5 Tips Mendapatkan Uang bagi Mahasiswa Tanpa Mengganggu Kuliah

5 tips mendapatkan uang

Hai sobat muda. Mungkin anda adalah seorang mahasiswa semester awal, pertengahan, tingkat atas, atau bahkan seorang siswa SMA yang ingin tahu bagaimana sih kehidupan kampus? Nah sebenarnya, dunia Mahasiswa adalah sesuatu yang bisa disebut dengan Imajinasi. Kenapa demikian? Karena ketika kita menjadi mahasiswa kita harus out of the box, keluar dari zona aman & nyaman, menghayal setinggi-tingginya untuk mendapatkan prestasi akademik maupun non-akademik yang bahkan teman-teman kita sendiri tidak pernah membayangkannya.

Salah satunya yaitu untuk mendapatkan uang. Banyak mahasiswa kalau di Tanya pasti pengennya punya penghasilan sendiri, bisa bayar uang kos sendiri, nyicil uang kuliah sendiri tanpa bantuan orang tua. Nah disini kita akan membahasnya satu persatu.

BerikutĀ 5 Tips Mendapatkan Uang bagi Mahasiswa Tanpa Mengganggu Kuliah :

  1. Menjadi Penulis

Menjadi penulis? Yaaaah aku gabisa nulis šŸ™ Mungkin itu yang ada di benak anda sekarang. Yang namanya mencari uang pasti butuh usaha, dan usaha itu butuh yang namanya perjuangan. Untuk melatih anda untuk menulis tidak sulit kok, tidak sesulit ketika kita bekerja di suatu perusahaan atau pabrik.

Baca :Ā 5 Tips Dasar Menjadi Penulis

Untuk melatih anda menulis cukup perhatikan sekelilingmu, pahami apa yang sedang terjadi, pikirkan apa yang sedang dibutuhkan daaaan TULISKAN! Anda bisa menuliskan sebuah analisa, opini, atau bahkan menulis sebuah cerita. Awalnya pasti jelek, ya tulisan kita pasti jelek. Oleh karena itu, jangan berpikir kalau tulisan anda akan jelek dan tidak disukai bahkan tidak dipahami orang, jangan takut, hal tersebut pasti akan terjadi jika anda ada penulis yang baru memulai karirnya. Dalam menulis yang penting adalah ide dan jam terbang. Galilah ide sebanyak-banyaknya dan tulislah sesering-seringnya. Jam terbangmu dalam menulis akan menentukan kualitas tulisanmu. Perlahan tapi pasti tulisanmu akan disenangi oleh banyak orang. Dalam menjadi mahasiswa keterampilan menulis juga sangat di butuhkan karena di akhir kuliahmu pasti ada yang namanya SKRIPSI bukan? Skripsi sendiri menuntut kita untuk membuat sebuah tulisan.
Nah, ketika lambat laun anda sudah mahir dalam menulis dan tulisan anda mulai disukain oleh teman sekitarmu sekarang saatnya untuk meraup keuntungan. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah JUAL TULISANMU. Tulisanmu bisa dijual di kompas.com, perusahaan surat kabar, atau menjadi penulis di marketingjoss.com, dan bahkan anda bisa menjadi seorang penulis buku. Terkadang juga ada universitas yang memiliki tim jurnalis dan membayar siapapun yang memberi tulisan atau konten menarik. Keuntungan yang didapatkan bervariasi, tergantung konten tulisan dan dimana anda menjualnya.

Daftarkan dirimu di marketingjoss.com : Jadi Penulis

  1. Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa

Apa itu Program Kreativitas Mahasiswa? Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah sebuah sarana bagi mahasiswa yang diberikan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguran Tinggi (Kemenristekdikti). PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (semula Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti), Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Ristek Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapatĀ menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan,Ā teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

PKM merupakan solusi yang paling bergengsi di dunia Perguruan Tinggi dalamĀ 5 Tips Mendapatkan Uang bagi Mahasiswa Tanpa Mengganggu Kuliah

PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi diĀ lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan keĀ dalam satu wahana,yaitu PKM.

Pada awalnya, dikenal lima jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKMPenelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I). Sejak Januari 2009, Ditlitabmas mengelola 6 (enam) PKM. Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) yang semula menjadi tugas Direktorat Akademik dalam pengelolaannya, dilimpahkan kepada Ditlitabmas. Karena sifatnya yang identik dengan PKM-I, KKTMĀ selanjutnya dikelola bersama-sama PKM-I dalam PKM-Karya Tulis (PKM-KT). Dengan demikian, di dalam PKM-KT terkandung dua program penulisan, yaitu: PKM-Artikel IlmiahĀ (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). PKM-I atau selanjutnya disebut PKM-AI yang merupakan artikel hasil kegiatan, tidak lagi ditampilkan dalam PIMNAS, namunĀ dimuarakan pada e-journal. Sedangkan PKM-GT yang berpeluang didiskusikan dalam forum terbuka, diposisikan sebagai pengganti PKM-AI di PIMNAS.

pkm-sego-njamoerContoh keberhasilan di PKM adalah outlet Sego Njamoer ini. Idenya sederhana dan akhirnya bisa mendapatkan pendanaan sehingga kini outletnya ada dimana-mana.Ā Di PKM sendiri juga dibutuhkan yang namanya writing skill, jadi sering-seringlah anda berlatih menulis. Untuk setiap gagasan yang diterima maka anda akan dibayar mulai dari 2,5 juta sampai 12,5 juta Rupiah. Anda tertarik bukan?

Fasilitas sudah disediakan oleh negara,
tinggal kita yang MAUĀ atau TIDAK

  1. Aktif Mengikuti Kompetisi

Nah, hal yang satu ini sudah pasti anda ketahui. Selain memberikan kita sebuah prestasi, kompetisi pasti memberikan hadiah berupa uang. Bagi seorang mahasiswa kata ā€œmalasā€ Ā adalah sebuah kerugian yang sangat besar. Jangan pernah menjalani kuliah seperti menjalani kehidupan disaat SMA. Aktiflah bersosialisasi di kampus, aktiflah berorganisasi, dan aktiflah dalam mencari peluang sukses.

Biasanya kompetisi di kalangan mahasiswa adalah kompetisi yang bersifat tim. Jadi kalau anda terus-terusan bergaul dengan orang yang malas juga maka sudah dipastikan anda akan kesulitan dalam mendapatkan sebuah tim juara. Pastikan yang anda kenal bukan hanya di tingkatakan yang sama tapi juga harus kenal dengan mahasiswa dari tingkatan yang berbeda.

Untuk menjalani 5 Tips Mendapatkan Uang bagi Mahasiswa Tanpa Mengganggu KuliahĀ 1 hal yang harus ditanamkan di benak mahiswa adalah : ā€œAku harus bisa naik pesawat gratisā€, Nah dalam berkompetisi lah salah satu cara agar anda bisa mewujudkan impian itu. Ketika seorang mahasiswa dapat menjadi delegasi kampusnya dalam mengikuti kompetisi ataupun seminar nasional/internasional serta mendapat kesempatan untuk naik pesawat secara gratis maka masa kuliah anda sangat mengesankan.

  1. Jadi Asisten Dosen

Terkesan baik di hadapan dosen itu sangat penting bagi seorang mahasiswa. Pandai-pandailah mencari muka haha. Karena apa? Ketika dosen menganggap kita baik walaupun kita tidak sepintar teman dikelas kita maka ada secerca harapan agar anda bisa ditarikĀ  untuk menjadi asisten dosen ataupun asisten lab. Penghasilan yang didapatkan juga lumayan dan pekerjaan ini akan bertahan setidaknya selama 1 tahun sehingga anda mempunyai penghasilan rutin selama setahun.

  1. Membuat tugas penelitian menjadi ladang bisnis

Misalnya nih yang anak Teknik Informatika dapat tugas ngoding untuk buat sebuah aplikasi manajerial untuk perusahaan kecil, kerjakan tugas itu dengan sebaik-baiknya dan setelah berhasil coba pasarkan project anda di perusahaan-perusahaan kecil seperti waralaba atau apotek, jadikan tugasmu sebagai penghasilanmu. Untuk jurusan lain misalnya teknik Mesin, cobalah untuk membuat sebuah teknologi terbarukan dan jual dengan perusahaan di sekeliling anda.

Untuk teknik elektro, cobalah untuk menawarkan jasamu kepada tetangga. Yaaa setidaknya cukuplah untuk tambahan uang saku. Begitu juga dengan jurusan yang lain, cobalah untuk menggali passionmu dan salurkan agar menjadi uang.

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa selain 5 Tips Mendapatkan Uang bagi Mahasiswa Tanpa Mengganggu Kuliah ini. Tapi tips yang saya tuliskan adalah tips yang sekiranya dapat membuat waktu senggang anda menjadi sebuah prestasi dan menghasilkan uang. Mungkin sisanya akan kita bahas di lain kesempatan.

Kata Kunci : Tips Mahasiswa, Mendapatkan uang bagi Mahasiswa, PKM, Menjadi Penulis

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda