7 Tips Ampuh Mengetik Cepat 10 Jari

Ilustrasi- 7 Tips Ampuh Mengetik 10 jari dengan Cepat

Ilustrasi- 7 Tips Ampuh Mengetik 10 jari dengan Cepat

Mengetik 10 jari pada dasarnya hanyalah teknik mengetik sederhana dengan menggunakan rasa dari pada mencari tombol dengan melihat keyboard. Karena pada saatnya nanti Anda hanya akan fokus ke layar dan jari Anda akan terlihat menari nari di atas keyboard tanpa perlu diawasi oleh mata Anda, jari sudah terbiasa menemukan di mana tombol yang harus ditekan seolah olah tulisan di dalam layar datang langsung dari pikiran Anda. Asyik bukan ?

Kenyamanan dan kecepatan mengetik akan mulai Anda rasakan jika Anda menggunakan teknik 10 jari ini. Hal mendasar yang harus ditanamkan ke diri Anda adalah “practice make perfect”, tapi latihan mengetik disini bukan sembarang latihan, karena latihan mengetik 10 jari dengan teknik yang tepat yang akan membuat Anda dapat mudah mengetik dengan cepat. Jika ini adalah hal baru untuk Anda, tidak ada lain selain latihan, latihan, dan latihan yang bisa mengantarkan Anda ke sana.

Baca Juga: Cara Mengetik 10 Jari yang Paling Mudah Begini Caranya

Langkah awal belajar ketik cepat 10 jari ini sebenarnya tidak sulit tapi yang pasti ampuh, mari ikuti langkah langkah berikut ini :

1# Buat Posisi Paling Nyaman

Posisi paling baik mengetik adalah saat Anda duduk tegak, usahakan lengan tangan Anda membentuk sudut 90 derajat ke depan, pangkal telapak tangan lemah menekan meja. Pastikan lengan tangan hingga jari tangan dalam kondisi santai tidak tegang.

2# Letakkan Jari Jari Anda dengan Benar

Setelah posisi duduk dan lengan nyaman, letakkan 10 jari Anda pada posisi awal/posisi standby di atas keyboard, dengan rincian seperti berikut :

  • Tombol A untuk jari kelingking kiri
  • Tombol S untuk jari manis kiri
  • Tombol D untuk jari tengah kiri
  • Tombol F untuk jari telunjuk kiri
  • Tombol J untuk jari telunjuk kanan
  • Tombol K untuk jari tengah kanan
  • Tombol L untuk jari manis kanan
  • Tombol ; untuk jari kelingking kanan
  • Tombol Spasi untuk kedua jari jempol

Untuk semua jenis keyboard stAndar, saat Anda melakukan posisi awal tersebut, bisa dipastikan setiap jari telunjuk Anda akan menemukan tonjolan di atas permukaan tombol keyboard, tepatnya di atas tombol F dan J, tonjolan itu adalah penAnda tombol keyboard agar Anda mengetahui apakah jari Anda sudah menempati posisi awal yang benar atau belum. Ingat, biasakan, dan latih jari tangan Anda dengan posisi awal ini.

Dengan tetap memposisikan jari jari Anda pada posisi ini, saat istirahat maupun dalam proses mengetik nantinya, Anda akan dengan cepat mempetakan tombol tanpa perlu melihat keyboard dan dengan formasi ini juga jari Anda lebih mudah menjangkau semua tombol.

3# Kenalkan Semua Tombol pada Jari-Jari Anda

Setelah membiasakan jari Anda pada posisi awal, lalu mulailah memperkenalkan tombol lainnya kepada jari jari Anda. Berikut ilustrasi pemetaan tugas jari jari Anda pada keyboard :

Ilustrasi- 7 Tips Ampuh Mengetik 10 jari dengan Cepat

Ilustrasi- 7 Tips Ampuh Mengetik 10 jari dengan Cepat

Dari gambar di atas Anda akan mengetahui tugas masing masing jari Anda karena untuk dapat mengetik dengan cepat, harus ada aturan dalam penekanan tombol, jari mana menekan tombol yang mana.

Cukup sederhana bukan ? letakkan jari jari Anda pada posisi awal, dan saat butuh menekan tombol tertentu maka hanya jari tertentu saja yang berkewajiban menekan tombol tersebut, setelah tombol ditekan, jari kembali ke formasi semula atau posisi awal. Demikian seterusnya hingga tugas mengetik selesai.

Jika ini adalah hal baru buat Anda, tenanglah, beri kesempatan jari Anda berkomunikasi dengan pikiran Anda, nikmati ini sebagai aktifitas yang menyenangkan untuk jari Anda, karena semua orang dipastikan canggung dan terkesan kaku saat mencobanya untuk pertama kali.

4# Latih Jari dengan Huruf Tunggal

Coba satu persatu tombol di semua tombol yang ada secara berulang, coba secara perlahan terlebih dulu dengan melihat ke keyboard, sebenarnya aktifitas ini hanya untuk melatih jari Anda agar terbiasa bergerak menekan tombol tertentu. Tetap terus berlatih, tapi  tidak ada salahnya sesekali Anda mencobanya tanpa melihat keyboard.

Karena Anda akan merasakan sendiri pada saatnya nanti tiba waktunya Anda memutuskan tak lagi perlu melihat keyboard untuk menekan suatu tombol.

5# Latih Jari dengan Kata dan Kalimat

Akan jauh lebih menyenangkan jika Anda berlatih mengetik suatu kalimat yang sudah Anda ingat, misalnya lirik lagu atau bisa juga puisi atu kalimat apapun juga, yang terpenting bisa menambah minat Anda mengetik

Tapi ada baiknya juga Anda sesekali mencoba berlatih dengan kalimat ini “the quick brown fox jump over the lazy dog”, karena semua huruf dari a-z ada disana, sehingga melatih semua jari bergerak.

Setiap ada kesempatan mengetik, lakukan ketik 10 jari, biasakan di setiap waktu tapi usahakan akurat dulu, kecepatan akan datang kemudian dan jika masih banyak lakukan kesalahan, coba Anda kurangi kecepatan jari untuk bergerak, usahakan apapun yang Anda ketik tepat terlebih dahulu, biarkan jari jari bergerak sesuai pikiran Anda untuk membiasakan letak setiap tombol dalam keyboard.

6# Gunakan Aplikasi Bantu

Aplikasi ketik saat ini sudah banyak tersedia, baik berupa game mengetik atau alat khusus belajar mengetik, silahkan Anda cari di google, pilih yang paling cocok dengan Anda. Karena pada dasarnya aplikasi ketik tersebut digunakan untuk mendorong Anda terus berlatih dan pada umumnya mempunyai variasi jenis latihan yang menarik.

7# Sabar

Pembelajaran apapun pasti butuh waktu, sambil menunggu semua jari tahu tugasnya masing masing, ambil waktu luang, beri waktu jari jari Anda untuk berlatih.

Dan pastikan ketikan jari Anda akan cepat pada waktunya.

About The Author

Reply

Pesan Anda