5 Teknik Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Meningkatkan Penjualan bisnis online

Bicara bisnis maka tidak akan lepas dari bicara keuntungan. Bisnis tujuan khirnya adlah seberapa banyak keuntungan yang kita dapatkan. Memang sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualan agar keuntungan juga meningkat. Biasanya hal tersebut selalu sejalan. Banyak penjualan bisa dikatakan akan banyak keuntungan.

Jika kita melihat peluang bisnis dan usaha pada saat sekarang ini, maka bisa kita katakan bahwa peluangnya jauh lebih besar. Walaupun tidak semua orang mampu melihatnya. Sekalipun orang mampu melihatnya, belum tentu pula orang tersebut mampu dan mau serta berani mengambil peluang tersebut. Hal ini bisa kita lihat bahwa terkadang kita menawarkan peluang bagus kepada orang, tapi mereka hanya mengatakan “yaa… bagus sekali peluang tersebut” tapi pada akhirnya mereka justru malah tidak mengambil peluang tesebut.

Jaman sekarang peluang semakin besar, dimana semakin LUAS hal-hal yang bisa kita kerjakan dengan adanya media online. Perlu diketahui bahwa saat ini Indonesia sedang masuk kedalam putaran bisnis Digital. Artinya semua bisnis diarahkan untuk menjadi Digital. Apakah itu jenis usahanya yang di-DIGITALKAN atau media promosinya yang menggunakan media Digital.

Misal produk bisnis yang dibuat digital adalah, periklanan digital. Perhatikan saat ini sedang MARAK sekali periklanan digital. Anda bisa lihat di YOUTUBE, betapa banyak iklan yang muncul di youtube. Belum lagi iklan pada mesin pencari Google. Dan lain – lain masih banyak sekali.

Sementara untik barang yang dijual menggunakan media digital adalah misal kita menjual sepatu. Sepatu bukanlah produk DIGITAL. Sepatu produk Konkret dan memiliki barang Fisik. Tapi kita bisa memanfaatkan media Digital sebagai media promosi.

lalu…apa yang harus dilakukan, agar kita bisa meningkatkan penjualan seiring dengan adanya produk digital dan adanya media digital ini??

Bagaiman Meningkatkan penjualan !!

Sebenarnya bisnis bisa saja Digital dan emdia bisa saja digital. Tapi yang harus kita pahami bersama adalah, bahwa pendekatanya bisa sama dengan Offline atau konvensional.

Dimana-mana, eord of mouth adalah hal yang paling bagus untuk marketing, dan kekuatan testimoni atau kesaksian orang itu sangat memberi peran penting untuk meningkatkan penjualan. Mengapa?? Karena adanya bukti-bukti yang kuat. Caranya bagaimana agar bisa meningkatkan penjualan :

1. Teruslah mengontak pembeli/customer anda

Saya sendiri ketika menawarkan sesuatu, biasanya tidak “Bersikeras” dan kadang lupa untuk menawarkan kembali ketika mereka tidak langsung mau membeli. Padahal hal tersebut bisa kita tingkatkan. Tidak ada salahnya kita tetap mengontak calon pembeli dan memberikan penawaran terus-menerus. Jika mereka terus menolak, carilah cara pendekaan yang lain agar mereka merasa tidak selalu disodorkan produk yang sama.

2. Buat komunitas

Namanya makhluk sosial, maka sudah menjadi sifat utamanya adalah bersosialisasi dan berkumpul. Bagi kamu yang sudah punya pelanggan tetap dan loyal, ada baiknya membuat sebuah komunitasmu sendiri dan membicarakan hal-hal yang berguna bagi banyak orang. Tidak HARUS membicarakan produk. Tapi bicarakanlah atau bahas mengenai hal-hal yang penting. INGAT “Tidak Harus Selalu Membahas Produk

Tujuan utama kita memang meningkatkan penjualan. tapi bukan berarti kita haru terus menerus berjualan kan?? Kalau kita terus menerus berjualan, maka itu tidak ada bedanya dengan berjualan di pasar-pasar atau ITC bahkan MALL.

Perhatikan jika kamu pergi ke MALL, maka tidak ada interaksi persahabatan di sana. Hanya prinsip jual beli lah yang ada di sana. Untuk dunia bisnis online hal ini tidak berlaku. Dibutuhkan adanya onteraksi yang hidup antara penjual dan pembeli.

3. Jawab Keluhan

Hampir bisa dipastikan, bahwa untuk meningkatakan penjualan dibutuhkan effort yang lebih dari biasanya. Salah satunya adalah, Mulailah menjawab keluhan-keluhan pelanggan. Jangan terlalu memborbardir mereka dengan produk-produk-produk dan produk.

Ada kalanya kita harus mendengarkan keluhan para pelanggan. Dengan demikian, maka mereka akan merasa senang dengan anda. Pada akhirnya kepercayaan itu terbangun, dan mereka akan jadi pelanggan atau customer mereka.

4. Berikan Bonus

Hal ini mungkin terlihat standard yah. Tapi frends jangan salah bahwa hal semacam ini ternyata sangat baik dilakukan bagi para consumen anda.

Jika anda memberikan bonus-bonus dari setiap pelanggan yang LOYAL, maka hal tersebut akan menjadikan hati mereka dekat dengan anda. Maka pada saatnya apapun yang kamu tawarkan dengan mudah akan dibeli dari anda. WALAUPUN di tempat lain harganya lebih murah.

5. Gunakan Sosmed

Hari gini tidak punya sosmed??? KEMANA AJAAH !!!… bagi pebisnis online hal ini memang HARUS dimiliki yah Frends. Kekuatan sosial media tidak diragukan begitu baiknya. Lebih dari 60% pengguna Internet di Indonesia menggunakan Sosmed. Sementara itu ada lebih dari 80Juta orang Indonesia yang sudah terkoneksi dan bisa ber-internet. Jadi ada sekitar 48 juta hingga 50 juta orang yang memiliki sosial media.

Baca : Strategi marketing online agar berhasil berbisnis online

Teruslah dan intens dalam melakukan kontak dengan setiap pelanggan. Untuk anda yang memiliki akun Facebook dan G+ atau Google Plus, buat sebuah Page untuk mempromosikan barang atau produk kamu.

Perhatikan Frends, ke 5 Teknik di atas sudah banyak orang yang mengetahuinya. Tapi apakah semua orang yang mengetahuinya melakukanya??? jawabanya TIDAK.

Jadi kalau frends semua ingin berhasil dalam meningkatkan penjualan secara online, lakukan 5 teknik sederhana ini, pasti anda akan berhasil.

pengertian media sosial

Kesimpulanya

Jadikan setiap pelanggan atau calon pelanggan anda teman sekaligus sahabat, bilaperlu menjadi keluarga komunitas yang kamu buat. Mereka akan sangat senang, dengan demikian APAPUN yang kamu tawarkan dengan senang hati akan mereka beli.

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda