8 Ide Usaha dari Jajanan Khas Bandung

8 Ide Usaha dari Jajanan Khas Bandung

8 Ide Usaha dari Jajanan Khas Bandung

Selain dikenal memiliki  tempat-tempat wisata yang menarik, kota Bandung juga terkenal akan kuliner khasnya yang menggugah selera. Jika berkunjung ke kota Bandung, Anda akan menemukan banyak tempat makan di pinggir jalan. Selain kuliner yang menggoyang lidah, banyak tempat makan di kota Bandung yang menawarkan konsep desain interior yang menarik dan unik.  Oleh karena itu banyak para wisatawan betah berlama-lama mengunjungi kota kembang ini.

Jajanan khas Bandung menjadi favorit para wisatawan dari berbagai kota. Seblak, siomay, batagor, cireng, dan cilok adalah jajanan khas Bandung yang selalu diburu para wisatawan. Ide usaha jajanan khas Bandung memiliki potensi yang menjanjikan jika dikerjakan sungguh-sungguh. Ini adalah peluang usaha yang terbuka lebar untuk Anda. Bayangkan jika Anda membuka usaha kuliner serupa di daerah tempat tinggal Anda. Tak ada salahnya jika ingin mewujudkannya bukan?

10 Ide Usaha dari Jajanan Khas Bandung

1# Siomay

Siomay sering kita jumpai di kota Bandung. Walaupun bukan makanan khas asli Bandung, banyak orang telah mengenal siomay yang enak ada di Bandung. Sajian khas ini sering kita temukan di lingkungan perkantoran, sekolah bahkan di pinggir-pinggir jalan. Dibuat dari campuran bahan sagu, daging ikan laut serta bumbu-bumbu lainnya, siomay juga dilengkapi dengan saus kacang yang semakin menggugah selera.

Jika Anda tertarik menjalankan usaha ini Anda bisa mengawalinya dengan melakukan riset terlebih dahulu di beberapa warung makan siomay terkenal di Bandung. Anda juga bisa mengikuti pelatihan membuat siomay terlebih dahulu.

2# Batagor

Menyerupai jajanan khas Tionghoa-Indonesia, Batagor dapat kita jumpai di sepanjang jalan pusat Kota Bandung.  Bahan-bahan  untuk membuat batagor hampir sama dengan siomay yaitu campuran tepung kanji dan daging ikan. Lain halnya dengan siomay yang dikukus,  cara pembuatan batagor adalah dengan digoreng hingga kulit luarnya berwarna kecoklatan. Banyak penjual makanan yang menyajikan jajanan ini. Tentunya inovasi dan kreatifitas penting bagi Anda yang akan membuka usaha ini.

Baca Juga: Peluang Usaha Kuliner Modal Ringan yang Mudah Dijalankan 

3# Sate Cilok

Cilok adalah sajian khas Bandung yang terbuat dari tepung tapioka dengan dilengkapi sambal kacang, kecap dan saus.  Rasanya yang nikmat dengan isian daging cincang atau telur semakin menggugah selera para pecintanya.  Cilok berasal dari gabungan kata aci dan dicolok. Aci berarti bahan baku pembuatan sajian ini berasal dari tepung tapioca sedangkan dicolok adalah cara menyajikannya. Selain menyajikannya seperti bakso, cilok juga dapat disajikan seperti sate.

4# Cireng

Sama halnya dengan cilok, cireng juga berasal dari tepung tapioca sebagai bahan baku pembuatannya. Yang membedakan keduanya adalah cireng disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu lalu disajikan dengan bumbu sambal rujak sebagai pelengkap sajian ini. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha ini, Anda bisa mengawalinya dengan menjual cireng beku atau cireng salju.

5# Surabi

Bentuk sajian ini seperti pancake karena bahan-bahan pembuatannya hampir sama. Keunikannya adalah surabi dibuat dengan kendi dari tanah liat bukan dengan penggorengan yang berbentuk flat.  Hasil surabi yang sudah matang bentuknya  lebih cekung dibanding dengan bentuk pancake yang sudah matang.

6# Gepuk

Terbuat dari daging sapi, jajanan ini bercita rasa gurih dan manis. Gepuk  dibuat dengan cara mengiris daging sapi searah dengan serat daging lalu direbus setengah matang. Agar daging menjadi lembut daging dipukul-pukul. Setelah daging empuk rendam ke dalam bumbu yang dicampur santan lalu rebus kembali hingga air santang menyusut.  Dalam penyajiannya gepuk digoreng dengan sedikit minyak sampai berwarna kecoklatan.

7# Seblak

Merupakan makanan dengan bahan utama kerupuk, seblak  disajikan dengan ceker dan sedikit daging ayam. Kuahnya juga sangat enak dan gurih dengan campuran bawang putih, cabai, kencur serta garam.  Jika Anda tertarik menjalankan bisnis ini, kreasikan makanan ini dengan inovasi dan ide kreatif Anda agar makanan ini semakin banyak peminatnya.

8# Basreng

Jajanan khas Bandung ini cuku[ terkenal. Memiliki rasa yang khas seperti bakso, bentuk basreng tidak bulat tapi lebih pipih. Selain itu yang membedakan basreng dengan bakso kuah pada umumnya adalah bumbu cabai bubuk yang melengkapi sajian ini. Dengan harga yang cukup murah 1000-3000 rupiah Anda sudah bisa menikmati jenis makanan ini.

Nah, demikianlah ulasan mengenai  ide usaha dari jajanan khas Bandung, semoga bermanfaat bagi Anda.

About The Author

Reply

Pesan Anda