6 Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

Usaha Sampingan untuk Karyawan – Ilustrasi

Kebutuhan hidup yang terus meningkat mendorong kita untuk terus berusaha meningkatkan pendapatan. Tidak hanya mengandalkan gaji saja, usaha sampinganpun dapat menambah pundi-pundi rupiah Anda.  Namun demikian tak jarang kita mengeluh tentang  jumlah modal yang harus dipersiapkan.

Tak perlu khawatir, usaha sampingan dapat Anda awali dengan modal kecil. Apa saja ide-ide usaha sampingan tersebut? Berikut ini ulasan 6 usaha sampingan dengan modal kecil untuk karyawan:

#1 Jual Pulsa Elektrik

Saat ini jumlah pengguna telepon seluler terus meningkat. Hal tersebut mempengaruhi kebutuhan masyarakat akan pembelian pulsa. Tentunya peluang ini tidak akan Anda sia-siakan bukan? Sebaiknya pilihlah jenis pulsa elektrik untuk memulai usaha ini. Pulsa elektrik dapat diaktifkan melalui telepon seluler. Hal ini sangat praktis dan tidak merepotkan bagi Anda.

Modal yang perlu dipersiapkan pun tidak banyak. Dengan modal Rp 1.000.000 – Rp 3.000.000, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Teman sekantor maupun tetangga Anda merupakan prospek calon pelanggan Anda.

#2 Jasa laundry

Saat ini hidup serba praktis menjadi gaya hidup banyak orang. Begitupula untuk urusan menyetrika dan mencuci baju. Ini adalah peluang usaha bagi Anda bukan?  Jasa laundry dapat menjadi salah satu pilihan usaha sampingan Anda. Langkah awal yang sebaiknya Anda lakukan adalah menentukan segmen pasar.

Segmen pasar mahasiswa dapat menjadi sasaran Anda memulai usaha ini. Mahasiswa merupakan segmen pasar terbesar di bidang jasa ini. Keuntungan yang dapat Anda peroleh sebesar 15% – 25% (perkiraan tarif  laundry Rp 5.000 s/d Rp 8.000 per kilogram).

#3 Jual Makanan untuk Sarapan

Saat ini banyak karyawan yang sering mengalami kerepotan dalam menyediakan sendiri sarapannya. Anda dapat menjual jasa Anda dengan menjual makanan untuk sarapan. Anda bisa mempersiapkan dan membawa makanan tersebut  pagi hari saat Anda berangkat ke kantor. Menu yang beragam memiliki daya tarik tersendiri bagi calon konsumen Anda. Gorengan, nasi kuning, nasi uduk dan nasi oseng adalah contoh menu yang dapat Anda olah dan jual pada teman-teman sekantor Anda.

Modal yang perlu Anda persiapkan tidak banyak sekitar Rp 3.000.000 per bulan. 70% dari modal tersebut dapat Anda gunakan untuk membeli bahan baku seperti tahu, tempe, sayuran, telur dan ayam. Peluang keuntungan Anda ialah 1.500.0000 per bulan.

    #4 Membuat Blog

Kegiatan berselancar di dunia maya menjadi gaya hidup saat ini. Dunia internet memberikan banyak peluang usaha yang menjanjikan bagi setiap orang. Salah satu peluang usaha tersebut ialah  dengan membuat blog. Kunci keberhasilan blog mampu menghasilkan banyak uang ialah dengan postingan yang baik dan berkualitas.

Sesuaikan topik yang Anda pilih dengan keahlian yang Anda miliki. Misalnya, saat ini Anda bekerja di toko kecantikan, pilihlah topik sesuai bidang yang Anda yaitu kecantikan. Atau jika Anda memahami dunia pertanian, mulailah membuat blog dengan postingan artikel mengenai dunia pertanian.

Dengan menulis bidang yang Anda kuasai, tentunya Anda memahami apa yang akan Anda tulis bukan? Anda dapat memulai usaha ini tanpa modal alias gratis. Dengan platform blog gratisan Blogspot.com Anda sudah bisa memulainya.

    #5 Jasa Cuci Motor

Banyaknya pemilik motor di sekitar lingkungan rumah Anda merupakan peluang usaha yang dapat Anda pertimbangkan. Membuka jasa cuci motor adalah peluang usaha yang cukup menjanjikan. Peralatan yang diperlukan sangat sederhana. Anda hanya perlu mempersiapkan kain lap, kompresor, pompa air, peralan semir ban motor dan shampoo motor.

Bagaimana dengan modal yang dibutuhkan? Anda cukup menyediakan modal sekitar Rp 2.000.000 saja. Tentunya modal tersebut merupakan estimasi biaya untuk jenis usaha skala usaha kecil. Alokasinya ialah 1 juta untuk membeli perlengkapan dan 1 juta untuk biaya operasional dan gaji pegawai.

       #6 Jasa Les Privat

Jika Anda memiliki ketrampilan bermusik, berbahasa maupun menguasai berbagai mata pelajaran, ketrampilan tersebut dapat Anda manfaatkan untuk usaha sampingan Anda. Mendirikan jasa les privat adalah peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Biaya yang perlu dipersiapkan untuk mendirikan les privat sederhana adalah sekitar 1,5 juta dengan asumsi tanpa sewa tempat. Modal tersebut dipergunakan untuk membeli meja, kursi, papan tulis, penghapus, spidol, air mineral dan penghapus.

Modal kecil sebaiknya bukan menjadi penghalang bagi Anda dalam memiliki usaha sampingan. Pilihlah salah satu dari 6 ide usaha sampingan diatas yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Selanjutnya, buatlah rancangan bisnisnya dan jalankan usaha sampingan tersebut tanpa mengganggu produktivitas atau aktivitas kerja Anda sebagai karyawan.

 

 

 

About The Author

Reply

Pesan Anda