5 Strategi Marketing Ampuh Untuk Bisnis Anda

strategi marketing ampuhDalam dunia bisnis, marketing atau penawaran adalah hal penting yang HARUS dilakukan. Tanpa marketing, sangat sulit produk yang kita tawarkan mendapat perhatian dan penjualan yang kita targetkan. Sekalipun barang dan produk yang anda tawarkan adalah yang terbaik, Tercantik, Terbagus, maka bisa dipastikan penjualanya tidak akan maksimal. Itulah sebabnya produk-produk yang bagus pasti akan menggunakan strategi amrketing.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjual. Mulai dari Iklan konvensional, radio, televisi, koran, majalah, dan masih banyak lagi termasuk media online seperti Facebook, Google+, Twitter, Instagram. Semuanya memiliki peran masing-masing

Kita ambil contoh yang mudah… yaitu iklan di televisi. Iklan di televisi bisa kita katakan memiliki jangkauan yang luas, penawaran yang bombastis, interaktif, persuasif, hidup dan penuh warna. Iklan melalui televisi begitu lengkapnya sehingga berefek pada biaya produksi iklan dan penayangan tersebut yang begitu mahalnya.

Dari situ kita bisa melihat bahwa iklan di televisi sangat cocok untuk perusahaan-perusahaan besar yang memiliki kantong tebal. Lalu bagaimana dengan perusahaan menengah, kecil bahkan usha mikro??? Sementara usaha-usaha seperti itu yang membutuhkan publisitas yang tinggi agar berkembang dengan cepat.

Seperti yang saya sebitkan di atas, bahwa saat ini sudah sangat banyak media yang bisa kita gunakan untuk publisitas. Hal yang paling gampang adalah dengan menggunakan media online. Relatif kita hanya membayar biaya KONEKSI internet saja.

 5 Strategi marketing untuk usaha anda sebagai berikut :

1. Hard selling

Saat ini dengan banyaknya media sosial yang bisa kita pakai, maka pemasaran hampir bisa dikatakan menggunakan HARD SELLING. Maksudnya adalah promosi besar-besaran langsung terang-terangan tanpa basa-basi. Dan orang dengan mudah melihatnya sebagai bentuk penawaran yang tujuanya untuk membeli.

strategi marketing hard sellingBiasanya ini dilakukan ketika ada promosi besar-besaran dan diskon “gila-gilaan” agar produk yang ditawarkan cepat laku, dan target penjualan tercapai. Untuk waktnya biasanya “short Time” atau waktu yang singkat.

Ini bisa saja dilakukan untuk beberapa saat saja. Tujuanya jelas, untuk “Brand Awareness” produk kita. Jadi begi teman-teman yagn menggunakan “Hard Selling”, lakukanlah dengan bijak. Jangan terus menerus melakukan hard selling karena akan dianggap menjadi biasa saja.

2. Soft Selling

Dari namanya ada menggunakan kata “Soft” berarti lembut. Nah…ini biasanya bisa terjadi pada penawaran yang dilakukan ibu-ibu. Coba frends perhatikan, biasanya ibu-ibu kalau sudah ngerumpi akan menceritakan banyak hal. Termasuk jika mereka menggunakan sebuah produk atau barang tertentu. Mereka akan cenderung menjelaskan kepuasanya kepada temanya.

strategi marketing soft sellingIni bisa kita lakukan kepada calon pembeli kita. Gunakan cara-cara yang lembut dan mengajak. Tidak langsung menawarkan. Misalnya kita menjual produk kecantikan yang harus dikonsumsi dan kebetulan kita bicara kepada ibu-ibu hamil, bisa menggunakan kata-kata :

“Saya sudah menggunakanya selama 1tahun dan hasilnya memuaskan. Cocok juga untuk ibu hamil dan tidak ada efek sampingnya”.

CUKUP sampai disitu saja, anda sebenarnya secara tidak langsung sudah mempengaruhi pendengar. Dengan demikian orang akan mulai melirik produk anda. Jadi tidak perlu langsung mengatakan “Beli saja” atau “pakai yang ini saja bu”

Biarkan mereka memilih.

3. Kombinasi

Namanya saja sudah kombinasi, maka anda bisa mengkombinasikan strategi yang pertama dan yang kedua di atas. Gunakan kata-kata yang lebih baik untuk mengkombinasikanya. Biasanya dengan kombinasi akan lebih baik hasilnya.

Jika anda menggunakan media sosial, buatlah interaksi yang aktif di media sosial anda.

Baca juga :Cara menjual menggunakan media sosial

4. Promo Terbatas

Masih belum banyak yang menggunakan hal ini. Biasanya orang yang menjual dari media sosial hampir bisa dipastikan tidak memiliki strategi marketing. Mereka membombastis dengan tulisan-tulisan, gambar-gambar, video atau apapun yang bisa dibuat untuk menawarkan. Padahal itu sudah tidak trelevan lagi.

Nah bagi anda yang ingin tampil sebagai pemenang, maka dibutuhkan strategi yang baik agar bisa bersaing dengan orang lain.

Dengan promo terbatas, biasanya orang akan segera bertanya dan menginginkanya juga. MASIH BINGUNG YAH….. Begini: Misal anda memiliki produk kecantikan yang baru. Anda tidak perlu langsung membuat promosi besar-besaran. Gunakan promosi terbatas kepada pelanggan SETIA anda. Dan tuliskan “PROMO INI HANYA UNTUK KALANGAN TERBATAS”

Dengan demikian, maka orang yang melihat penawaran anda akan mencari tahu… sebenarnya produk apa yang terbaru dan apa khasiatnya, kegunaanya, kelebihanya. Dengan demikian anda juga bisa melihat anemo calon pembeli. Setelah itu beberapa waktu kemudian…. barulah anda jual secara bebas dan bertahap.

5. Gunkan Email Marketing

Kalau poin yang ke lima ini biasanya digunakan oleh orang yang agak mahir. Tawarkan melalui email secara personal sama seperti yang dilakukan oleh toko online besar di Indonesia yaitu lazada, blibli, tokopedia, bukalapak, elevenia, rakuten, qoo10 dan masih banyak lagi. Untuk mempelajarinya silahkan cari di google.

itulah 5 Strategi Marketing Ampuh Untuk Bisnis Anda, semoga bisnis dan usaha anda semakin baik dan berhasil.

~ Salam Sukses ~

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda