5 Cara Travelling Indonesia Tanpa Uang

cara travelling indonesia tanpa uang banyak

Bagi anda yang memiliki Passion Travelling, mungkin memiliki keinginan utnuk mengelilingi seluruh penjuru Nusantara. Hanya saja kemungkinan beberapa faktor yang menghalangi anda diatanya dari faktor keuangan/finansial. TENANG saja, kali ini saya akan memberikan 5 Tips bagaimana cara Travelling Indonesia tanpa uang.

Mungkin banyak dari antara teman-teman ingin dan sedang mencari tahu, bagaimana caranya bisa keliling Indonesia tanpa harus mengeluarkan banyak uang atau bahkan tanpa keluar uang sama sekali.

Yaah…dari pandangan saya, sangat kecil kemungkinan kita bisa melakukan perjalanan terutama Traveling Indonesia seluruh provinsi tanpa keluar uang sedikitpun. Oleh karena itu, saya harap teman-teman tetap mempersiapkan diri sebelum melakukan Traveling.

5 Hal yang bisa kita lakukan untuk traveling seluruh wilayah Indonesia dengan modal yang cukup kecil diantaranya:

  1. Gunakan Motor atau Sepeda
  2. Bawa Perlengkapan Semaksimal Mungkin
  3. Bersosialisasi Dengan Lingkungan
  4. Menginap Di Tempat Saudara Atau Family
  5. Makan Dari Alam

Berikut penjelasan yang bisa kamu ketahui mengenai masing-masing poin diatas,

1. Gunakan Motor atau Sepeda

Beberapa orang seperti Fahmi dari Catperku.com memilih menggunakan sepeda motor dalam melakukan perjalananya, hal ini dilakukanya karena dia ingin lebih dekat dengan alam. Selain itu juga ada Sutiknyo yang juga senang menggunakan motor sebagai kendaraanya.cara travelling indonesia menggunakan sepeda motor

Intinya adalah mereka yang menggunakan sepeda motor selain lebih dekat dengan alam, mereka juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Dengan sepeda motor perjalanan yang ditempuh akan terasa lebih simple dan tanpa beban

2. Bawa Perlengkapan Semaksimal Mungkin

Dengan menggunakan sepeda motor, kita juga bisa membawa barang cukup banyak. Kita bisa membuat karosesi berupa box kanan kiri juga belakang bahkan depan kanan dan kiri. Anda bisa melihar gambarnya seperti di samping ini. Dengan cara tersebut kita bisa semaksimal mungkin membawa perlengkapan mulai dari pakaian sampai obat-obatan yang mungkin akan kita perlukan selama perjalanan.perlengkapan travelling pada sepeda motor

Jangan lupa juga bawalah alat perekam serta gadget agar setiap perjalanan adna bisa anda dokumentasikan seluruhnya. Persiapkan juga Batrai cadangan jika sewaktu-waktu anda kesulitan mendapatkan aliran listrik.

3. Bersosialisasi Dengan Lingkungan

Dimana kita tinggal itulah rumah kita, mungkin ungkapan itu cocok untuk para traveller yang “GILA” melakukan perjalanan panjang seperti travelling Indonesia. Oleh karenanya jadikanlah lingkungan anda sahabat. Dimana anda tinggal bersosialisasilah dengan orang sekitar. Tidak perlu bersikap sok hebat, atau merasa diri mampu, tetapi bergaullah dengan sekeliling.

Biasanya di tempat yang kita datangi, rata-rata orangnya akan welcome. Banyak cerita para Traveller ketika mereka tiba disuatu tempat dan melakukan sosialisasi dengan baik, maka mereka akan ditolong dan dibantu.

Jadi bersosialisasilah dengan lingkungan dimana anda singgah. Hormati dan hargai orang-orang di tempat tersebut agar perjalanan anda juga lancar dan dibantu.

4. Menginap Ditempat Saudara atau Family

Ini mungkin akan membuat keuangan anda sedikit terbantu selama dalam perjalanan. Jika anda menyewa hotel atau losmen, mungkin auang anda akan cepat terkuras dan habis. Oleh karena itu, dimana ada keluarga atau saudara anda, menginaplah ditempat mereka.

Caranya bisa anda beritahukan dahulu sebelum anda sampai ketempat mereka agar mereka tidak terkejut dan bisa mempersiapkan segala-sesuatu yang mungkin anda butuhkan untuk perjalanan berikutnya.

5. Makan Dari Alam

Poin ke-lima ini adalah lanjutan dari poin ke empat. Mengapa saya katakan lanjutan adalah kaerna ini kebalikan dari nomor empat. Misal anda sampai ditempat yang benar-benar tak berpenghuni, dan pada saat tersebut mungkin anda kebetulan kehabisan makanan dan minuman. Maka Jadikanlah ALAM sebagai sahabat anda. makan dari alam travelling indonesia

Prinsipnya sih sederhana, bahwa di Alam banyak yang bisa kita manfaatkan untuk keberlangsungan hidup kita. Misal untuk makanan, kita bisa memakan buah-buahan dari alam, atau sayuran dan lain-lain.

Untuk keperluan air, kita bisa mencari air yang cukup bersih dari sungai dan bisa memasaknya atau jika memungkinkan langsung meminumnya.

Dengan 5 cara di atas, saya yakin travelling Indonesia yang anda lakukan akan membutuhkan dana yang tidak terlalu besar. Carilah informasi-informasi lainya yang bisa anda jadikan referensi untuk melakukan perjalanan dengan modal yang minim. Misalnya barang apa saja yang biasanya diperlukan selama perjalanan, atau mungkin jenis pakaian yang seperti apa serta obat-obatan yang umum dipersiapkan.

Baca Juga : Perlengkapan Untuk Traveller

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda