7 Faktor Penting Dalam Optimasi SEO

Sudah rajin menulis artikel di blog namun mengapa belum muncul juga ya di mesin pencari? Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Tak hanya itu, terkadang kita juga harus berjuang berburu backlink agar bisa meraih page 1 di mesin pencari. Perlu solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Memahami bagaimana cara melakukan optimasi SEO on-page adalah langkah yang sebaiknya Anda lakukan.

SEO on-page adalah proses melakukan optimasi dari dalam website. Ada beberapa hal penting dalam melakukan SEO- on page yang perlu diperhatikan agar artikel website Anda bisa meraih page 1 di mesin pencari Google. Apa saja faktor penting dalam melakukan optimasi SEO? Berikut ini ulasannya:

1# Perhatikan Judul Artikel dan Judul Halaman

Merupakan kunci utama dari teknik optimasi SEO, halaman utama akan mempengaruhi pencampaian ranking artikel website di mesin pencari Google. Saat melakukan search di google, terdapat judul halaman dengan ukuran huruf besar berwarna biru. Hal tersebut berfungsi menekankan pentingnya judul halaman.

Bagi para pengguna WordPress, judul halaman bisa dibedakan dengan judul artikel. Dengan bantuan plugin WorPress SEO Anda bisa membedakan keduanya. Biasanya judul halaman ditulis sama dengan judul artikel. Tapi bagi pengguna WordPress, judul halaman dengan judul artikel bisa dibedakan dengan bantuan plugin WordPress SEO atau All-in-one SEO Pack.

2 # Pilihlah URL yang Sesuai dengan Keperluan SEO

Targetkan keyword yang kita pilih dapat muncul di URL. Perhatikan juga agar tidak terjadi kesalahan penulisan. URL dapat diformat dengan menu Settings > Permalink untuk para pengguna WordPress. URL juga dapat kita ubah secara manual dengan melakukan edit artikel. Pilihlah URL yang singkat untuk keperluan SEO.

3 # Meta Description

Terdiri dari beberapa kalimat yang muncul di bawah judul halaman pencarian Google, meta description berperan dalam menemukan keyword yang kita harapkan. Selain untuk optimasi SEO, meta description juga berfungsi melakukan pencarian artikel di mesin pencari. User Google akan membantu Anda membaca poin penting halaman website. Anda dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menulis meta description di halaman search Google.

4 # Lakukan Optimasi Konten

Hal yang tidak kalah penting dalam Optimasi SEO adalah kontennya. Konten merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi rangking website Anda di mesin pencari Google. Sebaiknya lakukan optimasi pada artikel secara alami. Melakukan optimasi secara berlebihan akan membuat artikel tidak nyaman untuk dibaca. Sering kita jumpai beberapa artikel dengan bahasa yang dipaksakan dan tidak baku. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh proses optimasi SEO yang terlalu banyak.

Artikel yang baik ialah artikel dengan konten yang original dan terdiri dari minimal 500 kata. Artikel yang pendek kurang disukai oleh Google. Selain itu, artikel yang Anda buat harus mengandung keyword yang ditarget.

5 # Sertakan Gambar dan Media yang Menarik

Posting gambar dan media yang menarik juga berpengaruh terhadap proses optimasi SEO website Anda. Gambar dan video yang menarik akan membuat website Anda tidak monoton. Tentunya website yang menarik akan mendorong banyak visitor untuk berkunjung ke website Anda.

Sebaiknya optimasi gambar tidak dilakukan secara berlebihan. Sama halnya pada artikel, gambar yang dioptimasi terus-menerus akan membuat tampilan website kurang menarik. Solusinya ialah berikan judul artikel Anda sesuai dengan gambarnya. Jelaskan secara singkat isi gambar yang Anda sertakan tersebut.

6 # Waktu Loading Website

Google sangat menyukai waktu loading website yang lebih singkat. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi waktu loading website:

  • Ukuran halaman:

Sebaiknya kurangi penggunaan gambar dengan kapasitas yang cukup besar. Pilihlah template website yang ringan untuk mempercepat loading website Anda.

  • Layanan hosting:

Gunakanlah layanan hosting yang berkualitas seperti WordPress, Blogspot dan Tumblr. Layanan hosting yang berkualitas akan mempengaruhi optimasi SEO website Anda.

  7  # Link Internal

Link internal berperan membantu membangun struktur website sehingga menjadi SEO-friendly. Merupakan tautan-tautan antara artikel satu dengan yang lain, Link Internal ialah tautan antar masing-masing artikel yang saling berhubungan dalam sebuah website. Contohnya saat mengulas topik artikel A kita bisa saja mengulas sedikit tentang artikel B. Dengan memberikan link dari artikel A menuju ke B, Anda sudah melakukan proses link internal yang berdampak positif bagi SEO website Anda.

Demikianlah 7 hal yang sangat penting dalam melakukan optimasi SEO Website Anda.  Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi Anda.

About The Author

Reply

Pesan Anda