendiri, kamu tetap mendapatkan imbal hasilnya. Misalnya yang paling mudah adalah Frenchise. Si pemilik akan terus menerus mendapatkan uang  tanpa harus terus bekerja.

3. Massive Income. Income atau pendapatan yang satu ini bisa didapatkan ketika dengan sekali atau dua kali bekerja saja, kamu mendapatkan hasil yang sangat besar. Misalnya kamu menjual sebuah mobil atau rumah atau ruko dan lain-lain. Pendapatan yang dihasilkan dari menjual properti akan sangat besar.

Jadi kedua mindset pengusaha di atas jika kamu kembangkan, kamu akan berhasil. Bukan hanya sekedar berhasil, tapi kamu juga bisa membuat orang lain berhasil karena kamu bisa menginspirasi banyak orang dari keberhasilan kamu. Jadi dari mindset yang benar saja, kita bisa membuat sebuah keberhasilan. bagaimana dengan anda? Apakah kamu sudah siap mengubah mindset atau cara berfikir kamu menjadi lebih baik dan lebih benar?

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda