5 Aspek Penting dalam Membangun Konten Instagram

5 Aspek Penting dalam Membangun Konten Instagram

5 Aspek Penting dalam Membangun Konten Instagram

Sama seperti blog, facebook atau twitter, konten adalah raja di Instagram. Bedanya, kontenvisual menjadi yang paling utama. Kata-kata berperan sebagai caption alias deskripsi visual, ditunjang dengan tagar alias hastag yang relevan.

5 Aspek Penting dalam Membangun Konten Instagram

Dalam upaya membangun konten instagram guna meningkatkan penjualan produk secara online, terdapat beberapa aspek penting yang sebaiknya Anda perhatikan. Apa saja aspek-aspek penting tersebut? Berikut ini ulasannya:

1# Visual yang Kreatif

Penggunaan instagram sekilas terlihat sangat mudah, cukup memotret lalu mem-postingnya. Faktanya tidak sesederhana itu. Foto yang mampu memancing respon hendaknya diciptakan dengan serius, orisinal dan relevan. Semua foto harus tajam dan berkualitas tinggi, dengan pertimbangan pencahayaan, skema warna, serta peralatan pendukung.

Sebaiknya jangan terus-menerus mengandalkan smartphone untuk membuat foto produk meskipun smartphone yang mahal menjanjikan kualitas foto yang berkualitas. Sesekali pakailah kamera yang berkualitas jika memungkinkan. Manfaatkan pula fitur editing foto untuk mengatur framing, saturasi dan kekontrasan.

2# Gunakan Caption

Banyak orang meremehkan fungsi caption, sebab berpikir bahwa foto sudah mampu menceritakan segalanya. Ini anggapan yang kurang tepat. Caption merupakan teks yang menjelaskan momen dalam foto. Tak perlu panjang dan detail, yang terpenting cukup sesuai konteks dan menonjolkan pesan yang ingin di sampaikan. Branda yang telah terkenal sangat efektif menggunakan caption untuk memperjelas konteks foto-fotonya.

3# Posting Secara Reguler

Menggugah foto sebulan sekali tidak akan membuat follower semakin berkembang. Mereka akan menganggapmu tidak serius, lalu pergi atau lebih tertarik dengan akun Instagram brand lain. Postinglah secara regular, bahkan membuat jadwal khusus sesuai teman dan event tertentu. Postingan yang rutin akan mempertahankan interes pelanggan. Brand-brand besar seperti Taco Bell misalnya, memposting foto setiap hari dan meraih keuntungan besar karenanya.

Setiap foto dapat menerima sekitar 20.000 likes dan 500 komentar. Memang tidak langsung menghasilkan uang namun hal tersebut akan membuat audiens selalu mengingat produk mereka. Dan membuat semakin banyak audiens yang tertarik dengan produknya.

Baca Juga : 15 Trik Sukses Berjualan di Instagram

4# Pakai Tagar yang Relevan

Menyerupai Twitter dan Facebook, Instagram memakai tagar atau hastag untuk mengompilasi konten yang relevan bagi pengguna yang melakukan pencarian. Pakailah tagar yang relevan agar dapat memperluas jangkauanmu di antara follower terkini, dan meningkatkan kesempatan dalam keterlibatan. Perhatikan bagaimana Victoria’s Secret di https://www.instagram.com/victoriassecret memakai tagar# WhatisSexy untuk memperkuat penyebaran pesan produk-produk mereka. Mereka juga memakai tagar #VSFashionShop selama event berlangsung dalam setiap postingannya. Hasilnya, tagar itu mendapatkan keterlibatan yang tinggi. Tagar tersebut cukup transparan menyampaikan pesan, nama brand sekaligus event.

5# Libatkan Komunitas Brand Anda

Konten saja tidak cukup dalam membangun kampanye yang sukses di Instagram. Penting bagi Anda untuk selalu melibatkan follower dalam suatu komunitas brand yang sedang Anda bangun. Lalu, bagaimana caranya? Beriku ini cara-cara yang dapat Anda tempuh untuk melibatkan follower:

  • Responlah komentar yang masuk dengan cepat
  • Follow akun-akun para influencer di industry bisnis Anda
  • Mention mereka dalam postingan Anda
  • Ajak para follower untuk mem-posting foto dan tagar yang terkait produk Anda dengan memberi hadiah yang menarik.

Nah, itulah ulasan mengenai 5 aspek penting dalam membangun konten instagram. Penggunaan visual yang kreatif, caption yang menarik, postingan yang di update secara regular, pagar tagar yang relevan dan senantiasa melibatkan komunitas pada brand Anda adalah aspek penting yang hendaknya diperhatikan dalam membangun konten Instagram yang berkualitas.

About The Author

Reply

Pesan Anda