3 Bisnis Terbaik Tahun Ini yang Tahan Terhadap Krisis

bisnis terbaik

Ilustrasi

Tiga Bisnis Terbaik Tahun Ini yang Tahan Terhadap Krisis akan saya terangkan disini dengan jelas dan lengkap beserta alasannya. Dan mengapa kita harus memilih ketiga bisnis ini adalah karena kita ingin ketika memulai sebuah bisnis, maka bisnsi tersebut bertahan hingga waktu yang cukup lama.

Mengapa harus membangun bisnis terbaik

Beberapa waktu yang lalu, saya ada menjelaskan mengapa kita harus memilih bisnis yang tahan lama. Salah satu faktor utamanya adalah agar kita tidak bolak balik memilih dan membangun bisnis dari awal lagi.

Misal kamu membangun sebuah usaha, kemudian bertahan sekitar 5 tahun, lalu setelah itu ada masalah dan paling parahnya bangkrut. Tentu sebagai seorang yang tidak mudah menyerah, kamu akan memulai bisnis baru bukan? Nah ketika kita memulai bisnis yang baru ini lah dibutuhkan kekuatan yang baru pula, dana yang baru, pemikiran yang baru dan segala sesuatunya yang baru. Sementara itu pasar tetap.

Ini akan menjadi kendala tersendiri, sehingga tidak mudah membangun bisnis yang baru dari awal kembali. Dan inilah alasan utama, mengapa kita harus membangun usaha yang termasuk bisnis terbaik. Apa saja kriteria yang bisa dikatakan bisnis terbaik?

Kriteria bisnis terbaik

Berikut saya tuliskan beberapa kriteria bisnis terbaik yang bisa menjadi acuan kamu ketika memulai usaha nantinya:

  1. Tahan terhadap krisis (Sustain abilitynya tinggi). Memang tidak ada usaha yang tahan terhadap krisis. Sejarah telah mencatat bahwa tidak ada sebuah negara yang tidak pernah bermasalah dalam hal perekonomian. Itu artinya masalah bisnis dan usaha juga pasti terganggu. Tapi kita bisa mencari usaha yang paling tidak mampu bertahan pada saat krisis sekalipun. Contoh usahanya adalah usaha makanan, pakaian, listrik dan masih banyak yang lainnya.
  2. Selalu dibutuhkan. Pastikan usaha yang kita bangun tersebut memang dibutuhkan dalam kondisi apapun. Seperti yang sudah saya jelaskan, bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang selalu dibutuhkan. Orang PASTI TETAP butuh makan.
  3. Repeat order. Saya kemarin baru mengikuti seminar, dan salah satu kriteria bisnis yang mampu bertahan serta menghasilkan uang terus menerus adalah sebuah bisnis yang menjual produk, dimana produk tersebut akan dibeli kembali akibat “ketergantungan“. Salah satunya yaitu, sabun dan shampo. Orang akan tetap butuh sabun dan butuh shampo, dan masih banyak produk lainnya yang dibutuhkan orang (repeat order)

Paling tidak kalau kamu membuat sebuah bisnis terbaik, maka ada baiknya ketiga syarat di atas kamu penuhi. Dengan begitu kalaupun terjadi krisis, maka usahamu tidak bangkrut.

Apa saja contoh bisnis terbaik tahun ini

Berikut saya pilihkan 3 bisnis terbaik tahun ini:

1# Warung nasi

Sudah tidak diragukan bahwa jika kita membangun bisnis warung nasi, maka tidak akan tutup kecuali kita salah mencari tempat. Selama lingkungan tempat usaha kita tersebut cukup ramai, maka saya bisa memastikan usaha warung nasi tersebut akan tetap hidup.

Beberapa tempat yang saya rekomendasikan untuk membuat bisnis warung nasi adalah lingkungan kampus, lingkungan kontrakan karyawan, lingkungan perusahaan. Ketiga lingkungan tersebut PASTI banyak orang disekitarnya. Jadi pasar warung nasi yang kamu bangun sudah pasti jelas.

2# Toko kelontongan

Sebenarnya toko kelontongan mirip seperti warung nasi. Bahkan warung nasi bisa berdiri karena ada sokongan dari toko kelontongan. Bahan seperti beras, telor, tepung, minyak dan lain-lainnya biasanya di suplay dari toko kelontongan.

Artinya kalau kita membangun sebuah usaha yang berkaitan dengan warung nasi, market toko kelontongan tersebut sudah jelas. Apalagi toko kelontongan lebih banyak produknya. Saran saya, pintar-pintarlah mengatur keuangan toko kelontongan, karena salah mengelola keuangan akan membangkrutkan toko tersebut.

Baca: Kumpulan peluang usaha sampingan terbaru tahun ini

3# Usaha pendidikan

Pendidikan sudah menjadi kebutuhan PRIMER saat ini. Itu artinya bisnis pendidikan adalah suatu bisnis yang mampu bertahan dan prospeknya sangat bagus. Pendidikan sudah tidak mungkin dilepaskan dari kehidupan kita. Anak-anak wajib hukumnya untuk bersekolah.

Mengapa bisnis pendidikan itu bagus dan mampu bertahan? Alasan utamanya, bahwa di sekolah sudah terlalu banyak kegiatan, oleh karena itu perlu yang namanya bimbingan belajar untuk membantu siswa-siswa. Kamu bisa membuka les pribat, semi privat ataupun bimbingan belajar.

Nah, jika kamu menginginkan untuk membuat bisnis terbaik, maka ada baiknya kamu surver terlebih dahulu apa hal terbaik yang ada dalam kehidupan manusia, yang selalu dibutuhkan dalam kondisi apapun. Apakah hannya ketiga bisnis diatas saja yang termasuk bisnis terbaik? Jawabannya tidak dan masih banyak lagi bisnis terbaik yang bisa kamu cari.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda