5 Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

menjual toko online

Bisnis Online Shop berbeda dengan bisnis online. Bisnis online shop artinya kita menjual toko online dan yang kita jual adalah jasa pembuatan serta Website toko onlinenya. Sementara bisnis online kita menjual menggunakan media online dan yang dijual bisa barang dan bisa jasa. Jadi Bisnis Online salah satu contohnya “Menjual website toko online”

Sebenarnya untuk memulai menjual TOKO ONLINE (Website Toko Online) bisa tanpa menggunakan website pribadi yang berdomain seperti dot com (.COM). Kita juga bisa menggunanakan blog gratisan atau hanya menggunakan media sosial dan sosial Chatting Seperti Facebook, BBM, Whatsapp dan masih banyak lagi. Anda tinggal memilih mana yang anda anggap paling mudah untuk kamu lakukan.

Gambaran sederhananya saya buat begini, Anda punya sepatu bekas 5 pasang, Apakah anda harus membuat sebuah website untuk menjual 5 pasang sepatu bekas yang anda miliki?? Tentu saja tidak perlu. Karena untuk membuat website dot Com membutuhkan biaya.

Oleh karena itu gunakanlah sosial media atau toko online seperti BUKALAPAK, TOKOPEDIA, OLX dan masih banyak yang lainya. Intinya adalah “ANDA TIDAK DIHARUSKAN MEMBUAT WEBSITE

Tapi jika anda ingin terlihat lebih profesional, maka saya sarankan ikutilah cara-cara berikut ini :

1. Buat Blog Atau Website

Membuat website atau blog dengan tampilan yang menarik, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam membeli produk anda. oleh karena itu, kalau memang anda punya modal anggaplah Rp 500.000,- alternatif yang bisa anda pakai adalah membuat website dot Com (COM)

Pilihanya kalau kita membuat blog, maka kita tidak perlu mengeluarkan uang. Gunakan platform blog seperti wordpress.com  dan blogger.com Tapi jika anda ingin terlihat profesional, maka buatlah website pribadi anda untuk lebih meyakinkan calon Client.

Baca Juga : Cara Membuat Website

2. Promosikan Website Anda

Gunakan Iklan Gratisan atau sosial media yang paling banyak dipakai orang. Misalnya Facebook, Twitter, Instagram. Anda juga bisa membuat promosi melalui Sosial Chatt. Buatlah BroadCast. Tapi ingat JANGAN terlalu sering membuat broadCast, karena promosi anda akan dianggap sebagai promosi sampah. Pada Iklan anda cantumkanlah nomor kontak dan nama website anda agar mereka mudah mengunjunginya.

promosi menggunakan bbm

3. Promosikan Kemampuan Anda

Jangan lupa untuk mempromosikan juga kemampuan anda. Misal anda bisa membuat website, tapi anda juga bisa dan menerima jasa SEO. Tentu ini akan menjadi nilai tambah. Apalagi jika anda memiliki banyak kemampuan ddan tidak ber-Orientasai pada uang. Artinya anda lebih mengedepankan servis daripada bayaran.

4. Buatlah Promo Menarik

Buatlah promo yang benar-benar menarik. Dalam hal ini, mungkin anda bisa memberikan DISKON, atau ada Voucher jiga membeli Toko Online milik anda.

Kamu juga bisa melihat beberapa reverensi untuk membandingkan harga yang kamu buat dengan harga pasaran saat ini. Misal anda membandingkan dengan VKios, atau jasa website toko online lainya.

Dalam menjual sesuatu, selalu ada hal-hal yang bisa kita jual dengan modal yang tidak terlalu tinggi. Misalnya kita mendapatkan Template/Themes Gratisan, maka kita bisa menjualnya dengan harga Yang tidak terlalu tinggi agar ada pilihan lain untuk pengguna.

Baca Juga : Meningkatkan Penjualan Tanpa Biaya Tinggi

Jika kita memiliki produk yang seperti itu, buatlah harga promo untuk produk tersebut. Tujuanya agar ada banyak pilihan yang bisa dipilih calon konsumen anda.

Untuk bahasas-bahasa promosinya, kamu bisa mencontoh dari promosi-Promosi yang sudah ada. Ingat dalam ilmu Marketing ada yang disebut ATM yang artinya Amati, Tiru dan Modifikasi. Anda tidak perlu membuat sesuatu dengan pikiran adan, Cukup dengan Mengamati, Menirunya dan Modifikasi. Disinilah pentingnya Kreatifitas anda. Yaitu dalam hal Meniru.

amati tiru modifikasi

Usahakan kamu tidak meniru seluruhnya, tetapi modifikasi kata-katanya dengan warna dan ukuran teks yang berbeda tentunya. Hal ini sangat efektif dalam berpromosi.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda