3 Pengertian Waralaba Yang Sering Disalah Artikan

 

pengertian waralaba

ilustrasi pengertian waralaba | marketingjoss.com

Pengertian waralaba itu apa?

Mau berbisnis??

Susah memulainya dan modalnya besar??

Banyak pesaing?? Kali ini mungkin anda akan terbuka wawasanya dan saya harapkan setelah membaca artikel saya yang berjudul 3 Pengertian Waralaba Yang Sering Disalah Artikan ini bisa membuka mindset teman-teman yah. Kalau kita mengerti apa itu waralaba dan bagaimana cara memulainya, semoga teman-teman bisa berhasil

Keburukan orang Indonesia dalam memulai sebuah usaha biasanya adalah mereka tidak terlalu memahami apa yang mereka kerjakan. Kalau tidak terlalu memahami itu artinya kita tidak bisa mengambil strategi terbaik untuk memajukan usaha tersebut. Tapi kalau kita bisa memahami betul tentang usaha tersebut, maka kita bisa membuat strategi terbaik agar kita berhasil.

Misalnya saja tentang Pengertian Waralaba Yang Sering Disalah Artikan. Orang menganggap biasanya bahwa waralaba itu adalah :

#1. Waralaba adalah sebuah usaha yang kita beli, sekali saja dan kita diberikan fasilitas-fasilitas untuk mendukung usaha tersebut

#2. Waralaba adalah Usaha orang lain yang mana kita sebagai cabangnya membayarkan hak sebagai cabang, dan membayar biaya setiap tahun

#3. Waralaba adalah Sebuah usaha yang kita miliki atas ijin si pembuat usaha, dengan membayarkan sejumlah uang.

Teman-teman, perlu kalian ketahui semua ini pernah saya dengar, dan pada intinya mereka yang memulai usaha waralaba tidak memahami secara JELAS apa itu waralaba dan bagaimana sebenarnya aturan main waralaba. Itulah yang mendasari pembuatan Artikel tentang 3 Pengertian Waralaba Yang Sering Disalah Artikan ini.

Yuk kita bahas secara rinci dan benar yah (TENTU ada dasar kebenaranya). Menurut versi pemerintah Indonesia :

waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. Dimbil dari wikipedia mengenai pengertian waralaba.

Nah, jadi dari pengertian di atas, amak teman-teman sudah mengetahui secara JELAS apa itu waralaba. Memang masih banyak pengertian waralaba dari pakar-oakar atau pribadi-pribadi orang. Tapi di Indonesia ini kita mengikuti apa yang dikatakan pemerintah saja yah. Karena aturanya juga dari pemerintah.

kalau sejarah terbentuknya atau adanya waralaba, mungkin teman-teman bisa langsung cari di wikipedia atau di Google. Disana kamu bisa mencari bagaimana sejarah munculnya waralaba.

lalu apa yang disebut waralaba makanan, waralaba minuman, waralaba jasa, waralaba dealer motor?? Itu hanya jenis-jenis waralaba saja. Tapi prinsip dasar tentang waralabanya masih tetap sama.

Apa keuntungan bisnis waralaba?

Secara umum keuntungan bisnis waralaba ini adalah dari sisi managemen. Dimana biasanya sebuah usaha waralaba bisa dipastikan sudah memiliki management, dan mana gementnya sudah cukup baik. Baikd ari sisi pemasaran maupun produk dan pendistribusianya.

Keuntungan bisnis waralaba ini yang paling kentara adalah bahwa kita sebagai orang yang membeli hak waralaba diberikan dukungan penuh. Jadi… BAGI teman-teman yang memulai bisnis waralaba, pastikan kamu mendapatkan SUPPORT atau dukungan penuh dari pusat si pemberi waralaba tersebut.

Sebut saja saya yang sudah sejak November 2012 memulai bisnis travel. Usaha travel saya ini selalu didukung penuh oleh pusat. Mengapa?? karena konsep yang mereka tawarkan adalah Frenchise. Sehingga setiap ada kendala pasti langsung di bantu dan support. Walau terkadang ada keterlambatan waktu, tapi bagi saya itu adalah hal yang lumrah karena tidak hanya satu agen travel saja yang diurus. Nah teman-teman yang mau memulai bisnis frenchise atau waralaba travel juga bisa.

Baca : Bisnis Travel Tanpa Modal

Baca : Bisnis travel modal Blackberry untung selangit

Apa saja contoh – contoh waralaba di Indonesia

Secara garis besar, bisa kita pastikan bahwa waralaba yang paling laku di Indonesia adalah waralaba makanan. Alasanya karena orang Indonesia kaya akan kuliner. Sehingga bagi teman-teman yang punya IDE unik dan menarik serta belum ada di tempat lain, bisa membuat Frenchise atau waralaba makanan.

  1. Red Crispy,
  2. Sapo Oriental,
  3. CFC,
  4. Hip Hop,
  5. Ayam wong solo,
  6. Papa Rons
  7. dan masih banyak merek lainnya

Mengapa saya tidak mendatanya di sini, karena kamu bisa dengan mudah mendapatka listnya di website waralaba atau waralabaku. Kedua website di atas menyediakan banyak sekali peluang usaha waralaba yang sangat prospek untuk tahun-tahun yang akan datang. kamu tinggal mencari yang sesuai dengan keuangan mu. Bagi yang pemula disarankan agar mengambil waralaba murah.

Oh iya, untuk waralaba JASA saat ini juga sedang berkembang pesat looh… karena sampai kapanpun yang namanya pendidikan PASTI dibutuhkan. Selain itu ada juga waralaba Barbershop. Terlihat aneh dan unik tapi sampai hari ini setahu saya sudah banyak peminatnya. Mereka yang mau berbisnis waralaba Barbershop ini hanya membutuhkan tempat yang kecil saja. Mudah bukan??

CATATAN PENTING : Biasanya waralaba atau yang sering kita sebut dengan Frenchise ini memiliki biaya pembaharuan Frenchise nya dan waktunya kisaran per LIMA TAHUN. jadi buat teman-teman yang benar-benar ingin memulai bisnis waralaba, PASTIKAN bahwa waralaba yang kamu ikuti adalah bebas biaya annual atau biaya per-limatahaunan agar tidak membebani usaha tersebut. Apakah ada??? Yap…jawabanya ada. Silahkan di cari yahh… Bisnis travel agen yang saya Geluti memiliki masa aktif selama seumur hidup. Tidak ada biaya tambahan apapun. Tidak ada biaya bulanan, tidak ada biaya tahunan, tidak juga ada biaya perlimatahunan. Jadi pastikan bisnis waralaba yang kamu jalankan yah???

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda