6 Tips Penting Memulai Marketing Via Instagram

Ilustrasi-6 Tips Penting Memulai Marketing Via Instagram

Ilustrasi-6 Tips Penting Memulai Marketing Via Instagram

Di era digital saat ini, masyarakat sangat mudah terpengaruh oleh reaksi yang timbul dari media sosial, entah dari iklan merek maupun ulasan pelanggan. Produk yang mampu menarik perhatian atau menjadi bahan pembicaraan harus berada pula di tengah tengah komunitas media sosial. Salah satunya adalah Instagram.

Instagram merupakan surga untuk berbisnis. Memiliki lebih dari 500 juta pengguna dengan 300 juta aktif setiap harinya, 3.5 milyar foto di-like setiap harinya, dan lebih dari 5 juta bisnis di seluruh dunia yang mengisahkan cerita brand mereka di tengah tengah penemuan visual ini. Dan yang terpenting, posting-an di Instagram menghasilkan rata rata keterlibatan sebesar 4.21% per follower. Ini 58 kali lebih besar dari Facebook, dan 120 kali dari Twiter.

Itu adalah angka yang sungguh besar. Siapapun pelanggan Anda, berapapun umurnya, apapun jenis kelamin, dan pekerjaaannya, anda pasti dapat menjangkaunya melalui Instagram. Namun dengan Instagram anda diharuskan selalu memikirkan kekuatan media visual dalam menyampaikan atau membuat kisah seputar brand produk anda.

Baca Juga: 5  Teknik Menjual dari Internet untuk Bisnis Online Indonesia

Marketing via Instagram sebaiknya lebih dari sekedar hanya mem-posting foto atau membagi bagi gambar dan kemudian menunggu hasilnya, karena marketing via Instagram dituntut menjadi lebih taktis, ada persiapan matang dalam setiap postingnya, ada strategi yang disusun sehingga follower melihat dan merasakan identitas brand yang kuat dalam setiap kreatifitas visualnya. Serta tidak kalah penting juga, dibutuhkan managemen komunitas yang efektif untuk mengoptimalkan dampak yang akan terjadi.

Berikut beberapa tips penting bagaimana memulai marketing melalui Instagram :

1# Terhubung dengan Komunitas yang Tepat

untuk menaikkan reputasi dan keberadaan brand anda, koneksi adalah penting. Dan akan sangat terbantu jika anda terhubung dengan pihak pihak lain di bidang industri yang sama seperti yang sedang anda kembangkan sekarang. Keuntungan bisa anda dapatkan saat mulai menelusuri siapa yang mereka ikuti, apa yang mereka posting, apa yang begitu menarik buat mereka. Proses ini akan terus berlanjut sehingga anda bisa memutuskan apa yang terbaik bagi brand anda agar lebih kompetitif.

2# Nyatakan Pengaruh Brand

Adalah suatu ide yang baik untuk menyatakan pengaruh dari dunia industri atau juga pengaruh dari figur yang memberikan dampak besar pada brand anda. tapi perlu pemilihan waktu yang tepat dan alasan yang tepat saat mem-posting-nya. Sebagai contoh, perusahaan skala internasional mendatangi brand anda untuk menjalin kerjasama, ucapkan terimakasih melalui posting Instagram. sehingga hal ini akan meningkatkan kebanggaan dari follower terhadap brand anda dan perusahaan tersebut.

3# Gunakan Hashtag yang Tepat

Hashtag identik dengan waktu kampanye marketing brand anda di Instagram. Tentu saja menggunakan trending hashtag adalah wajib hukumnya, tapi anda juga harus mempunyai hashtag spesifik untuk brand anda. Untuk Instagram, anda harus menyertakan hashtag dalam tiap posting, dalam deskripsi brand dan dalam respon terhadap komentar.

4# Jaga Tetap  Berada pada Niche Anda

Terlalu sering berada di luar topik akan membingungkan pengikut anda dan bahkan bisa berakibat fatal, lepas dari Instagram anda. Usahakan sekurang kurangnya 98% posting masih berada dalam lingkup niche. Walau baik juga sesekali ada posting yang menghibur.

5# Kenali Follower/Audience Anda

Luangkan waktu untuk mendekati follower anda, jelajahi apa yang membuat mereka tertarik, ketahui tipe posting brand anda yang direspon dan apa yang membuat mereka tergerak untuk terlibat. Buat catatan kemudian posting beberapa hal yang bisa sejalan dengan kelompok tertentu agar nantinya bisa menambah follower. Semakin kuat jalin hubungan anda melalui posting tersebut dengan mereka, maka akan semakin baik pula reputasi online brand anda.

6# Gunakan Tautan yang Sudah Disingkat

Link yang panjang sering masih dianggap sebagai link berbahaya atau link spam. Oleh sebab itu gunakanlah link yang telah diperpendek, dengan disertai kata kunci tentunya, sehingga dapat terlihat lebih bersih dan rapi tanpa simbol simbol asing.

Bisa dikatakan, tak ada jalan lain yang lebih baik dalam mendorong marketing usaha anda dibanding aktif di Instagram. Aplikasi ini akan terus berkembang, memang terkesan sangat personal tapi berpotensi besar bagi kacamata bisnis. pun sebagai alat yang tepat mengembangkan organisasi, mempererat hubungan dan meningkatkan eksistensi. Eksplorasi setiap tips dan saran di atas, pastikan pilih yang terbaik untuk Anda dan usaha Anda. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda