7 Cara Menghadapai Masalah Menurut Orang Sukses

cara-menghadapi-masalah-baru

Siapapun manusia di muka bumi ini PASTI punya masalah. Jika ada yang mengatakan dirinya tidak punya masalah, berarti perlu dipertanyakan apakah dia orang mati atau justru dia memang salah berfikir. Selama manusia masih hidup, bisa dipastikan masalah tidak akan berakhir dari hidupnya.

Banyak dari kita mengatakan, kalau orang kaya tidak punya masalah. Ternyata itu salah besar. Banyak orang kaya yang sudah kami temui, JUSTRU semakin banyak keluhannya. Mulai dari keluhan mengenai masalah keluarga, teman, rekan bisnis, hutang dan masih banyak lagi.

Mungkin mereka yang sudah kaya dari sisi finansial, tidak terlalu bermasalah dalam hal keuangan, tapi ternyata mereka bermasakah dalam hal lain. Ini tidak bisa dipungkiri. Oleh karena itu, mari kita belajar, sebenarnya bagaimana cara menghadapi masalah yang ada didalam hidup kita.

7 Cara menghadapi masalah dalam kehidupan – catat dan ingat!

1. Minta pertolongan yang Maha Kuasa

Terlihat klise bukan? Ya… tentu saja. Tapi tahukah anda bahwa tidak ada satu masalahpun yang tidak bisa diselesaikan oleh Yang Maha Kuasa? TAPI justru kita sering sekali mengabaikan TUHAN dalam hidup kita. nah mulai dari hari ini, setelah anda membaca artikel singkat ini, yang pertama sekalai HARUS anda lakukan adalah meminta pertolongan kepada TUHAN Yang Maha Kuasa.

Mengapa saya membuatnya pada nomor 1? Tujuannya adalah agar kita mengutamakan TUHAN didalam setiap masalah-masalah yang kita hadapi, bukan orang lain. Dengan begitu, TUHAN juga akan terlibat dalam menuntaskan masalah yang kita hadapi. Ingat itu baik-baik.

2. Ketahui apa masalahnya

Sering sekali kita memiliki masalah dan fokusnya pada masalah itu. Bukan fokus pada apa penyebab masalah itu. Jika kita fokus pada masalahnya, maka biasanya kita akan lebih sulit untuk menuntaskan atau mencari solusi maslah tersebut.

Jika kita fokus pada masalah tersebut, itu sama seperti kita masuk ke dalam kotak, dan kotak itu (masalah) yang melingkupi kita. Oleh karena itu, keluarlah dari kotak tersebut, supaya anda dapat melihat masalah nya dan sumber maslahnya. Dengan beegitu, solusi terbaik akan bisa anda dapatkan.

3. Berpikir tenang

Hampir semua orang ketika memiliki masalah maka langsung panik. Itu lumrah dan biasa saja. Tapi efek dari kepanikan biasanya akan menimbulkan masalah baru. Oleh karenanya, jangan panik.

Ada satu contoh kasus, dimana seseorang mendengar anaknya terserempet kendaraan, lalu pingsan. Kemudian si orang tua ini mendapatkan kabar, dan langsung panik. Akhirnya saking paniknya, dia menaiki kendaraan dengan tidak tenang, lalu justru dia mendapatkan kecelakaan.

Baca: 8 Ciri seorang pemimpin

Bayangkan saking paniknya ibu ini, justru malah membahayakan dirinya sendiri. Oleh karena itu, usahakan tenan ketika ada masalah atau berita yang mengagetkan kita. Dengan berfikir tenang, kita akan dapat mencari solusi terbaik.

4. Cari solusi kreatif dan tidak biasa

Ingat, solusi tidak saklek. Artinya sebenarnya solusi bisa berbagai macam cara. Maslah itu bukan seperti matematika yang ketika ditanyakan berapakah 5 +5 maka hasilnya 10. Masalah selalu memiliki cara penyelesaian yang sangat beragam, sekalipun masalah itu sama.

Jadi solusi bisa saja berbeda-beda dan usahakan cari solusi kreatif dan tidak biasa. Tapi bukan berarti solusinya nyeleneh juga.

5. Berfikir bahwa setiap masalah ada solusinya (berfikir benar)

Selama masih di muka bumi ini, maka setiap masalah yang timbul pasti ada solusinya. Tidak ada masalah yang tidak ada solusinya. Bahkan Tsunami yang pernah terjadi di Aceh dan memporak-porandakan provinsi itu pada akhirnya memiliki solusi untuk diperbaiki dan menata kembali kehidupannya.

Lalu apa masalah anda?

Apakah masalah anda sudah melebihi Tsunami yang pernah melanda Aceh? Jika belum, berarti solusi untuk pekerjaan atau masalah anda sebenarnya PASTI ada. Tinggal cari saja akar permasalahannya, lalu ambil solusi terbaik.

Jangan katakan tidak ada solusi untuk masalah anda, ingat dan camkan di dalam pikiran anda bahwa solusi pasti ada untuk masalah yang sedang anda hadapi.

6. Jangan langsung putus asa

Biasanya rasa putus asa akan muncul ketika seseorang mendapatkan masalah lalu berfikir bahwa dia tidak memiliki solusi. Padahal itu hannya pikiran saja belum melakukan apapun. Kita biasanya sering seperti ini. Mengolah sebuah masalah di pikiran kita, tanpa memikirkan solusinya. Akibatnya muncullah putus asa.

Baca: Tips berpindah dari karyawan menjadi pengusaha

Untuk mengatasi rasa putus asa ini bisa dengan cara mengambil sedikit waktu untuk berfikir tenang, lalu istirahat, sambil santai. Setelah itu, mulailah berfikir pelan-pelan dan mulai mencari akar maslah anda. Dengan begitu akan mudah dan cepat anda menemukan solusi untuk maslah yang sedang anda hadapi.

7. Bicarakan dengan orang lain

Jangan pernah merasa bahwa anda sanggup mengatasi masalah anda sendiri. Mungkin itu memang bisa. Tapi alangkah baiknya anda juga menceritakan masalah yang sedang anda hadapi kepada orang lain yang bisa anda percaya. Apakah saudara, teman, sahabat dan lain-lain.

Sama seperti pekerjaan, bisa kita lakukan sendiri, tapi kalau kita melakukannya dengan orang lain akan lebih mudah dan lebih ringan, demikian pula masalah yang kita hadapi. Mungkin kita mentok dalam mencari solusinya, tapi dengan adanya orang lain, mungkin orang lain tersebut bisa memberikan masukan-masukan sehingga masalah anda lebih cepat teratasi.

Itulah 7 Cara Menghadapai Masalah Menurut Orang Sukses, dimana kita tahu bahwa orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal, bukan pula orang yang tidak memiliki masalah, tapi mereka sanggup mengatasi maslah mereka dan mengambil solusi-solusi terbaik dengan cara-cara diatas.

Apakah anda juga ingin sukses? maka lakukanlah cara-cara smart di atas, pasti setiap masalah anda akan ada jawabannya dan anda bisa menghadapinya. Sukses terus untuk anda.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda