8 Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Blog dan artikel adalah 2 hal yang tidak terpisahkan. Artikel yang baik sesuai standar SEO akan mempengaruhi kualitas jumlah pengunjung blog tersebut. Bagaimana langkah membuat artikel SEO Friendly? Berikut ini  ulasannya:

#1 Pilihlah Topik yang Tepat

Pemilihan topik yang tepat ialah faktor penting yang sebaiknya diperhatikan dalam penulisan artikel website Anda. Tentukanlah topik yang menjawab kebutuhan para pembaca akan informasi. Mempertimbangkan topik yang banyak dicari para pembaca adalah langkah yang tepat untuk menghasilkan artikel SEO Friendly.

Selain itu keunikan dan originalitas artikel Anda juga harus diperhatikan. Apabila topik yang Anda pilih memiliki kesamaan dengan artikel-artikel blog yang lain, Anda harus memastikan bahwa content artikel Anda harus lain dari yang lain.

#2 Menganalisis Kompetitor

Melakukan analisis kompetitor bertujuan mendapatkan acuan untuk memperoleh peluang yang belum dimiliki oleh para kompetitor. Dengan selalu memperhatikan perkembangan blog kompetitor yang memiliki topik sejenis dengan website Anda, poin-poin sebagai acuan akan Anda peroleh untuk perkembangan blog Anda.

Hal-hal yang berkaitan dengan acuan tersebut diantaranya: bahasa artikel yang digunakan, cara penulisan artikel dan judul-judul artikel yang sudah di posting. Acuan-acuan tersebut dapat bermanfaat menambah wawasan Anda dalam upaya menghasilkan artikel SEO yang friendly.

#3 Memprediksi Isu yang Sedang Hangat Diperbincangkan

Perhatikanlah isu-isu yang sedang berkembang dan menjadi tren di dalam masyarakat. Trend berhubungan dengan apa yang sedang hangat-hangatnya diulas dan merupakan topik yang menjadi fokus perhatian publik. Memprediksi trend yang sedang hangat diperbincangkan dapat dilakukan dengan cara melibatkan diri Anda secara konsisten dalam berbagai forum dan grup di social media.

Secara konsisten menulis dan memposting artikel yang sesuai dengan trend dapat berdampak positif pada website Anda. Selain semakin banyaknya visitor yang mengunjungi website Anda, hal tersebut juga bermanfaat mampu meyakinkan search engine bahwa website Anda benar-benar berkualitas dan selalu menyediakan konten yang up to date bagi pembaca setianya.

#4 Memastikan Kelayakan Artikel

Sebelum melakukan posting artikel pada website Anda, pastikan terlebih dahulu kelayakan artikel yang sudah dibuat. Terdapat 2 hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan kelayakan artikel. 2 hal tersebut diantaranya ialah: kebutuhan SEO (search engine) dan kebutuhan visitor (pengunjung blog).

Keduanya saling berkaitan satu dengan yang lain karena informasi yang bermanfaat mampu menjawab kebutuhan pengunjung ialah hal yang dibutuhkan oleh search engine. Apakah artikel Anda sudah memuat keduanya?

#5 Melakukan Analisis Keyword

Analisislah keyword yang akan Anda gunakan dalam menulis artikel. Dengan melakukan analisis keyword, ketrampilan  Anda dalam mengolah rangkaian kata yang paling di cari pengunjung akan semakin terlatih. Selain itu analisis keyword juga berperan dalam upaya menjaga artikel Anda agar terhindar dari keyword yang merusak artikel Anda. Artikel SEO blog Andapun akan terhindar dari  banned.

#6 Merencanakan Judul Artikel Blog yang Tepat

Penggunan judul sangat penting dalam proses penulisan artikel blog Anda. Oleh karena mempunyai nilai keyword yang tinggi,  penggunaan judul juga perlu memperhatikan keyword apa yang menjadi target visitor blog Anda. Selain itu, pastikanlah judul yang Anda pilih sudah dapat mengungkapkan isi artikel yang Anda buat.

Search engine akan memberikan nilai plus pada keyword yang unik, menarik, kreatif dan berkulitas. Tentunya hal tersebut akan memberi manfaat yang besar bagi blog. Blog Anda nantinya akan memiliki  artikel-artikel yang SEO friendly.

#7 Membuat Paragraf Pembuka dengan Bahasa yang Menarik dan Komunikatif

Buatlah paragraf pembuka untuk artikel Anda dengan bahasa yang komunikatif.  Ide yang unik dan kreatif di paragraf pertama sangat berpengaruh dalam mendatangkan visitor bog Anda. Ada baiknya Anda sudah mulai membahas topik yang akan dibicarakan pada paragraf pertama. Hal tersebut akan mempermudah para pembaca untuk memahami topik yang diulas. Tentu saja SEO blog Anda  akan menjadi friendly dengan isi paragraf pembuka yang menarik.

#8 Memperhatikan Penggunaan Format Underline Heading, Bold and Italic

Penggunaan format underline heading, bold and  italic mempunyai fungsi penekanan. Gunakanlah salah satu dari ketiga format tersebut untuk memberikan penekanan pada keyword yang penting. Sebaiknya jangan memberikan penekanan yang berlebihan.  Penggunaan tag heading, italic, underline dan bold berfungsi menginformasikan kepada pembaca bahwa suatu kalimat, kata atau bagian tertentu mempunyai nilai penting.

Demikianlah ulasan mengenai 8 tips menulis artikel SEO Friendly,  semoga bermanfaat bagi Anda. Sukses selalu.

About The Author

Reply

Pesan Anda