7 Kunci Sukses Strategi Marketing untuk Pemula

Mencapai target penjualan sesuai rencana adalah salah satu indikasi keberhasilan suatu kegiatan pemasaran. Banyak cara yang dapat dilakukan agar produk dapat laku terjual. Beberapa prinsip marketing perlu kita jalankan agar sukses dalam memasarkan produk yang  dijual.

Apa kunci sukses strategi marketing? Pertanyaan tersebut sering muncul di benak kita. Khususnya bagi Anda yang sedang mulai membangun bisnis tentunya ingin berhasil menjalankan bisnis bukan? Dalam artikel ini, kita akan mengupas beberapa hal berkaitan dengan kunci sukses strategi marketing untuk pemula.  Berikut ini ulasannya:

1 # Merencanakan Jenis Produk dan Layanan Anda

Perlu persiapan yang matang dalam merencanakan jenis produk dan layanan untuk bisnis Anda. Untuk memulai tahap ini kita mengenal istilah business plan. Dengan penyusunan business plan yang tepat target penjualan produk Anda akan tepat sasaran.

Misalnya, jika sasaran produk yang Anda jual adalah kalangan anak muda, buatlah kemasan produk tersebut sesuai dengan image remaja/ anak muda. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menjangkau sasaran produk Anda. Berikan layanan yang praktis dan cepat sehingga kredibilitas produk Anda semakin diakui costumer.

2 # Mengenali Costumer Anda

Dengan mengenali costumer, Anda dapat memahami kebutuhan costumer, tahu apa yang diinginkan dan dapat memberikan solusi terbaik atas kesulitan yang dialami costumer. Ciptakan hubungan yang baik dengan costumer. Layaknya pasangan Anda, sebaiknya buatlah pendekatan secara alami terhadap costumer Anda.

Jika pendekatan dilakukan terburu-buru, pasangan Anda akan merasa tidak nyaman. Begitu pula hubungan baik Anda dengan costumer akan tercipta dengan pendekatan yang alami dan tidak terburu-buru. Setelah hubungan baik tercipta, percayalah para costumer Anda akan dengan mudah mencintai produk Anda.

3 # Rencanakan Target Iklan yang Tepat

Penempatan iklan sesuai produk Anda merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan marketing. Untuk mendapatkan perhatian dari costumer Anda, buatlah diskripsi produk yang menarik sehingga para costumer dapat tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

4 #  Melakukan Promosi secara Alami

Aktivitas promosi secara alami akan membuat image produk Anda semakin baik di mata costumer. Kegiatan promosi yang dilakukan secara terus-menerus akan membuat para costumer bosan dan justru tidak tertarik dengan produk yang dijual.

Lakukanlah promosi secara natural saja. Perlakukan costumer dengan baik dan sopan. Sebaiknya berilah senyum dan rajinlah menyapa para costumer. Jika kenyamanan tercipta, para costumer tidak segan akan percaya dan membeli produk Anda.

5 #  Strategi Harga yang Tepat

Penetapan harga yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan pemasaran produk Anda dalam jangka waktu ke depan. Melakukan riset untuk menentukan harga produk Anda sangat penting dilakukan agar Anda tahu berapa harga yang ditetapkan para pesaing Anda.

6 # Menyusun Marketing Plan

Awalilah dengan menetapkan tujuan marketing plan Anda. Memastikan semua team Anda mengetahui dan memahami tujuan marketing plan adalah hal yang sangat penting dilakukan. Selanjutnya, kembangkanlah rencana kegiatan marketing Anda sesuai dengan tujuan yang telah Anda tetapkan.

Strategi pemasaran tidak selalu harus rumit. Strategi pemasaran yang  sederhanapun dapat Anda buat. Hal yang terpenting ialah bagaimana semua team marketing Anda dapat memahami tujuan utama dari rencana kegiatan pemasaran Anda.

7 # Upayakan Pelayanan Yang Fast Response

Istilah fast respose sering digunakan para pebisnis untuk meyakinkan costumer bahwa sistem pelayanan mereka sangat cepat. Merupakan layanan cepat tanggap bagi costumer, layanan ini berperan dalam menangani komplain costumer dengan baik dan cepat. Hal tersebut akan membuat para costumer merasa diperhatikan dan dihargai.

Kepercayaan costumer adalah hal penting yang harus dipertahankan. Jika kepercayaan costumer luntur, keberadaan produk di mata costumer akan terancam. Daya beli costumer terhadap produk juga akan semakin menurun. Tentunya kita tidak  ingin mengalami hal tersebut bukan?

Demikianlah ulasan mengenai 7 kunci sukses strategi marketing untuk pemula.  Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi Anda. 7 kunci sukses tersebut dapat Anda terapkan dalam memulai bisnis Anda. Strategi marketing tak hanya mengenai bagaimana merayu costumer untuk membeli produk saja. Namun demikian, yang terpenting ialah bagaimana cara menyampaikan pesan yang menarik dan unik sehingga para costumer dapat tertarik dan kemudian membeli produk Anda.

 

 

About The Author

Reply

Pesan Anda