7 Strategi Bisnis Online yang Terbukti Menghasilkan Jutawan

strategi bisnis online

Halo Sobat Marjos, saat ni kita lihat bisnis online tampaknya sudah tidak bisa terbendung lagi. Oleh karena itu melalui artikel ini kita akan belajar tentang strategi bisnis online dengan tujuan agar kamu bisa meningkatkan penjualan serta menghasilkan profit yang maksimal.

Tidak dipungkiri, bahwa saat ini orang-orang sudah mulai terbuka pandanganya tentang bisnis. Mereka yang dulunya beranggapan bahwa bisnis itu sulit, butuh modal besar serta perlu adanya tempat untuk berusaha, menjadikan kesulitan tersendiri dalam mewujudkan usaha yang mereka impikan. Akan tetapi dengan perjalanan waktu yang cukup panjang, perkembangan teknologi akhirnya mengakomodasi para pelaku usaha.

Masalah utama para pebisnis pemula adalah uang dan uang. Selain itu tempat dan barang. Hal ini akan kita bahas bahwa ternyata saat ini kita tidak perlu memikirkan barang, uang yang besar untuk modal, tempat dan suplier. Dengan munculnya internet serta mudahnya membuat toko online, menjadikan semua penghalang yang ada dihadapan kita berubah menjadi mudah.

Tidak punya barang

Konsep menjual biasanya yang tertanam di bnak kita yaitu, kita HARUS memiliki barang dengan harga tertentu, kemudian kita manjualnya dengan harga lebih mahal dari modal kita. Dengan demikian kita harus punya barangnya.

Padahal untuk saat ni hal tersebut sudah tidak perlu dikuatirkan lagi. Kita bisa menjual barang hanya menggunakan kalimat dan foto saja. Tentu ada kriteria foto yang kita ambil. Mulai dari foto depan, belakang, samping kiri dan samping kanan. Tujuanya agar produk yang kita jual terlihat jelas.

Apakah harus punya barang? Tentu tidak. Cukup menjelaskan dari foto yang ada, kemudian kita bisa menjelaskan dari telepon, SMS atau chatting BBM dan Whatsapp.

Baca : 5 Aplikasi chatt terpopuler untuk bisnis online

Modal

Modal sudah tentu bicara masalah uang, walaupun tidak selalu uang. Modal juga bisa bicara mengenai relasi serta skill. Dengan begitu kita bisa menjual banyak hal. Sebut saja kemampuan atau skill kita yaitu bisa membuat website toko online. Dengan modal tersebut kamu sudah bisa membuat usaha yaitu usaha menjual website toko online.

Baca : Jejualan | penyedia toko online GRATIS

Tempat

Untuk kamu yang berada di kota besar seperti Jakarta, tempat adalah satu hal yang sangat penting dipikirkan. persoalanya saat ini di Jakarta sewa tempat sudah sangat mahal. Oleh karena itu, biasanya ini menjadi kendala tersendiri bagi para pengusaha pemula.

Perhatikan baik-baik urusan maslah tempat ini. Jangan sampai setelah kamu menyewa tempat dan membuka usaha, kemudian ditahun berikutnya sewa tempat tersebut dinaikkan lebih tinggi dari sewa biasanya disebabkan karena keberhasilan usaha mu. Oleh karena itu, penting membuat perjanjian sewa-menyewa tempat. Buatlah surat sewanya bermeterai.

Bayangkan saja, kamu yang ingin memulai usaha sudah diperhadapkan dengan ketiga hal di atas. Bukannya bisa membuka usaha, yang ada yaitu munculnya ketakutan dalam dirimu karena sudah pasti butuh modal besar untuk memulai usaha, terutama di kota besar.

Lalu bagaimana caranya? dan apakah strategi bisnis online adalah hal terbaik?

Baiklah, untuk kamu yang sedang ingin memulai bisnis tetapi menemui kendala tentang modal, tempat serta barang, berikut cara terbaik yang bisa kamu terapkan agar kamu memiliki usaha sendiri.

Pertama : Cari barang tanpa fisik

Apa maksud cari barang tanpa fisik? Kamu bisa menjual barang orang lain tanpa harus kamu beli terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan cara Dropshipping. Apa itu dropshipping?

Dropshipping adalah sebuah metoda jual beli tanpa harus kita membeli barang. Singkatnya kita memesan barang kepada penjual, tapi si penjual mengirimkanya kepada alamat pembeli. Gambaran sederhananya bisa kamu lihat gambar berikut :

dropshipping

Keterangan : Dari bagan di atas, kamu bisa melihat rute pergerakan pemesanan dan barang.

No. 1 Menunjukkan seorang pembeli (Customer) membeli barang dari toko online (website) kamu. Kemudian

No.2  Kamu memesan kepada website orang lain (Toko murah online) dan memberikan alamat si pembeli (Customer).

No. 3 Pihak Toko Murah Online mengirimkan barang sesuai dengan yang kamu pesankan (pesanan ini kamu dapat dari pelanggan kamu).

Dari bagan tersebut jelaslah, bahwa kamu tidak membutuhkan barang fisik. Atau dengan kata sehari-harinya kamu jadi makelar atau perantara penjual dan pembeli. Keuntungan yang kamu dapatkan adalah dari selisih antara barang yang dijual oleh Toko Murah online.

Kedua : Share

Akhir-akhir ini kamu psti sering mendengar kata “Share” maksudnya adalah membagikan kepada orang lain. Biasanya kita dengan mudah membagikan kepada orang lain jika itu menyangkut hal-hal yang baik bukan?

Usahakan produk yang kamu jual tersebut kamu share ke sosial media Facebook, Twitter, Google+ atau Instagram. Selain itu bisa juga menggunakan sosial chatting seperti BBM, WhatsApp, Line dan yang lainnya.

Dengan dua cara tersebut sebenarnya kamu sudah bisa mendapatkan uang. Tapi permasalahan berikutnya adalah bahwa banyak orang yang melakukan hal semacam itu. Artinya persaingan ketatpun terjadi. Bukan hanya sekedar ketat, bahkan ketat sekali. lalu bagaimana strategi bisnis online yang harus kita lakukan agar menang dalam persaingan tersebut?

  • Email marketing
  • Manfaatkan sosial media secara aktif
  • Komunitas atau Forum
  • Gunakan iklan gratis
  • Website yang dioptimasi
  • Join venture
  • Testimoni atau kesaksian

Nah, untuk mengetahui secara jelas ketujuh strategi tersebut, saya akan menjelaskanya secara gamblang sebagai berikut :

Email marketing

Sampai hari ini, email marketing sangat ampuh dalam menarik konsumen. Caranya sangat gampang, cukup dengan mendapatkan email mereka. Untuk emndapatkan email, kamu bisa mencarinya di Google atau kamu juga bisa mendapatkanya dari teman-teman mu. Karena ini sangat berharga, saya rasa mengeluarkan sedikit uang  adalah hal baik. Caranya kamu bisa membayar setiap email seharga Rp 500,- Carilah sebanyak-banyaknya, kemudian kamu kirimkan promo kamu melalui email tersebut.

Manfaatkan sosial media

Sekarang bisa kita katakan sedikit sekali orang yang tidak mengenal Facebook atau Google+, Twitter serta Instagram. Gunakan semua sosial media tersebut untuk mendapatkan pelanggan mu. Silahkan kamu promosikan apapun dari sosial media. Ada jutaan orang yang menggunakan sosial media setiap hari. Jadi prospeknya sudah tentu sangat besar.

Komunitas atau Forum

Untuk komunitas atau Forum mungkin tidak terlalu banyak digunakan orang. Karena biasanya komunitas hanya membahas beberapa topik saja. Tidak terlalu banyak yang dibahas. Kecuali forumnya besar seperti Kaskus.

Nah kamu bisa memasarkan dagangan kamu di sana. Tapi saran saya bijaklah dalam berpromosi di Forum. Misalnya kamu menjual tas, maka kamu pasarkan dibagian yang ada kaitanya dengan tas atau fashion. Jika kamu menaearkanya di bagian software atu komputer atau mungkin smartphone, maka kamu akan dianggap sebagai spammer

Baca : Anda tergolong Spammer atau scammer

Iklan gratis

Karena kamu adalah masih baru ingin memulai usaha, tentu biaya harus ditekan seminimal mungkin. Oleh karena itu, kamu bisa membuat iklan di tempat-tempat gratis. Carilah jasa penyedia iklan gratis. Kalau di dunia nyata mungkin ini tidak ada, tapi kalau di dunia online kamu bisa menemukan banyak website yang menyediakan jasa pasang iklan gratis.

Website dioptimasi

Jika kamu mengerti optimasi atau cara meningkatkan peringkat di Google, sebaiknya hal ini kamu lakukan untuk website mu. Tujuanya agar website jualan kamu bisa dengan mudah dicari orang. Pandangan orang jika mencari dari Google adalah ketika ditemukan di halaman pertama, berarti website tersebut terpercaya.

Join venture

Join venture adalah strategi yang masih jarang digunakan orang indonesia terutama dalam hal strategi bisnis online. Alasanya jelas bahwa yang namanya join venture pasti ada timbal baliknya.

Misal kita membuat artikel ulasan di website orang, maka biasanya orang tersebut sebagai penyedia website akan menginginkan timbal balik. Biasanya bisa berupa backlink atau pembayaran atas ulasan tersebut.

Testimoni atau kesaksian

Saya rasa tidak ada yang bisa membantah teori kesaksian. Maksudnya begini, misal ada sebuah obat yang dijual dan mampu menyembuhkan suatu penyakit apalagi penyakit berat. Ketika orang yang menderita penyakit tersebut benar-benar sembuh, kesaksian si penderita tadi akan menjadi sangat ampuh dalam mendukung penjualan obat tersebut.

Bagi kamu yang sudah menjual barang dan barang tersebut berhasil sampai ke si pembeli, mintalah testimoni atau kesaksian mereka bahwa kamu bisa dipercaya. Dengan begitu kepercayaan orang yang melihat toko mu akan semakin banyak.

Itulah 7 Strategi bisnis online yang saya anggap paling ampuh dalam memulai usaha online. Jika kamu menerapkannya secara konsisten, saya yakin kamu akan berhasil. Jika ada pertanyaan, silahkan memberikan komentar.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda