8 Cara Cerdas Hemat Berbelanja Bulanan

Setiap bulan kita melakukan rutinitas berbelanja bulanan. Perlu cara cerdas dalam mengatur keuangan agar dana tidak terkuras. Menghemat uang belanja bulanan memang bukan hal yang mudah. Harga barang yang tidak menentu dan bahan-bahan kebutuhan pokok yang sering naik tidak terkendali, terkadang membuat kita kebingungan mengatur dan menghemat uang belanja agar tidak cepat habis.

Seperti peribahasa “besar pasak dari pada tiang” pengeluaran akan membengkak karena terlalu banyak barang yang dibeli. Pada awal bulan saat gajian tiba, keinginan kita untuk membeli barang-barang yang sudah diidamkan terkadang tak bisa terbendung. Tentunya kita tidak ingin uang cepat habis bukan? Perlu cara cerdas agar dapat hemat dalam berbelanja bulanan.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bisa berbelanja secara hemat. Berikut ini 8 cara cerdas hemat berbelanja bulanan yang kami ulas untuk Anda:

1# Membuat Daftar Belanja

Kebutuhan yang sangat mendesak hendaknya diprioritaskan terlebih dahulu kemudian kebutuhan yang kurang mendesak dan pada akhirnya kebutuhan tambahan. Dengan adanya catatan, anda dapat mengontrol kondisi keuangan, kebutuhan yang utama tidak akan terlupakan. Saat gajian tiba, segera pisahkan sejumlah uang untuk investasi dan kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut dapat kita lakukan agar uang Anda tidak cepat habis.

2 #  Membandingkan Harga dan Kualitas Barang

Dengan metode ini, anda dapat membandingkan harga dan kualitas barang satu toko dengan toko lainnya. Barang dengan harga terjangkau dan kualitas baik akan anda dapatkan.

3 # Perhatikan waktu belanja

Waktu belanja yang tepat adalah saat tidak sedang lapar. Saat sedang lapar anda akan mudah tergoda makanan yang dijual dan ingin membelinya. Usahakan berbelanja saat anak-anak bersekolah, hal ini mengurangi kemungkinan membeli segala macam kudapan yang mereka inginkan

4 # Memanfaatkan Aplikasi Smartphone

Aplikasi pengatur keuangan yang bisa diunduh kini banyak bermunculan. Misalnya, ada aplikasi yang memberikan fasilitas informasi diskon yang ditawarkan toko tertentu. Beberapa peritel besar juga memiliki aplikasi semacam ini, sehingga Anda bisa mendapat lebih banyak keuntungan dari toko tersebut. Saat berada di toko tersebut, Anda akan mendapatkan notifikasi barang apa yang didiskon hari itu, sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran.

5 # Pilih Produk Promosi

Para pengelola toko ritel kerap memberikan promo diskon belanja setiap pekan. Momen tersebut dapat Anda manfaatkan saat berbelanja bulanan. Dengan rajin melihat selebaran katalog yang biasanya dikeluarkan oleh toko ritel atau iklan di media massa, anda akan mendapatkan informasi harga terhemat.

6 # Membuat Kartu Belanja

Pembuatan kartu belanja akan memudahkan Anda dalam memperoleh diskon tertentu setiap produk yang Anda beli.  Dengan membuat lebih dari satu kartu belanja, Anda dapat menggunakannya untuk berbelanja di toko yang berbeda dengan diskon tertentu sesuai dengan kartu belanja Anda. Tentunya Anda akan memiliki peluang belanja lebih hemat bukan?

 7 #  Buatlah Tantangan Bersama Teman Belanja Anda

Berbelanja bersama teman akan terasa lebih menyenangkan. Untuk membuat aktivitas belanja Anda lebih hemat, ajaklah teman yang disiplin dalam pengelolaan keuangannya. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengendalikan keinginan besar dalam berbelanja.

Agar kegiatan belanja Anda lebih seru, buatlah tantangan belanja bersama patner belanja Anda. Buatlah daftar belanja bersama dan tentukan jumlah anggaran yang harus dikeluarkan.

Pemenang tantangan ini ialah siapa yang mampu berbelanja dengan pengeluaran yang lebih rendah. Tantangan yang menarik bukan? Dengan tantangan tersebut, Anda akan berusaha sebaik-baiknya untuk dapat berbelanja hemat.

8 # Alternatif Belanja Hemat dengan Berbelanja secara Online

Makin maraknya toko online yang bermunculan di media internet mendorong setiap toko online menawarkan produknya dengan harga relatif lebih murah dibandingkan dengan harga produk yang dijual di gerai-gerai mall dan pusat perbelanjaan. Harga yang terjangkau menjadi pilihan Anda dalam berbelanja hemat bukan?

Agar terhindar dari kondisi dimana uang cepat habis sebelum akhir bulan, pengeloaan keuangan yang baik perlu kita upayakan. Anda dapat mempraktekkan cara di atas agar dapat hemat dalam berbelanja bulanan. Demikianlah ulasan mengenai 8 cara cerdas hemat berbelanja bulanan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda

 

 

 

About The Author

Reply

Pesan Anda