7 Pilar Penting untuk Sukses pada Bisnis Online

bisnis online tanpa modal

Seberapa sering anda gagal dalam memulau sebuah usaha nyata? Lalu bandingkan dengan seberapa sering kamu gagal dalam bisnis online. Apabedanya dan mana yang lebih banyak mendatangkan kerugian? Kalau sudah bicara kerugian, hampir bisa dipastikan bahwa tidak seorangpun mau mengalaminya. Tapi itu bisa terjadi dan terus terjadi pada usaha Anda.

Dalam bisnis online, sudah bisa kita pastikan persaingannya JAUH lebih banyak dan lebih ketat daripada bisnis offline. Jika pada bisnis offline kompetitor atau pesaing kamu hanya orang-orang yang di dekat atau di sekitar mu. Berbeda dengan bisnis online, dimana semua orang yang terkoneksi dengan internet bisa menjadi pesaing mu. Bayangkan dari seluruh penjuru dunia menjadi saingan kamu.

Dengan ketatnya persaingan tersebut, maka kita perlu memiliki beberapa persepsi atau cara pandang yang benar agar kita tidak selalu kalah. Dan beruntung bagi anda karena artikel saya ini akan membantu anda dalam mengubah pola piker anda menjadi lebih baik. Berikut kita bahas mengenai 7 Pilar penting untuk sukses pada bisnis online

7 Pilar penting untuk sukses pada bisnis online

1# Mindset

Hal ini sangat penting buat kamu yang berbisnis online. Terlihat sederhana sekali kan? Tapi tunggu dulu, mindset yang salah dan selalu dipertahankan orang dalam bisnis online adalah bahwa mereka menjual sendiri barang mereka, promosi sendiri dari Facebook, packing barang sendiri, mengirim sendiri intinya mengerjakannya semua sencara sendiri. Saya bisa katakana kepada anda, bahwa anda tidak akan pernah maju, dan anda akan menjadi pekerja untuk anda sendiri. Atau yang sering kita sebut dengan Self Employ.

2# Goal

Apapun yang keta kerjakan sudah pasti harus memiliki Goal. Kalau tidak punya tujuan yang jelas atau sering kita sebut dengan Goal ini, maka kita akan menjadi orang yang biasa-biasa saja. Bicara Goal, maka bicara juga target-target yang akan dicapai dalam waktu yang sudah ditentukan.

Buatlah target-target jangka pendek, jangaka menengah dan jangka panjang untuk kemajuan bisnis online mu. Ingat ada target-targetnya.

3# Why atau kenapa kamu melakukannya

Pertanyaan ini sebenarnya lebih menerangkan atau memperjelas apa yang menjadi keinginan kita. Contohnya begini “Mengapa kita menjual baju fashion” atau mungkin “mengapa kita menjual sepatu sport”. Denga begitu, kita bisa lebih fokus pada produk kita dan tidak sibuk untuk memikirkan produk orang lain. Fokus akan membuat anda lebih terarah dan mudah berhasil disbanding yang tidak fokus.

4# Pilihan

Pilihan ini banyak sekali maksudnya. Misalnya kamu mau menjual apa? Dalam bisnis online ini, semua hal bisa kamu jual. Ingat bahwa barang dan jasa bisa kamu jual. Contoh produk barang adalah sepatu, baju, tas, laptop, handphone, televise, kosmetik dan masih banyak yang lainnya. Sementara untuk produk jasa misalnya jasa pembuatan website, jasa pasang iklan, jasa desain, jasa menulis artikel dan masih banyak yang lain. Jadi PILIHLAH mana yang kamu anggap paling kamu mampu.

5# Mentor

Orang berhasil selalu punya mentor. Percayakah kamu akan hal ini? Dari apa yang saya lihat dan perhatikan memang demikian. Semua orang yang berhasil PASTI memiliki mentor. Mentor di sini tujuannya akan mengarahkan mereka ke-arah yang lebih baik. Memberikan pandangan-pandangan, memberikan solusi serta tidak jarang memberikan link atau hubungan dekat mereka kepada anda. Jadi, milikilah mentor yang baik agar usaha kamu berjalan baik.

Untuk mentor dalam bisnis online, carilah orang-orang yang sudah berhasil menghasilkan uang dari bisnis online. Dengan demikian kamu akan diberikan pengalamannya. Memiliki mentor akan membuat anda belajar lebih cepat dibandingkan anda belajar sendiri.

6# Nilai tambah dan faktor kali

Kalau kita hanya bisa menjual produk yang sama dengan orang lain, maka kita tidak akan bisa bersaing. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa produk yang kamu miliki adalah produk unggulan, produk terbaru, produk yang dicari orang dan juga produk murah tapi tidak murahan.

Baca :

Biasanya untuk meningkatkan nilai tambah an faktor kali ini bisa kita gunakan iklan dan marketing. Mungkin keuntungan kita tidak terlalu besar, tapi dengan bertambahnya pembeli (karena harga kita lebih murah) maka akan meningkatkan omset penjualan Anda.

7# Entrepreneurship

Milikilah jiwa entrepreneurship. Mengapa hal ini penting? Karena sampai hari ini Entrepreneurship di Indonesia kurang dari 2% saja. Itu artinya sangat sedikit.

Jika kamu bisa menjadi Entrepreneur, maka kamu akan mampu mengurangi pengangguran di Indonesia. Semagat ini akan membuat anda semakin tertarik untuk terus memperjuangkan bisnis online anda.

Percaya atau tidak, bahwa orang yang memiliki passion Entrepreneur akan mampu menghantarkan mereka pada keberhasilan yang luar biasa. Lihat saja Gojek, Uber dan yang lainnya. Sukses buat anda.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda