5 Teknik Jitu Menggunakan Plugin SEO Yoast (BERHASIL)

teknik menggunakan plugin SEO Yoast 1

Bagi anda semua yang membuat website atau blog menggunakan wordpress, bisa dipastikan anda kenal dengan satu plugin ini yaitu SEO Yoast. Plugin yang terkenal dengan METERAN SEO ini sanagt popoler dan sudah di download orang hingga jutaan kali ini telah membuatnya sangat terpercaya untuk digunakan para bloger yang menggunakan platform WORDPRESS.

Mungkin bagi beberapa orang plugin ini kurang menarik karena terlalu rerpot dan banyak settingan, akan tetapi bagi banyak orang juga termasuk saya, plugin ini sangat membantu dikarenakan menggunakan meteran SEO.

teknik menggunakan plugin SEO Yoast 2

Klik Untuk Memperjelas

Dengan adanya indikator tersebut, sangat mudah bagi kita menentukan hal apakah yang masih belum sesuai dengan SEO Google. Mungkin ini tidak terlalu FIX dan Valid, tapi paling tidak hal tersebut sangat membantu bagi anda yang masih baru memulai membangun sebuah website apalagi digunakan untuk toko online.

Berikut adalah kalimat yang ada pada Indikator tersebut :

There are 30 words contained in the body copy. This is far too low and should be increased.

The page title contains keyword / phrase, but it does not appear at the beginning; try and move it to the beginning.

No outbound links appear in this page, consider adding some as appropriate.

Keyword / keyphrase appears in 1 (out of 7) subheadings in the copy. While not a major ranking factor, this is beneficial.

The images on this page contain alt tags with the target keyword / phrase.
The keyword / phrase appears in the URL for this page.

You’ve never used this focus keyword before, very good.

In the specified meta description, consider: How does it compare to the competition? Could it be made more appealing?

The meta description contains the primary keyword / phrase.

The page title is more than 40 characters and less than the recommended 70 character limit.

The keyword appears in the first paragraph of the copy.

Tampilan SEO Yoast secara umum bisa kita lihat pada gambar berikut. Nanti akan saya bahas satu persatu sehingga kita mudah memahaminya. Tampilan ini akan muncul ketika kita memulai sebuah postingan. SEO Yoast akan muncul di bagian bawah setiap postingan kita. Silahkan lihat juga VIDEO yang saya buat :

teknik menggunakan plugin SEO Yoast 3

Klik Untuk Memperjelas

Berikut 5 Teknik Jitu Menggunakan Plugin SEO Yoast yang sangat mudah dengan 5 Indikator untuk melihat apakah SEO kita sudah sesuai dengan yang seharusnya :

1. Snippet Preview

teknik menggunakan plugin SEO Yoast snippet preview

Klik Untuk Memperjelas

Snippet Preview adalah tampilan secara menyeluruh yang akan muncul ketika website atau blog kita muncul di Search Engine Google. Jadi perhatikan dengan baik, apa hal-hal yang penting dalam Snippet Preview ini. Pastikan kata-kata yang muncul tidak salah ketik. Karena kalau salah, dan orang melihat…maka bisa jadi orang yang mencari tidak akan mau mengklik link tautan ke website kamu. Jadi pastikan dengan BENAR.

2. Focus Keyword

Pada Focus Keyword, ada beberapa hal yang penting diperhatikan diataranya :

teknik menggunakan plugin SEO Yoast focus keyword

Klik Untuk Memperjelas

Dari gambar tersebut berikut ini penjelasanya :

