3 Cara meningkatkan penjualan dari interaksi kepada pelanggan

meningkatkan penjualan

 

Ada banyak pedagang di hari-hari ini menggarap bisnisnya bukan hanya Offline saja, tapi sudah masuk ke bisnis online. Mereka bisa menggunakan Blog Gratis, Website Pribadi atau bahkan menggunakan sistem kerjasama dengan para pemain besar atau situs marketplace seperti Lazada, Blibli dan Tokopedia.

Dengan pesatnya perkembangan bisnis online tersebut, maka bukan tidak mungkin bagi si pengguna atau buyer untuk meninggalkan sebuah toko dan -pergi ke toko lainya. Penyebabnya adalah mereka dengan mudah pergi ke toko lain hanya dengan membuka browser baru.

Jika mereka melakukanya di dunia Offline mungkin masih ada rasa takut atau segan, tapi untuk dunia Online hal tersebut sangat mudah dilakukan. oleh karena itu pedagang harus lebih cerdas dalam memberikan manfaat kepada pelanggan mereka agar pelanggan tersebut bisa bertahan lama dan mereka senang tetap berbelanja kepada anda, sekalipun banyak tawaran yang lebih menarik di toko online lainya.

3 Cara meningkatkan penjualan dari interaksi kepada pelanggan

1. Bicarakan topik yang sesuai dengan produk anda
2. Berikan informasi tambahan ringan yang tidak sesuai dengan produk anda, tapi dirasa masih bermanfaat
3. Jawab pertanyaan-pertanyaan pelanaggan anda secepat mungkin

Mari kita bahas satu per satu

1. Bicarakan Topik Yang Sesuai Dengan Produk Anda

Melakukan hal seperti ini sangat mudah kok saat ini. Anda cukup membuat sebuah akun di media sosial seperti Facebook atau Google+ atau bahkan Instagram, utnuk sementara saya merekomendasikan 3 sosisl media tersebut dikarenakan Masyarakat Indonesia banyak menggunakan 3 media sosial tersebut.

Berikan Interaksi yang menarik seputar produk anda. Misal anda menjual Baju-Baju Fashion, maka tidak ada salahnya anda membuat perbincangan tentang baju-baju yang sedang trend atau model-model baju. Disini anda bukan membicarakan mana yang bagus mana yang tidak bagus, tapi sekedar memberikan wawasan tambahan kepada pelanggan anda, agar mereka bisa melihat dan membaca informasi menarik yang anda berikan. Sehingga mereka tetap datang ke toko online anda.

2. Berikan informasi tambahan ringan yang tidak sesuai dengan produk anda, tapi dirasa masih bermanfaat

Nah…kelanjutan dari pembahasan di atas adalah bagian yang kedua ini. Misal saya berikan contoh seperti ini. Anda menjual produk kesehatan. Maka tidak ada salahnya anda membuat sebuah artikel tentang kesehatan. Sehingga pengunjung anda merasa informasi itu penting buat dia, dan dia punya alasan untuk tetap berhubungan dengan anda. Sangat sederhana bukan? Sehingga ketika anda memiliki produk baru lainya, maka anda dengan mudah menawarkanya kepada pelanggan lama anda. (Lakukan hal ini, pasti bisnis online anda akan maju)

3. Jawab pertanyaan-pertanyaan pelanaggan anda secepat mungkin

Saat ini pelanggan sudah pintar-pintar. Ketika mereka memiliki pertanyaan, maka mereka langsung bertanya kepada si penjual. Disinilah peran anda untuk membuktikan bahwa anda berbeda dengan penjual lainya. Anda perduli kepada pelanggan anda. Jawablah dengan cepat setiap pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan kepada anda. Atau mungkin anda bisa membuat sebuah standard dalam menjawab pertanyaan. Misal “jika dalam 30 menit kami tidak menjawab pertanyaan anda, maka kami memberikan pulsa sebesar Rp 5000,-” SANGAT MENARIK BUKAN?

Teknik-teknik seperti ini akan membuat pelanggan anda menjadi merasa diperhatikan dan mereka akan sangat senang mengunjungi toko online anda.

Itulah 3 Cara meningkatkan penjualan dari interaksi kepada pelanggan. Lakukanlah dan anda akan melihat hasil yang luar biasa. Selamat mencoba!!!

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda