5 Tips Lindungi Rumah dari Kabut Asap di Riau

tips lindungi rumah dari kabut asap di riau

Lindungi rumah dari kabut asap – Beberapa hari ini pemberitaan seputar kabut asap di Sumatra dan Kalimantan kembali jadi perbincangan hangat. Ya, sekali lagi masalah ini masih terjadi dan belum ada solusi. Tangan-tangan tak bertanggung jawab masih terus merusak lingkungan dengan membakar lahan. Tindakan pemerintah belum juga menunjukkan hasil. Sedangkan media hingga saat ini masih mengupas perihal dampak, korban dan sebagainya.

Untuk tahun ini, kabut asap yang terjadi sudah sangat menganggu. Udara tercemar dan berbahaya bagi kesehatan, sejumlah aktivitas terpaksa diliburkan hingga bandara udara yang sempat lumpuh karena jarak pandang yang minim. Tak hanya itu, negeri tetangga seperti Singapura pun terkena dampak dan melakukan aksi protes pada Indonesia.

Dari fenomena di atas, masalah terbesar yang kini dihadapi ialah perkara dampak kesehatan pada penduduk setempat. Udara yang membawa partikel berbahaya itu disebut-sebut mengepung rumah dan sudah masuk ke dalam. Kondisi ini sudah tidak aman dan bila terus dibiarkan akan jatuh korban seperti ISPA dan sebagainya.

Nah, untuk bisa lindungi rumah dari kabut asap yang terjadi, Arsitek dari Riau mencoba berbagi tips. Beberapa info di bawah ini sangat bermanfaat untuk Anda yang rumahnya terkepung oleh asap. Apa sajakah itu, yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini:

  1. Tutup rapat semua ventilasi udara di rumah. Jangan biarkan udara bebas dari luar masuk ke dalam rumah. Khususnya udara yang kerap masuk lewat jendela, celah-celah kecil dan pintu. Agar tutupannya rapat dan maksimal lapisi dengan plastik bening. Menggunakan plastik juga membuat dalam rumah tetap terang.
  2. Udara di dalam rumah. Anda bisa memakai AC agar udara tetap segar dan jangan lupa lakukan servis 2 kali dalam seminggu. Anda juga bisa menggunakan kipas angin raksasa untuk membuang kabut asap di dalam rumah. Memakai exhaust fan saat pagi hari sangat berguna mengeluarkan udara tak sehat.
  3. Gunakan kain basah untuk mengurangi pencemaran udara di dalam rumah. Anda dapat meletakkan kain basah di depan jendela atau ventilasi lainnya. Cuci dan basahi lagi kain sesuai kebutuhan.
  4. Jika memiliki air purifier juga bisa digunakan mengatasi udara berbahaya yang masuk ke rumah. Jangan lupa megganti filter-nya sesuai saran.
  5. Sebisa mungkin kurangi aktivitas di luar ruangan. Berada di dalam rumah jauh lebih aman untuk kesehatan pernafasan dan sebagainya. Jika terpaksa, Anda bisa memakai masker standar yang berkualitas.

Selain lindungi rumah dari kabut asap, Anda juga perlu menjaga kondisi agar tetap fit dan kuat. Perbanyaklah minum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan kaya antioksidan. Tak ada salahnya juga jika menambahkan sejumlah vitamin agar daya tahan tubuh tetap optimal.

Pastikan juga sumber air dan makanan di rumah terlindung dari pencemaran udara. Terapkanlah gaya hidup sehat dan hindari aktivitas lain yang merusak kesehatan. Misalnya seperti mengurangi rokok dan minum alkohol.

Melindungi rumah dari kabut asap merupakan langkah terbaik menjaga diri dan keluarga agar tetap sehat. Seperti banyak dijelaskan, kabut asap bisa menyebabkan berbagai masalah. Mulai dari gangguan pernafasan, alergi, iritasi, peradangan hingga infeksi. Terburuk bisa menyebabkan kematian jika penyakit sudah sangat kronis. Kabut asap yang bisa masuk ke rumah akan jauh lebih berbahaya untuk orang yang menderita penyakit tertentu, bayi dan juga lansia. Untuk itu segera lakukan tindakan mengusir asap yang ada di dalam rumah. 

TOLONG INFORMASI INI DI SHARE

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda