4 Cara Bisnis Online Untuk Pemula Yang Sering Dilupakan

cara bisnis online untuk pemula

Arikel ini akan saya tulis tidak terlalu panjang, tapi menyangkut hal yang sangat penting untuk pemula. Terutama tentang 4 Cara Bisnis Online Untuk Pemula Yang Sering Dilupakan. Mengapa sering dilupakan?? karena kebanyakan orang sudah tidak peduli dengan definisi, dasar teori ataupun apa yang dimaksud bisnis online. Mereka salah kaprah, sehingga HASILNYA tidak maksimal.

Bisnis online adalah usaha yang dikerjakan dlam hal ini menjual produk baik barang maupun jasa, dengan menggunakan media Internet. Itulah yang dimaksud bisnis online. Jadi kalau kita punya sebuah produk, misalnya sepatu murah, kemudian kita menjualnya melalui Internet maka kita sudah berbisnis online. Bahkan sekalipun kita memiliki juga toko Offline.

Keunggulanya sudah pasti banyak. Salah satunya adalah Cost Operational nya sangat kecil. Hanya dibutuhkan sebuah Website (Jika anda ingin yang berbayar). Tapi jika anda menggunakan yang gratis, seperti sosial media, toko online terpercaya seperti tokopedia, bukalapak OLX dan masih banyak yang lainya, tentu akan lebih murah lagi. Atau mungkin anda mau membuat BLOG gratisan, hal tersebut juga bisa.

Baca : 5 Tempat untuk memulai bisnis online

Tips belajar membuat blog

4 Cara Bisnis Online Untuk Pemula 

Tanpa belama-lama, langsung saja kita bahas satu persatu yah…

STOP… Sebelum anda memulai, anda harus berjanji pada diri anda untuk membaca semua artikel ini, agar usaha atau bisnis online anda BERHASIL…!! 😀

1. Cari tahu apa itu bisnis online

Kelemahan pebisnis online kita adalah sudah tidak mau mencari tahu. Apapun itu, mereka sudah malas mencari tahu. Mereka hanya fokus pada keuntungan. Padahal Cara Bisnis Online Untuk Pemula sebenarnya sangat mudah, tekniknya juga mudah dan cara menjualnya juga mudah. Sehingga mereka lupa banyak hal terutama mengenai kompetitor atau lawan mereka dalam berjualan. Dan setelah mereka kalah, mereka akan membuat alasan klasik “Ah…sekarang sudah banyak pesaingnya”.

Jadi saran saya, cari tahulah apa itu bisnis online, apa  yang dibutuhkan orang, siapa saja kompetitor dan lawan anda, dimana anda akan menjualnya dan masih banyak lagi yang lainya termasuk strategi menghadapi kompetitor. Buatlah strategi yang cukup baik untuk menghadapi kemungkinan terburuk salah satunya adalah lawan anda.

2. Cari produk apa yang hendak dijual

Kita sudah tidak bisa lagi menjual produk apa yang kita suka. Kita harus mampu menjadi “pelayan“. Pelayan maksudnya adalah kita mampu menyediakan apa yang dibutuhkan orang.

Saya sudah bolak – balik membahas tentang hal ini. Jika kita hanya bisa menjual produk yang kita tau dan kita bisa, maka bisa dipastikan kamu akan sulit bersaing dengan orang dan belum tentu banyak yang akan membelinya.

SARAN SAYA : Cari barang yang unik, menarik tapi juga dibutuhkan orang. Ingat perhatikan juga dari sisi kualitas. Dimana anda bisa mendapatkanya?? Itulah yang harus anda kerjakan. Sebagai contoh, saya pernah dengan sengaja melakukan survey atau pergi ke tempat-tempat tertentu untuk melihat apa yang dibutuhkan orang. Dan ketika survey, maka kita bisa melihat banyak hal yang dibutuhkan orang.

Dengan demikian, kita bisa menyediakan barang yang dibutuhkan tersebut.

3. Gunakan media

Jika sudah menemukan barang yang kita cari, selanjutnya adalah promosikan melalui media Internet. ada beberapa cara untuk mempromosikan dari media Internet yaitu :

a. Gratis

Cara Bisnis Online Untuk Pemula dengan menggunakan yang GRATIS sepertinya tidak masalah dan mudah dikerjakan. Gratis contohnya menggunakan media sosial chatting seperti Facebook yang memiliki pengguna lebih dari 50 juta di Indonesia, Twitter, Google Plus yang saat ini sedang naik daun, Instagram sebagai aplikasi berbagi Foto.

Menggunakan media toko online yang sudah terkenal seperti Tokopedia, bukalapak, blibli, OLX, Lazada dan masih banyak yang lainya. MEngapa kita harus gabung ke mereka, karena mereka memiliki pengunjung yang banyak. Jadi… besar kemungkinan Produk kita dilihat orang di toko online yang sudah terkenal.

Semenatara untuk sosial Chattingnya bisa menggunakan BBM, Whatsap, Line dan masih banyak lagi. Pilih sesuai yang kamu butuhkan. Ingat… TETAP FOKUS

Jangan sibuk memainkan Gadget anda atau laptop dan komputer anda, sehingga anda lupa tujuan utama anda adalah berjualan atau menawarkan

b. Bayar (website)

Jika kamu memiliki budget untuk membuat website, ada baiknya kamu langsung membuat website toko online mu sendiri. Tujuanya agar terlihat lebih profesional dan bisa anda urus sendiri. Serta desainya juga bisa selera anda.

4. Promosikan

Tidak promosi maka sulit laku. Sepertinya hal tersebut sudah berlaku sekarang. Kalau dulu ketika persaingan masih sedikit, tanpa promosipun, maka orang mudah menemukan toko online kita, tapi sekarang pemainya sudah sangat banyak. Sehingga sulit bagi website toko online kita untuk ditemukan orang.

oleh karena itu, perlu yang namanya prosmosi agar website kita cepat dan mudah dikenal orang. Promosi ini ada yang berbayar ada juga yang gratis.

Untuk membuat iklan Cara Bisnis Online Untuk Pemula saya pikir bisa dengan menggunakan yagn GRATIS terlebih dahulu. Misalnya dengan memanfaatkan website-website pasang iklan Gratis. Atau pasang iklan adwords murah. Semuanya bisa anda cari di Google.

Kesimpulan

Ke empat poin di atas sering sekali dilupakan. Padahal hal tersebut sangatlah penting bagaimana Cara Bisnis Online Untuk Pemula agar bisa berhasil. Satu hal yang perlu ditambahkan yaitu, bekerjakeraslah untuk menghasilkan yang maksimal. Pantang menyerah. ingat, bahwa persaingan di bisnis online semakin ketat. Jadi penting buat anda untuk memberikan inovasi dan kreatiifitas pada produk yang kamu jual.

Note : Jika artikel ini berguna buat anda, tolong sebarkan agar orang lain juga bisa nerhasil sama seperti keberhasilan yang anda raih. Selamat berjuang 🙂

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda