4S Penting Untuk Startup Pemula Agar BERHASIL

4s penting untuk startup agar berhasil

4s penting untuk startup agar berhasil | marketingjoss.com

Saat ini adalah era teknologi. Dimana banyak Startup pemula bermunculan dan persaingan semakin ketat diantara pembuat aplikasi. Tapi bicara startup sebenarnya tidak hanya bidang teknologi. Bisa juga dalam bisnis. Tapi kali ini saya ingin membahas bidang teknologi terutama Aplikasi yang semakin digemari dan sangat berkembang pesat.

Hal ini tidak lain dikarenakan banyaknya bermunculan startup pemula yang ingin unjuk kebolehan bahwa mereka juga mampu bersaing. Saat ini sudah banyak startup lokal yang berhasil dan mampu bersaing sampai ke tingkat internasional.

Sebut saja Tokopedia dan Bukalapak. Kedua startup pemula ini awalnya memang tidak langsung booming. Mereka bekerja keras untuk berjuang sampai mereka se-berhasil saat ini. Tidak dimungkiri, bahwa mereka banyak melakukan berbagaimacam hal agar tujuan tersebut bisa tercapai seperti sekarang ini. Oleh karena itu ada 4S yang inginĀ  saya bagikan kepada startup pemula agar anda semua bisa berhasil.

4S Penting untuk startup pemula

1. System

Bicara system adalah akan menyangkut banyak hal. Bisa produknya ataupun system managemen usahanya. Mari kita lihat dari segi produk. Produk yang baik adalah ketika kita mampu membuatnya dengan baik dan mendistribusikannya dengan baik pula.

Coba anda bayangkan ada sebuah produk yang anda buat, tetapi penyampaian atau delivery kepada konsumen sulit dan sangat kurang. Maka usaha tersebut atau produk tersebut tidak akan berjalan sesuai dengan rencana bukan? Oleh karena itu buatlah system yang bagus dalam pendistribusianya.

Dalam hal ini jika anda mengambil bidang teknologi terutama aplikasi, maka buat system distribusi aplikasi tersebut dengan baik, termasuk system aplikasinya terintegrasi dengan baik pula. Bisa menggunakan Store yang ada misal Google Play atau Play stor untuk aple atau bahkan micrososft store.

2. Service (Pelayanan)

Pernahkah anda dilayani dengan cara pelayanan yang baik? dan pernahkah anda dilayani dengan cara yang buruk? Kedua hal tersebut tentu sering kita temui. Jika anda startup pemula anda harus memikirkan bagaimana pelayanan anda kepada konsumen. Jangan sampai terjadi presenden buruk terhadap produk anda. Usahakan konsumen atau pemakai produk tersebut merasa nyaman dengan produk anda tapi juga dengan SERVICE anda.

Ingat… Produk bisa saja kurang memuaskan… tapi jika service kita bagus maka pemakai atau konsumen akan tetap bisa merasa nyaman dikarenakan mereka mendapat pelayanan maksimal dari barang yagn mereka beli.

Untuk Startup pemula dalam bidang teknologi juga begitu. Buatlah kontak dalam setiap aplikasi yang anda buat. Tujuanya sangat penting, ketika ada masalah dalam aplikasi yang anda buat, mereka bisa menghubungi anda atas kendala dan erorr yang mereka alami. Dengan demikian aplikasi anda akan terus menjadi aplikasi yang diperbaiki dan menyenangkan dipakai orang.

3. Strategy

Dimana – mana pasti dibutuhkan strategi yang baik dalam berusaha. Startup pemula yang baik adalah mereka yang membuat strategi. Bukan yang hanya asal-asalan saja. Buatlah strategi jangka pendek, menengah dan jangka panjang agar lebih terfokus dan terarah.

Baca : 5 Teknik mendapatkan kerja online di sribulancer


Anda bisa membayangkan jika tidak ada strategi yang berkaitan dengan system yang anda miliki, maka hal tersebut sangat sulit bahkan tidak mungkin berhasil. MENGAPA? karena setiap usaha pasti ada kompetitornya. Jadi… jika kita tidak memiliki strategi yang baik, maka kita akan tergilas oleh kompetitor.

Buatlah strategi yang Brilliant agar anda berbeda dengan startup lainya. Dengan demikian anda tidak mudah untuk ditiru dan dijiplak.

4. Spine (Tulang punggung)

Maksudnya adalah dibutuhkan keberanian yang kuat dalam memulai sebuah startup. Tidak hanya sekedar memulai tapi harus mengubah yang tadinya startup pemula nantinya menjadi besar dan bukan startup lagi.

Memang ada kemungkinan kegagalan dalam setiap usaha termasuk startup pemula. Tapi jangan berfokus pada kegagalan tersebut, melainkan pada keberhasilan yang akan anda peroleh.

Itulah 4S untuk startup pemula yang bisa anda kembangkan menjadi lebih kompleks, agar anda bisa berhasil.

Baca : Usaha travel 2015 modal kurang dari 1 juta

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda