5 Tips Strategi Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Terbaik

5 Tips Strategi Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Terbaik

Ilustrasi

Dalam memasarkan produk, terkadang kita sering lupa bagaimana strategi terbaik agar penjualan yang dihasilkan semaksimal mungkin. Sering sekali kita sibuk mengurus produk, tapi lupa strategi terbaik dalam menjual. Akibatnya penjualan yang dilakukan tidak maksimal. Apakah untung? yah… bisa saja itu untung, tapi tidak maksimal.

Tidak hannya sekedar menjual, tapi kita PENTING SEKALI membangun kedekatan, ikatan, keintiman dengan para pelanggan kita.

Era informasi yang seperti saat ini sangat memungkinkan setiap konsumen pergi ke tempat lain dengan sangat mudah. Jadi, kita sebagai penjual HARUS memiliki teknik, tips, strategi atau apapun namanya yang mampu “menahan” pelanggan tetap berada di toko online kita.

Jika beberapa tahun yang lalu orang (calon pembeli) ingin pindah dari suatu toko ke toko lain akan berfikir panjang dikarenakan waktu, kesibukan, tenaga, uang dan lain-lain, tapi sekarang sudah sangat-sangat berbeda. Untuk berpindah dari suatu toko online ke toko online lainnya cukup dengan mengetikkan pada browsernya saja, atau membuka aplikasi toko online yang lain.

KESIMPULAN SEMENTARA: Jika kita tidak menggunakan strategi yang sangat baik, maka konsumen bisa dipastikan akan pergi dan bisa saja tidak akan kembali ke toko Anda. Jadi, mari kita belajar 5 Tips Strategi Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Terbaik tahun ini.

Berikut 5 Tips Strategi Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

1# Gunakan sosial media

Boleh dikatakan pada jaman sekarang jika usaha kita tidak memiliki sosial media termasuk perlu dipertanyakan apakah asli atau penipuan. Pasalnya saat ini semua sudah bergerak ke arah onlinel. Jadi pastikan kamu menggunakan sosial media untuk usaha mu.

strategi promosi sosial media

Ilustrasi

Buatlah Facebook, Twitter dan Google Plus sebagai media promosi. Tambahkan juga kontak yang mudah dihubungi diataranya BBM, WhatsApp, LINE dan lain sebagainya. Kamu dapat memakai beberapa aplikasi terkenal seperti dalam tulisan “Aplikasi terbaik untuk bisnis”

Baca: 5 Aplikasi Chatt terpopuler di Indoensia

Dengan sosial media, usaha kita akan lebih mudah dikenal dan diketahui orang. Perhatikan bahwa habit atau kebiasaan manusia saat ini sudah Online. Artinya mereka akan selalu mencari segala-sesuatu dari media online sebelum memutuskan untuk membeli.

2# Bagi-bagi produk

Jika anda masuk kategori orang pelit, maka poin penting yang kedua ini tidak akan masuk akal bagi Anda. Tapi bagi mereka yang sanggup mengukur IMPACT dari membagikan sesuatu dengan GRATIS, maka mereka akan melakukan strategi promosi yang seperti ini.

strategi promosi produk gratis

Ilustrasi

Berikut saya berikan teknik sederhananya:

Untuk memberikan barang-barang GRATISAN, kamu beli produk yang tidak terlalu mahal, kemudian kamu beli dalam jumlah yang cukup besar. Dengan begitu harganya PASTI sangat-sangat murah.

Nah setelah itu, misal harga produk yang kamu jual adalah 100.000, maka kamu tambahkan menjadi 110.000. Jadi setiap produk harganya sudah dinaikkan 10.000 tapi kamu memberikan sesuatu yang GRATIS kepada pelanggan. Hal ini sangat efektif untuk menarik minat dan hati pelanggan untuk datang kembali ke toko kamu.

3# Adakan Lomba

Untuk membuat lomba, saya sarankan tidak terlalu sulit. Jika kita membuat lomba yang terlalu sulit, biasanya orang akan “Malas” mengikutinya. Akibatnya lomba yang dibuat tidak efektif.

Salah satu lomba yang paling efektif adalah dengan cara membuat review atau share sebanyak-banyaknya di sosial media. Alasannya pembeli tidak mau terlalu repot untuk mengerjakan lomba tersebut.

strategi promosi produk pertandingan

Ilustrasi

Selain itu, ada juga lomba yang paling sederhana yaitu membuat foto untuk produk yang Anda tawarkan. Misal kamu menawarkan produk sepatu. Lalu untuk lombanya, kamu dapat membuat “Foto Bergaya Menggunakan Sepatu” Tersebut.

4# Mendaftar dapat Voucher

Coba kamu perhatikan, saat ini sangat “MARAK” sekali promo dengan model “Mendaftar dapat voucher belanja” apakah kamu pernah melihat hal semacam ini? Perhatikan pada toko online ternama seperti blibli, lazada dan yang lainnya.

strategi promosi mendaftar

Ilustrasi

Tujuan strategi promosi seperti ini biasanya untuk mendapatkan kontad dari pengguna. Jika sudah mendapatkan kontak pengguna tersebut, maka pihak toko online akan dengan mudah memberikan penawaran kapanpun mereka mau. Dan uniknya penawaran itu langsung masuk ke email (sangat privasi bukan?).

5# Lakukan promosi offline

Memang saat ini booming bisnis online. Tapi jangan salah bahwa peranan offline juga sangat penting. Ada baiknya sesekali kamu melakukan bazar dan mempromosikan juga secara offline.

strategi promosi produk baazar

Ilustrasi

Bagaimanapun, dengan membuat promosi offline, maka banyak orang akan lebih percaya bahwa Anda adalah penjual yang terpercaya. Artinya tidak menipu.

Tidak dipungkiri bahwa peranan dunia online sudah sanagt begitu kuatnya dalam kehidupan manusia setiap hari. Tapi kita tidak bisa menampik, bahwa perlu kepercayaan yang tinggi dari masyarakat (calon konsumen) untuk mendapatkan lebih banyak keyakinan.

Baca: 7 Pilar penting dalam memulai bisnis online

Jika masyarakat sudah percaya, maka kita dengan mudah mengalihkan mereka kepada dunia online. Kemudian jangan lupa untuk menhimbau mereka agar memberikan TESTIMONI di website atau toko online Anda. Dengan begitu semakin kuatlah keyakinan orang utnuk berbelanja di toko mu.

Jika kelima strategi tersebut kamu terapkan, saya menjamin usaha yang kamu bangun baik secara online ataupun offline akan semakin berkembang pesat. Ingat baik-baik, bahwa Amazon dan Ebay serta Alibaba adalah toko online terbesar di dunia. Tapi mereka juga memiliki toko offline. Sukses untuk bisnis Anda

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda