5 Usaha Kecil yang Menguntungkan Tahun Depan (PROSPEK)

usaha kecil yang menguntungkan tahun depan

Memulai sebuah usaha adalah tantangan bagi orang Indoensia. Apalagi bagi mereka yang sudah lama bekerja di kantor, bahkan sampai puluhan tahun. Hal ini tentu tidak mudah karena ada Mindset yang salah dalam diri setiap karyawan Indonesia. Saya berani mengatakan ini adalah Mindset yang salah dikarenakan bagi anda yang lulusan kuliah atau Sarjana, seharusnya anda adalah pelopor pembuat usaha. Bukan menjadi orang-orang yang bekerja pada usaha atau perusahaan orang. Mengapa bisa demikian?

Alasan utamanya adalah yang saya sebut tadi dengan Mindset yang salah. Salah di sini saya maksudkan adalah bahwa kita yang lulusan perguruan tinggi atau yang selanjutnya akan saya katakan Sarjana, seharusnya dicetak atau dididik menjadi pengusaha. Okelah, kalau diawal karir kita setelah kita kuliah maka kita membutuhkan modal dan pergaulan serta pembelajaran di dunia kerja dan usaha. Tapi setelah itu, seharusnya kita semua mulai memikirkan usaha kita dan mengembangkanya agar bisa mempekerjakan orang lain. Tapi kenyataanya tidak demikian.

Kebanyakan oran-orang yang saya sebut dengan Mindset salah ini begitu “nyaman” dengan cara digaji. Apalagi jika mereka sudah menempati posisi tertentu dengan gaji tertentu dan fasilitas yang mewah yang diberikan oleh kantor dimana mereka bekerja. Sehingga untuk memulai sebuah usaha atau bahkan usaha kecil yang menguntungkan sekalipun, mereka akan berfikir seribu kali.

Biasanya ada beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa orang-orang sampai memiliki Mindset yang salah tentang dunia usaha sehingga mereka sulit untuk memulai usaha yaitu :

  1. Takut kerugian
  2. Pernah rugi
  3. pernah ditipu
  4. Menganggap membuka usaha itu sulit dan menyita waktu tapi belum tentu menguntungkan
  5. Memiliki hutang
  6. Terlalu capek
  7. Gengsi
  8. Idealis
  9. Sombong dengan posisi dan jabatanya
  10. Arahan orang tua
  11. Jaminan income tiap bulan
  12. dan masih banyak yang lainya, silahkan kamu tanya pada dirimu sendiri

semua alasan tersebut di atas, membuat orang-orang yang ingin memulai usaha akan CIUT nyalinya dan tidak akan pernah memulai usaha. Bahkan mereka akan cenderung mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya karen takut uangnya akan habis. Padahal mengumpulkan uang dalam tabungan adalah hal yang salah.

Alasan klasik adalah uang

Kamu PASTI sering mendengar orang mengatakan “Tidak ada modal” atau “Tidak punya uang”, atau yang sejenis dengan hal tersebut. Padahal kita juga sering mendengar dari para pakar dan motivator bisnis bahwa yang paling utama dalam bisnis itu bukan uang. Jadi, untuk kamu yang sekarang menjadi karyawan atau pekerja di sebuah perusahaan, apalagi yang memiliki gaji diatas Rp 5.000.000,- sebenarnya anda hanya mencari-cari alasan saja kalau anda menyebutkan kamu tidak punya modal. Intinya kamu sebenarnya takut. Nah, sebenarnya kunci memulai usaha itu adalah menghilangkan rasa takut tersebut.

Jika kamu mampu menghilangkan rasa takut itu, maka semua usaha bisa kamu lakukan. Aapalagi hanya sekedar usaha kecil yang menguntungkan pula, tentu bukan masalah seharusnya. Itulah sebabnya saya akan memberikan contoh-contoh peluang usaha kecil yang menguntungkan. Jadi mulai hari ini, kamu HARUS membuang rasa takut tersebut jauh-jauh dari pikiran anda. Bagaimana caranya? TENTU dengan mencari informasi yang benar-benar bisa dipercaya untuk memulai usaha yang akan kamu jalankan.

Saya mulai dari mana

Ada banyak orang mengeluarkan alasan modal. Tapi banyak juga yang mengeluarkan alasan “saya harus memulainya darimana?”. Memulai sebuah usaha tidak harus selalu sama antara anda dan orang lain. Misal kamu ingin menjual bubur ayam, mungkin kamu akan menyediakan gerobaknya terlebih dahulu. Tapi bagi orang lain ternyata mereka menyediakan perlengkapan masaknya dulu dan tempat mereka berdagang. Tentu tidak sama. lalu kamu harus mulai dari mana?

Saran saya : kamu memulai usaha yang akan kamu bangun dari apa yang paling mudah kamu lakukan. Misalnya membuat perlengkapan, atau mungkin mengurus ijin bahkan bisa saja mencari suplier terlebih dahulu. Hal ini tidak bisa dibakukan. Lakukan apa yang paling mudah kamu lakukan.

Selain itu, kamu juga bisa memulainya dari Hunting atau mencari-cari prospek usaha kecil yang menguntungkan apa yang bisa kamu kerjakan. Berikut adalah 10 usaha kecil yang menguntungkan untuk tahun depan :

Pertama : Bisnis travel

Saya menjadikan ini yang pertama, karena sampai kapanpun menurut saya bisnis travel tidak akan mati. Kalau dia sampai mati, itu artinya penerbangan tidak akan ada. Mengapa bisa demikian?

Berikut alasanya : Mulai tahun depan (2016) perdagangan bebas untuk Asia akan dimulai. Setelah itu, pada akhirnya perdagangan bebas Dunia juga akan dimulai (belum tahu kapan). Itu artinya orang akan menginginkan perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain dengan sangat cepat. Lalu apa alat transportasi yang mendukung hal tersebut? TENTU saja pesawat. Dan penjualan tiket adalah peluang yang sangat menguntungkan.

Baca : Bisnis travel hannya menggunakan Blackberry

Jadi bagi kamu yang sampai hari ini masih berfikr memulai usaha, ini adalah peluang yang sangat bagus. Alasan berikut adalah, kamu bisa mengerjakan usaha ini tanpa harus memiliki tempat sendiri. Cukup bermodalkan Smartphone atau tablet atau Blacberry, bisa juga laptop dan jaringan internet, maka kamu sudah bisa mengerjakan usaha travel ini. Sangat sederhana bukan?

Kedua : Jualan buku import

Kamu mungkin belum pernah memikirkan hal ini, tapi ini akan menjadi sangat prospek ditahun yang akan datang. Seiring dengan berjalannya waktu, maka jual beli dari seluruh negara akan sangat mudah. Dan kita tahu bahwa buku-buku dari luar negeri adalah sangat berkualitas. Ini jadi peluang yang menggiurkan. Dengan modal kurang dari 5 juta saja, kamu sudah bisa memulai usaha ini looh..

Ketiga : Bisnis makanan ringan import

Kita tahu bahwa orang Indoensia memiliki sifat konsumtif yang sangat tinggi serta selalu ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Kamu bisa menjual makanan-makanan ringan import di Indonesia. Gunakan sosial media sebagai media promosi mu. Untuk makanan ringannya, kamu bisa mencarinya dari Internet lalu mengadakan pemesanan. Nanti barangnya akan dikirimkan kepada pelanggan mu. Lakukan usaha kecil ini dengan cara Dropshipping.

Baca : Apa benar ada bisnis online gratis tanpa modal??

Keempat : Jualan baju bekas

Kamu bisa melihat bahwa “Top Three” penjualan toko-toko onlin terbesar di Indoensia adalah barang Fashion atau baju-baju. Perlu juga sobat ketahui bahwa model baju dari Korea adalah salah satu pilihan terfavorit orang Indoensia. Jadi kamu cari baju yang diproduksi Korea.

Kelima : Bisnis barang unik

Ada saja orang-orang yang ingin mengkoleksi barang-barang unik looh. Mereka mau membayar tinggi atas hobi mereka mengkoleksi barang-barang unik.

Kamu bisa mencarinya dari Google dengan kata kunci “barang unik” atau “barang langka” bisa juga “barang-barang koleksi”. Nanti kalau ada yang menjualnya, kamu kumpulkan lalu kamu jual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Ini menjadi usaha yang baik juga. Modal 5 juta saya pikir cukup, termasuk untuk membuat website nya sebesar 300 ribu.

Keenam : Les privat

Sampai kapanpun yang namanya pendidikan tidak akan berakhir. Kecuali kalau sekolah dan pendidikan itu dilarang. Tapi hal tersebut tidak akan pernah terjadi.

Les privat tentu menjadi pilihan terbaik. Kamu cukup hanya bermodalkan buku pegangan saja, maka kamu sudah bisa mengajar dan mendapatkan uang. Untuk les privat di Jakarta kisaran harga perlesnya adalah Rp 300.000 untuk siswa SMA. Untuk Sd dan SMP, kamu bisa negosiasi langsung dengan orang tua siswanya.

Ketujuh : Bisnis minuman

Terlihat sederhana, tapi ternyata omset dan keuntungan dari bisnis minuman sangat luar biasa. Apalagi kalau kamu tinggal di kota-kota yang air tanahnya tidak terlalu baik, maka bisa dipastikan penjualan air bersih atau air mineral akan sangat tinggi. Apalagi untuk minuman yang mana Minum adalah satu kebutuhan UTAMA manusia. Bisnis minuman bisa bermodalkan 4 juta hingga 5 juta saja. Jadi saya rasa dengan modal segitu tidak terlalu besarlah.

Kedelapan : Bisnis online

Saya mengatakanya bisnis online saja, karena cabang dan tekniknya begitu banyak. Intinya dari bisnis online adalah, media yang kita pakai adalah Internet. Dengan demikian toko yang kita miliki akan online atau tetap buka dan bisa dikunjungi orang sam berapapun mereka mengunjungi toko online kita. Untuk modal bisnis online biasanya hanya pembuatan website sekitar 300 ribu saja.

Kesembilan : Jualan Kaos Distro

Bagi kamu yang masih muda dan berjiwa seni tinggi, ini adalah salah satu bisnis yang bisa kamu lirik. Orang muda biasanya suka dengan fashion. Kalau yang cowok biasnaya suka dengan kaos Distro. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, tapi desainya bagus-bagus. Untuk modal awalnya 3 juta juga sudah cukup. Kalau kamu punya uang 5 juta, tentu akan lebih banyak pilihan.

Kesepuluh : Bisnis Jasa Online

Kalau kamu mengerti membuat website atau jasa SEO atau mungkin yang berkaitan dengan Online, kamu bisa menjual jasa mu kepada orang. Beberapa website penyedia layanan seperti ini adalah Sribulancer dan projects.co.id Beberapa teknik mendapatkan perkerjaan secara online bisa kamu dapatkan juga di artikel sebelumnya tentang 5 Teknik mendapatkan kerja dari Sribulancer.

Kesimpulanya adalah usaha kecil yang menguntungkan akan bisa berhasil kalau kita mau melakukan dan memperjuangkannya. Oleh karena itu, kamu bisa memulainya dari beberapa contoh peluang usaha di atas. Karena dari sisi modal, peluang usaha kecil yang menguntungkan di atas tidaklah dalam kategori modal besar. Oke yah teman, sukses dengan usaha yang kamu bangun mulai hari ini dan jadilah Pengusaha dari sekarang.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda