6 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Anda

Di era digital ini sosial media telah menduduki posisi yang penting dalam dunia pemasaran. Tak hanya sebagai media untuk berbagi informasi saja, sosial media kini juga sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis. Banyak pelaku bisnis telah menemukan strategi yang tepat sehingga media sosial dapat berperan memberi kemudahan dalam aktivitas bisnis yang dijalankan.

Apa saja manfaat sosial media untuk aktivitas bisnis Anda? Berikut ini ulasannya:

1 # Menggali Banyak Hal tentang Pelanggan Anda

Dapat memahami dan mengenal pelanggan Anda secara lebih dekat ialah kunci keberhasilan kegiatan bisnis. Sosial media merupakan solusi tepat untuk membantu mengenal konsumen Anda secara lebih dekat. Berbagai sosial media dapat mendukung usaha Anda untuk memperoleh data tentang konsumen Anda.

Siapa saja target konsumen Anda? Usia, jenis kelamin, kondisi demografis dan minat konsumen Anda dapat diperoleh melalui sosial media.  Dengan target konsumen yang tepat tentunya akan mendorong proses promosi dan branding tepat sasaran bukan? Melalui target konsumen yang tepat diharapkan keuntungan yang Anda peroleh juga menjadi berlipat.

2 # Membantu Memperluas Target Pasar Anda

Para pelaku bisnis khususnya UKM-UKM menggunakan sosial media untuk menjangkau konsumen yang potensial. Jika Anda ingin menjangkau konsumen yang lokasinya berada di dekat Anda, pencarian tersebut dapat Anda lakukan dengan instagram. Dengan fitur location Anda akan dengan mudah menemukan calon konsumen yang berada dekat dengan lokasi bisnis Anda berada.

Anda juga dapat menggunakan #hashtags yang berhubungan dengan bisnis Anda. Foolow/comment/like calon konsumen Anda agar mereka semakin mengenal brand/produk Anda. Kapanpun dan dimanapun Anda berada, sosial media akan selalu menemani dan mendukung kegiatan promosi yang Anda jalankan.

3 # Pencarian Target Konsumen Lebih Efektif

Facebook dan Twitter merupakan sosial media yang mampu menyajikan informasi yang tepat bagi konsumen. Anda dapat mengirimkan pesan ke target konsumen Anda sesuai dengan lokasi mereka berada secara spesifik.

Contohnya jika Anda menjalankan bisnis travel wisata dan akan melakukan promosi melalui instagram. Anda dapat memposting foto lokasi wisata yang Anda pasarkan dengan menyertakan # hastag di instagram Anda. Hal tersebut bertujuan agar audiens instagram Anda yang ingin berkunjung ke lokasi wisata tersebut dapat tertarik sehingga peluang mereka  menjadi konsumen Anda juga cukup besar.

4 # Memenangkan Persaingan dengan Kompetitor

Sosial media dapat membantu mendapatkan berbagai informasi tentang kompetitor Anda. Informasi-informasi tersebut penting untuk Anda gunakan dalam meningkatkan omset penjualan Anda. Dengan strategi ini, Anda bisa mengetahui berbagai teknik yang digunakan kompetitor untuk mempromosikan produknya.

Melalui sosial media, kelebihan dan kekurangan kompetitor juga dapat Anda temukan. Caranya ialah dengan memperhatikan kompetitor Anda meliputi siapa saja followernya dan apa saja yang sering mereka posting. Dengan bekal informasi-informasi tersebut Anda dapat merencakan dan mengembangkan konten yang sesuai dengan target audiens Anda.

5 # Membantu Konsumen dalam Memberikan Feedback padaBisnis Anda Secara Langsung

Feedback dari konsumen dapat Anda terima dengan cepat melalui aplikasi sosial media. Feedback positif maupun negatif dari konsumen adalah informasi yang sangat penting untuk Anda. Contohnya, jika Anda mempromosikan produk baru melalui sosial media secara langsung Anda akan bisa mengetahu bebagai pendapat kounsumen lewat kolom komentar.

Misalnya melalui halaman Fanpage pada Facebook. Di halaman tersebut konsumen dapat secara langsung memberikan kritik/ pertanyaan/ saran tentang produk/layanan Anda. Respon konsumen terhadap produk Anda berperan penting dalam peningkatan kualitas bisnis yang Anda jalankan.

6 # Membantu Meningkatkan Pengunjung Website

Bagi bisnis Anda, peran sosial media sangat besar dalam upaya meningkatkan pengunjung website. Jumlah pengunjung website yang semakin meningkat  akan memberikan peluang yang besar bagi produk Anda sehingga laris manis dipasaran.

Jika postingan promosi produk Anda di share di sosial media, hal tersebut akan berdampak positif terhadap rangking website di halaman google. Konten yang dinilai menarik akan memperoleh banyak traffick.  Inilah dampak positif sosial media terhadap SEO.

Demikianlah ulasan mengenai 6 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis Anda. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda