8 Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Wajah

8 Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Wajah

8 Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Wajah

Jeruk Nipis sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Berbentuk bulat dan mungil, Jeruk Nipis dikenal oleh masyarakat sebagai bahan untuk membuat minuman dan pelengkap bumbu dapur.

Kandungan Vitamin C pada Jeruk Nipis dipercaya mampu menyembuhkan sariawan dan bibir pecah-pecah. Selain itu, Jeruk Nipis juga berkhasiat merawat kulit wajah. Perawatan wajah secara alami dengan Jeruk Nipis akan menjadikan wajah Anda cantik alami. Berikut ini 8 khasiat Jeruk Nipis untuk kecantikan wajah:

1# Melindungi wajah dari sinar matahari

Teriknya sinar matahari menyebabkan kulit wajah menjadi lebih hitam, kering dan kusam. Perawatan wajah dengan Jeruk Nipis akan melindungi wajah Anda dari radiasi sinar matahari. Jeruk Nipis memiliki kandungan Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang mencegah masuknya zat radikal bebas ke kulit kita. Cara perawatan dengan mengoleskan air perasan Jeruk Nipis secara merata ke kulit wajah akan menghasilkan wajah yang bersih, bersinar dan tidak kusam.

  2# Mengobati jerawat

Munculnya jerawat disebabkan oleh bercampurnya kelenjar minyak yang berlebih pada kulit dengan sel kulit mati. Vitamin C pada Jeruk Nipis dapat mengangkat sel kulit mati dan kelebihan minyak pada kulit. Oleh karena itu, Jeruk Nipis dipercaya mampu mengobati kulit berjerawat. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengiris Jeruk Nipis kemudian air Jeruk Nipis tersebut dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Saat air Jeruk Nipis dioleskan pada wajah yang berjerawat, rasanya memang cukup perih. Namun demikian, hasil yang akan Anda dapatkan sangat maksimal. Kulit bebas jerawat akan Anda Miliki.

  3# Memutihkan wajah secara alami

Kandungan Asam yang tinggi pada Jeruk Nipis sangat bermanfaat dalam proses pemutihan kulit secara alami. Penggunaan masker air Jeruk Nipis akan membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan putih alami. Selain itu, noda hitam di sekitar wajah Anda juga akan sirna dengan pemakaian masker air Jeruk Nipis secara teratur.

   4# Mengatasi iritasi pada kulit wajah

Sengatan sinar matahari dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Rasa perih pada kulit dan kulit menjadi lebih kering adalah tanda-tanda yang dijumpai saat kulit wajah mengalami iritasi akibat sengatan sinar matahari. Iritasi kulit  dapat disembuhkan dengan air Jeruk Nipis. Kandungan asam yang tinggi pada Jeruk Nipis mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Dengan terangkatnya sel-sel kulit mati pada wajah, kulit wajah akan kembali pada kondisi normal dan terbebas dari rasa perih akibat iritasi kulit.

Baca Juga: Cara Merawat Kesehatan Wajah dengan Buah Pepaya

5# Menghilangkan komedo

Komedo adalah jenis jerawat ringan yang sering muncul karena produksi minyak berlebihan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit. Hal tersebut menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Perawatan dengan cara mengiris Jeruk Nipis kemudian menggosokkan irisan Jeruk Nipis tersebut ke wajah Anda sangat efektif dapat menghilangkan komedo. Dilakukan secara teratur saat malam hari sebelum tidur dan pada pagi hari wajah dibersihkan dari bekas air jeruk nipis maka kulit wajah Anda akan bersih dan bebas komedo.

6# Mengangkat minyak pada kulit wajah

Jeruk nipis merupakan solusi tepat bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Kandungan Vitamin C yang berlimpah pada Jeruk Nipis bermanfaat mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah. Secara rutin menggunakan masker air jeruk nipis setiap sekali sehari dapat membantu mengangkat minyak berlebih pada wajah.

7# Mencerahkan warna kulit

Jeruk Nipis juga bermanfaat  untuk mencerahkan warna kulit. Dengan menyiapkan campuran Jeruk Nipis dan sedikit  Madu Murni, Anda dapat melakukan perawatan ini. Langkah pertama adalah membersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan secara merata campuran Jeruk Nipis dan Madu Murni tersebut. Diamkan selama lebih kurang 15 menit. Setelah meresap, bilas wajah Anda dengan air hangat. Kulit wajah Anda akan lebih bersih, cerah dan bersinar dengan perawatan ini secara teratur.

8# Mengangkat sel-sel kulit mati

Jeruk Nipis mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah karena kandungan AHA (Alpha Hidroxy acids) di dalamnya. Selain dapat mengangkat sel-sel kulit  mati, kandungan AHA pada Jeruk Nipis juga berfungsi untuk memperbaiki hubungan antar sel di dalam jaringan kulit. Perawatan dengan mengoleskan air Jeruk Nipis pada wajah secara teratur dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Kulit wajah menjadi lebih bersih dan sehat.

 

 

 

 

 

About The Author

Reply

Pesan Anda