6 Tips Memilih Jenis Waralaba yang Menguntungkan

Ilustrasi- 6 Tips Memilih Jenis Waralaba yang Menguntungkan

Ilustrasi- 6 Tips Memilih Jenis Waralaba yang Menguntungkan

Dalam berbisnis kita akan membutuhkan waktu, tenaga dan modal. Tentunya kita berharap memperoleh keuntungan dengan bisnis yang dijalankan. Salah satu jenis bisnis yang mudah dijalankan dan memberi banyak keuntungan adalah waralaba. Memiliki potensi yang menjanjikan, waralaba akan mendatangkan keuntungan yang besar jika dijalankan dengan sungguh-sungguh. Banyak jenis waralaba yang direkomendasikan untuk Anda. Namun, kejelian dalam memilih jenis waralaba akan mempengaruhi kesuksesan Anda dalam menjalankan bisnis ini.

Bisnis waralaba berdampak positif di Indonesia karena mampu menyerap lebih dari 80 persen tenaga kerja, www.goukm.id melansir adanya 698 waralaba dengan jumlah gerai hingga 24.400 yang terdiri dari 37 % business opportunity local dan 63% waralaba di Indonesia. Untuk industri waralaba, tenaga kerja yang dapat diserap mencapai 150  ribu tenaga kerja dan omzet yang dapat dicapai senilai Rp 172 triliun.

Ini adalah peluang yang terbuka bagi Anda untuk meraih kesuksesan. Pemerintah telah memfasilitasi sekitar 600 pelaku usaha waralaba yang berpotensi untuk diwaralabakan berupa penyediaan stan pameran baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal tersebut diupayakan pemerintah agar para pelaku waralaba semakin giat dan bersemangat menjalankan usahanya.

Baca Juga: 5 Strategi Memilih Bisnis Waralaba atau Frenchise

Tips Memilih Usaha Waralaba untuk Pemula

Bagi Anda yang berminat menjalankan usaha waralaba, berikut ini kami sajikan beberapa tips-tips yang dapat Anda lakukan sebelum memulai usaha waralaba.

1# Sesuaikan Jenis Waralaba yang Dipilih dengan Minat Anda

Sebaiknya pilihlah jenis waralaba yang sesuai dengan minat/ passion Anda. Dengan menjalankan waralaba sesuai minat Anda akan membuat Anda semakin bersemangat dalam bekerja. Usaha yang Anda jalankan tersebut juga akan lebih cepat maju dan berkembang.

Anda dapat memilih berbagai jenis waralaba sesuai minat Anda. Ada bidang kecantikan (salon), kuliner, olahraga (finess), pendidikan (bimbel), entertainment, jasa (pengiriman), otomotif (bengkel), laundry, biro perjalanan (travel), kesehatan, fashion, minimarket, dan lain-lain.

2# Sesuaikan Waralaba dengan Budget Anda

Budget yang dikeluarkan untuk membuka usaha waralaba akan lebih banyak jika dibandingkan dengan membuka usaha sendiri. Oleh karena usaha waralaba adalah usaha yang sudah sukses dijalankan, nantinya kita hanya akan meneruskan saja tanpa harus mempromosikan. Ini akan memberi kemudahan bagi Anda dalam menjalankannya. Tanpa perlu Anda promosikan banyak orang sudah tahu akan produk waralaba yang Anda jual.

Walaupun membutuhkan budget dalam jumlah yang besar, Anda tak perlu khawatir. Usaha waralaba akan cepat meraup keuntungan karena Anda akan cepat balik modal. Namun, tetaplah jeli dalam mengatur budget Anda. Sebaiknya hitunglah secara rinci budget yang akan Anda keluarkan. Pastikan pula bahwa Anda telah memiliki dana cadangan untuk 12 bulan ke depan.   Tentunya Anda harus menyiapkan dana untuk kebutuhan sehari-hari bukan?

Ilustrasi - Jenis Waralaba Es Krim

Ilustrasi – Jenis Waralaba Es Krim

3# Usaha Waralaba yang Mudah Dijalankan adalah Pilihan yang Tepat

Bagi pemula yang sedang memulai bisnis, jenis waralaba yang mudah dijalankan adalah pilihan yang tepat. Anda tidak akan mengalami kesulitan dan kerepotan dalam menjalankannya. Misalnya, Anda bisa memilih jenis bisnis minuman segar yang cukup disajikan dengan gelas plastik.

Anda juga bisa menjalankan waralaba es krim. Prosesnya sangat mudah, cukup dengan menungkan es krim dari freezer ke gelas es krim, Anda sudah dapat menyajikannya pada pelanggan setia Anda.

4# Pertimbangkan Jenis Waralaba yang Banyak Dicari Konsumen

Walaupun bisnis waralaba biasanya menjual produk yang sudah terkenal, Anda tetap harus memperhatikan bagaimana strategi promosinya. Jenis waralaba yang paling banyak dicari konsumen adalah makanan. Sebaiknya Anda membuka usaha kuliner karena keuntungan yang diperoleh lebih besar dibanding dengan jenis waralaba lainnya.

5# Kenali Secara Mendalam Waralaba yang Akan Menjadi Mitra Anda

Sebelum Anda memutuskan menjalin kerjasama dengan sebuah waralaba sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu calon mitra Anda tersebut. Kumpulkan banyak informasi mengenai calon mitra Anda. Latar belakang usaha tersebut didirikan, sudah berapa lama usaha tersebut, jumlah mitra kerja dan bagaimana sistem kerja sama yang ditawarkan.

Pilihlah waralaba yang sudah memiliki ratusan cabang dan berdiri lebih dari 4 tahun. Hal tersebut menjadikan waralaba tersebut terpercaya di mata publik karena lamanya usaha tersebut telah bertahan.

6# Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis akan mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis waralaba. Lokasi yang dekat dengan jalan raya seperti sekitar halte, stasiun, sekolah dan perkantoran sangat mudah dijangkau khalayak. Banyak orang dengan mudah akan menjangkau lokasi usaha Anda. Ada baiknya Anda memilih tempat yang tidak jauh dari rumah Anda sehingga dapat menghemat budget transportasi.

Demikianlah ulasan mengenai 6 tips memilih jenis waralaba yang menguntungkan. Semoga bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda