4 Tips Menggunakan Gambar atau Foto pada Artikel Blog

Ilustrasi -Tips Menggunakan Foto untuk Blog AndaGambar atau foto pada artikel blog berfungsi membuat tampilan blog lebih menarik. Selain itu keberadaan gambar atau foto menjadikan blog Anda lebih informatif. Dengan adanya komponen visual, informasi pada artikel Blog Anda akan lebih mudah dipahami oleh visitor. Konten yang baik didukung dengan komponen visual yang baik akan menghasilkan tampilan blog yang baik pula. Tentunya hal tersebut mempengaruhi peningkatan jumlah visitor yang mengunjungi blog Anda.

Jeff Bullas (internet marketer) mengungkapkan bahwa artikel yang menyertakan foto atau gambar  94% akan lebih banyak dikunjungi daripada yang tidak menyertakan gambar. Bagi para blogger, tampilan artikel disertai dengan gambar akan mempengaruhi kesuksesan dalam proses monetisasi blog.

Sebaiknya kita tidak sembarangan dalam menyertakan foto atau gambar tersebut. Bagaimana cara tepat menggunakan gambar atau foto untuk artikel blog? Berikut ini ulasannya:

1 # Sesuaikan dengan Tema Artikel

Menyesuaikan dengan tema artikel adalah langkah awal yang dilakukan dalam menyertakan gambar atau artikel pada blog Anda. Foto atau gambar yang sesuai dengan konten artikel akan membantu para visitor memahami isi artikel blog Anda. Jika gambar atau foto tidak sesuai dengan tema artikel tentunya akan membuat para pengunjung blog Anda bingung bukan? Para pengunjung blog Anda akan merasa nyaman dengan gambar yang mampu menjelaskan konten artikel blog Anda.

Agar dapat menggunakan foto yang sesuai dengan tema artikel sebaiknya selesaikanlah dahulu proses penulisan konten artikel Anda. Selanjutnya, posting gambar sesuai dengan artikel yang telah Anda buat tersebut.

2 # Pilihlah Gambar atau Foto dengan Resolusi yang Tinggi

Foto atau gambar dengan resolusi tinggi akan menghasilkan kualitas gambar yang baik. Semakin tinggi resolusi pada gambar atau foto semakin baik pula kualitas gambar tersebut. Gambar yang baik tentunya  nyaman dilihat bukan?

Para pengunjung blog Anda akan semakin betah mengunjungi blog Anda karena gambar tampilan blog yang Anda sajikan berkualitas baik. Gambar dengan resolusi tinggi juga berperan menjadikan blog Anda semakin menarik dengan didukung konten yang  detail dan informatif.

3 # Gunakanlah Foto Dokumentasi atau Gambar Sendiri

Anda bisa menggunakan mesin pencari untuk memperoleh gambar atau foto yang Anda inginkan. Namun, foto atau gambar yang diperoleh dari mesin pencari biasanya kurang mendukung proses monetiasi blog. Gambar yang sudah pernah diposting di beberapa blog terasa kurang mantap untuk digunakan.

Dengan menggunakan foto dokumentasi atau gambar sendiri, artikel blog Anda akan terlihat lebih professional. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi kredibilitas blog Anda di mata para visitor.

Jika Anda memiliki keahlian di bidang fotografi, jangan sia-siakan peluang ini! Dengan hasil jepretan Anda sendiri, artikel blog Anda akan lebih mantap. Tentunya para visitor akan menyukainya. Hasil foto Anda belum pernah dimuat di blog lain bukan? Ini akan menjadi keunikan tersendiri untuk blog Anda.

4 # Lakukan Editing Foto

Editing foto sangat penting dilakukan. Beberapa bagian foto yang dirasa kurang baik akan membuat tampilan blog kurang menarik bukan? Untuk menghasilkan kualitas foto atau gambar yang baik lakukanlah editing foto. Untuk melakukan editing, terdapat beberapa software dan aplikasi yang dapat Anda gunakan. Mengedit foto menjadi lebih baik akan semakin menarik para visitor untuk betah berlama-lama membaca artikel-artikel pada blog Anda.

5 # Tambahkan Keyword pada Gambar atau Foto

Dengan memberikan judul pada gambar yang Anda gunakan maka secara langsung Anda akan memperoleh keyword tidak hanya pada artikel saja namun juga pada mesin pencari hasil pencarian gambar. Ini peluang untuk mendatangkan visitor secara alami ke blog Anda. Strategi ini bermanfaat bagi blog Anda untuk mampu tampil di halam 1 hasil pencarian Google. Blog Anda akan memiliki keyword di artikel maupun di gambar dalam satu artikel.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa gambar atau foto memiliki peranan penting dalam mendatangkan banyak visitor pada blog Anda. Cara penempatan foto atau gambar pada artikel blog akan mempengaruhi kredibitas blog Anda di mata para pengunjung.

Demikianlah ulasan mengenai 5 tips menggunakan gambar atau foto pada artikel blog. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda.

 

 

 

About The Author

Reply

Pesan Anda