5 Cara Menggunakan Pinterest untuk Brand Image Bisnis Anda

Ilustrasi- 5 Cara Menggunakan Pinterest untuk Brand Image Bisnis Anda

lustrasi- 5 Cara Menggunakan Pinterest untuk Brand Image Bisnis Anda

Keberadaan media sosial di era modern ini telah membawa dampak yang besar bagi dunia komunikasi. Tak hanya sebagai media komunikasi saja, media sosial juga digunakan sebagai sarana untuk berbagi, mencari teman yang baru bahkan dapat menjalin relasi kembali dengan banyak teman. Twitter, Facebook hingga Instagram memiliki peranan masing-masing dalam media sosial. Terdapat satu media sosial yang juga memiliki banyak manfaat yaitu Pinterest.

Pinterest merupakan media sosial yang berkekuatan besar sebagai sarana melakukan sharing mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan minat/hobi. Dari hasil riset yang dilakukan oleh Perusahaan Semiocast di Paris ditemukan bahwa Pinterest mempunyai lebih dari 70 juta pengguna di seluruh dunia.

Dengan menggunakan Pinterest, banyak sekali manfaat yang didapat oleh seorang pebisnis. Data yang berasal dari badan intelijen Vision Critical pada Juni 2013 mengungkapkan bahwa 4 dari 10 orang akan membeli suatu produk secara online setelah memberikan tag favorit atau melakukan sharing informasi di Facebook atau Pinterest Twitter.

50 % dari pengguna Pinterest mengungkapkan bahwa keputusan mereka untuk membeli suatu produk bukan karena pencarian pada produk melainkan karena tertarik dengan postingan yang muncul. Untuk menarik perhatian calon-calon pelanggan, fitur Pinterest memiliki daya tarik tersendiri. Perlu cara yang tepat dalam menggunakan Pinterest untuk meningkatkan brand image bisnis Anda. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya:

1 # Membuat Pinboards Yang Unik

Pinboards yang unik akan cenderung menarik perhatian para pengguna Pinterest sedangkan tampilan Pinboards yang biasa saja tidak akan menarik perhatian pengguna Pinterest. Misalnya, jika Anda bergerak di bidang kuliner, buatlah pinboards yang unik dan semenarik mungkin.

Contoh topik yang dapat Anda pilih diantaranya: cara membuat kue donat tanpa mixer, tips mengemas kue dengan cantik dan praktis serta hal-hal menarik lainnya. Dengan menerapkan cara tersebut, percayalah followers Pinterest Anda akan semakin banyak karena akun Anda senantiasa menyajikan hal-hal yang informatif, unik dan menarik.

2 # Pakailah Konten Visual yang Unik Tanpa Bahasa Inggris

Jika target pelanggan Anda berasal dari luar Inggris atau Amerika, gunakanlah bahasa-bahasa selain Amerika atau Inggris. Bahasa Spanyol, Perancis dan Jerman dapat Anda gunakan. Tak lupa sertakan pula beberapa kutipan inspiratif dengan  bahasa yang beragam. Hal tersebut akan membuat para pengguna Pinterest merasakan akun Pinterest Anda sangat friendly. Upayakan juga untuk selalu melakukan cek terhadap tata bahasa dan ejaan agar Anda terhindar dari kesalahan dalam penulisan.

lustrasi- 5 Cara Menggunakan Pinterest untuk Brand Image Bisnis Anda

lustrasi- 5 Cara Menggunakan Pinterest untuk Brand Image Bisnis Anda

3 # Ajaklah Pengguna Pinterest Lainnya untuk Berinteraksi

Mayoritas orang suka membagikan banyak hal tentang diri sendiri di media sosial. Melibatkan para followers untuk memposting pin gambar sesuai dengan bisnis yang Anda kembangkan adalah langkah tepat untuk membangun interaksi yang baik dengan followers. Misalnya, jika Anda berbisnis kuliner, Anda dapat mengajak followers untuk memposting beragam resep masakan yang pernah dibuat. Hal tersebut akan membuat para followers semakin dekat, interaktif dan akrab dengan Anda.

5 # Ungkapkan Sesuatu yang Inspiratif

Penggunaan storyboard sangat penting dalam menyajikan cerita singkat bagi para followers Pinterest Anda. Anda dapat membagikan serangkaian pin yang mengungkapkan berbagai manfaaat penting dari produk bisnis Anda bagi para pelanggan.

Kisah inspiratif yang sangat menarik adalah bagaimana UNICEF menggerakkan 1600 followers dengan menciptakan pinboard untuk membantu seorang gadis muda di Sierra Lona. Para followers tersebut dengan kreatif berusaha menciptakan pinboards sehingga menarik para pengguna Pinterest.

6 # Ungkapkan Sesuatu Mengenai Kunikan Bisnis Anda

Hal-hal sederhana dalam bisnis Anda dapat dikemas unik dan semenarik mungkin. Langkah selanjutnya adalah bagikan postingan mengenai keunikan bisnis Anda tersebut pada followers Pinterest Anda. Ungkapkan bagaimana upaya Anda  meluncurkan produk Anda dan bagaimana tim produk Anda bekerja. Hal sederhana tersebut akan membuat para pengguna Pinterest tertarik dan kemudian berusaha mencari tahu lebih banyak lagi mengenai bisnis Anda.

Sebagai salah satu media sosial yang mampu mempromosikan bisnis Anda dan mengungkap kisah-kisah nan inspiratif, Pinterest dapat Anda pertimbangkan sebagai media berpromosi dalam upaya mencapai kesuksesan bisnis Anda. Bagaimana Anda siap menggunakannya

About The Author

Reply

Pesan Anda