  1. Article Heading > Biasanya digunakan untuk membuat judul. Jadi, judul dengan penjelasan kita seharusnya tidak boleh sama. Contoh sederhananya, perhatikan poin nomor dua diatas dengan kata “2. Focus Keyword” dalam hal ini saya menggunakan Heading4 untuk judul tersebut. Sehingga terlihat jelas antara judul dan penjelasan saya.
  2. Page Title > Ini adalah Judul Postingan anda. SARAN SAYA : Gunakan judul yang unik dan menarik, tidak perlu short Tail, Gunakan saja long tail tapi unik dan mungkin belum ada orang yang membuatnya. Perhatiakan 2 judul berikut ini secara baik-baik : “Cara Mendapatkan Uang Dari Internet” bandingkan denganĀ  “5 Teknik Mendapatkan uang Dari Internet Dengan Sangat Mudah
  3. Page URL > Kalau ini akan mengikuti sesuai dengan judul artikel yang kamu buat, sehingga bisa dipastikan kamu tidak perlu mengubahnya ketika membuat artikel. Sesuaikan judul dengan URL yang terbentuk secara otomatis
  4. Content > Untuk Content ini maksudnya, kita harus membuat kata kunci yang kita bidik ada di dalam tulisan artikel kita minimal 3 kata. Saran saya gunakan kata tersebut di paragraf awal, kemudian di tengah dan diakhir paragraf untuk menutup tulisan kamu. Kalau biasanya saya menggunakan kalimat terakhir seperti berikut ini : “Jadi demikianlah 5 Teknik Jitu Menggunakan Plugin SEO Yoast yang akan membantu meningkatkan kualitas SEO website anda
  5. Meta Description > Meta Description ini berfungsi untuk menjelaskan secara singkat mengenai tulisan artikel yang kita buat, Ibarat kata Resumenya lah …

5 Penjelasan tersebut sebenarnya sudah lengkap, tapi saya akan melanjutkan ke bagian berikut untuk menjelaskan dengan gambarnya, dan terakhir menggunakan video.

3. SEO Title

Seperti yang sudah saya jelaskan, SEO Title ini adalah JUDUL POSTINGAN. Jadi buatlah judul tersebut sebaik mungkin, kalau bisa mengandung kata kunci yang kamu target, lalu tambahkan dengan kata-katamu sehingga terlihat unik. Misal anda ingin menarget kata kunci “BISNIS ONLINE“, buatlah judul menggunakan kata BISNIS ONLINE tapi dimodifikasi “10 Teknik Sederhana Memulai BISNIS ONLINE Agar Menguntungkan Anda

teknik menggunakan plugin SEO Yoast seo title

Klik Untuk Memperjelas

Saya rasa kamu akan setuju bahwa judul yang kedua lebih enak dilihat dan lebih menggiurkan untuk di klik bukan?? lakukan dan berlatihlah untuk mendapatkan judul-judul artikel yang menarik

4. Meta description

Isi dari Meta Description ini adalah penjelasan sederhana dari seluruh isi artikel kita. Jadi kalau bisa jelaskan dengan singkat dan tidak lebih dari 156 Karakter. INGAT!!! Jika kamu menulis lebih dari 156 Karakter, secara otomatis dia tetap akan menerima atau menyetujui, akan tetapi menurut SEO Google, itu kurang baik.

teknik menggunakan plugin SEO Yoast meta description

Klik Untuk Memperjelas

Jadi pastikan kamu membuat ringkasan yang singkat, jelas, padat tanpa harus melebihi 156 Karakter tersebut. Contoh penjelasan sederhana adalah sebeperti berikut :

5 Teknik Jitu Menggunakan Plugin SEO Yoast dengan cara melihat Snippet, Seo Title, Meta description, keywords termasuk Focus Keyword

Tidak perlu takut jika masih banyak karakter yang tersisa. Tambahkan saja penjelasan sederhana misalnya “Cara tersebut masih berguna sampai saat ini

5. Meta keywords

Bagian terakhirnya adalah Meta Keyword yang berfungsi untuk menuliskan kata kunci yang kita target untuk artikel tersebut, dan secara keseluruhan tema kita. Biasanya saya menggunakan maksimal 4 kata kunci 3 untuk menarget artikel dan satu untuk kata kunci umum. Teknik ini hanya saya lakukan berdasarkan eksperiman saya saja, sehingga bagi yang merasa tidak cocok, silahkan gunakan teknik lainya.

teknik menggunakan plugin SEO Yoast meta keywords

Klik Untuk Memperjelas

Cara penulisanya bisa dilihat seperti pada gambar. Jika teman-teman masih ada yang kurang jelas dan kurang paham, silahkan isi komentar, saya akan menjawab dengan senang hati.

Tonton Video Berikut dan Sharing Kepada yang lain :

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda