8 Trik Jitu Marketing Via Twitter

8 Trik Jitu Marketing Via Twitter

8 Trik Jitu Marketing Via Twitter

Twitter secara sederhana dapat digambarkan sebagai salah satu jalan untuk menghubungkan anda dengan orang baru juga sebagai media  menjalin komunikasi dengan orang yang anda kenal, mengetahui apa yang sedang terjadi di luar sana dan juga mengirimkan pesan anda ke dunia luar. Dan itu semua dilakukan dengan 140 karakter.

Terlihat begitu sederhana bukan? tapi kenyataannya bisa jauh dari sederhana, Twitter dapat menjadi alat terbaik untuk memasarkan brand dan produk anda. Dan ada banyak cara untuk memastikan bahwa tweet tweet anda diterima oleh penonton yang tepat.

Baca Juga: Twitter : Kicauan yang Meledakkan Omset 

Tweet-tweet yang Anda bagikan berperan dalam kegiatan komunikasi dan mampu menggiring lalu lintas dunia maya ke situs web anda. Berikut beberapa trik jitu yang efektif dalam strategi marketing twitter anda :

1# Buat Tweet tanpa Gunakan Links

Penelitian menunjukkan bahwa tweet tanpa link lebih meningkatkan ketertarikan. Karena itu perlu anda ingat bahwa tidak semua tweet yang anda bagi perlu dilengkapi dengan link. Jika anda lebih membatasi diri berikan link, dipastikan anda memiliki nilai tambah yang lebih dibanding yang lain.

Twitter merupakan alat yang sangat baik untuk membangun brand anda dan kepercayaan, jadi berilah waktu untuk mulai lebih mengembangkan jalin hubungan dengan follower daripada hanya memberikan banyak link.

2# Gunakan Hashtag yang Tepat

Jika anda ingin diperhatikan, selalu gunakan hashtag yang masih dalam lingkup kontek tweet anda. karena penting untuk menjaga agar tidak telalu lebay dengan hashtag.

Beberapa alat bantu seperti Hashtagify dan RiteTag akan membantuu anda menemukan hashtag yang tepat untuk digunakan. Hashtagify akan mencari hashtag yang dapat digunakan sedangkan RiteTag akan memberikan informasi relevansi dari hashtag tersebut dan tweet anda.

3# Tambahkan Gambar/Grafik bagi Shared Link

Karena tweet yang menggunakan gambar akan lebih menonjol dan lebih menarik dibanding tanpa gambar. Untuk mempermudah anda gambar yang tepat, ada banyak tool yang dapat membantu anda, seperti Twishot.

4# Buat Tweet dengan Format yang Tepat

Mulai tweet anda dengan teks kemudian tambahkan link. Pastikan menyebutkan atribusi dengan @ jika memungkinkan, kemudian tambahkan hashtag lalu sisipkan gambar.

Dalam pembuatan tweet, dimungkinkan untuk melakukannya dalam berbagai bentuk/cara, walaupun mempunyai informasi yang sama. hal ini dilakukan agar tercipta variasi yang lebih menarik dalam memproduksi tweet.

Contohnya, daripada anda langsung memberikan judul suatu artikel dalam tweet tersebut, anda dapat juga gunakan quote yang menarik dan masih relevan dengan artikel yang dimaksud, atau dapat juga anda memulainya dengan sebuah pertanyaan yang akan terjawab oleh artikel tersebut.

5# Berikan Nilai Tambah dengan Suatu Tweet Quote

Tweet quote baru akan memberikan anda kesempatan menambah 116 karakter saat melakukan retweet. Karena tweet asli menempati tempat alokasi untuk suatu link pada sebuah tweet.

Jangan hanya mengulang judul tweet saat anda me-retweet  konten orang lain. Berikan uraian dengan menambah opini anda atau ketertarikan anda terhadap informasi konten tersebut.

8 Trik Jitu Marketing Via Twitter

8 Trik Jitu Marketing Via Twitter

6# Tweet Pada Saat yang Tepat

Mengetahui lokasi sebagian besar penonton anda adalah hal yang penting, begitu pula menentukan kapan waktu yang tepat bagi anda untuk melakukan tweet. Anda tak perlu pusing untuk mencari informasi informasi tersebut,  ada alat yang bisa membantu anda, seperti Twitter Analytics dan Tweriod. Silahkan anda masuk ke Twitter Analytics anda, kemudian klik bagian Audiences yang berada di bagian atas halaman, kemudian gulung ke bawah pada bagian Country.

Dan akan terlihat prosentase negara asal penonton anda. Lalu untuk mengetahui waktu terbaiknya, gunakan Tweriod, silahkan masuk mengunakan Twitter kemudian klik bagian My Analysis, maka akan terlihat kapan tweet tweet anda paling banyak terlihat dan kapan sebagian besar follower anda online.

Lakukan referensi silang waktu tweet anda dari hasil tweriod dengan zona waktu dimana sebagian besar follower anda berada. Dan selalu ingat bahwa rentang hidup suatu tweet sangat lah pendek, jadi cara terbaik untuk mendapatkan follower adalah tweet saat mereka online.

7# Tweet Populer

Twitter analytics akan memperlihatkan kepada anda beberapa tweet anda yang memberikan dampak pengaruh yang terbaik. Setelah anda mengetahuinya, cobalah untuk mempelajari dan menentukan bagian bagian penting yang ada di dalamnya. hal ini merupakan salah satu jalan yang paling efektif untuk mendorong marketing twitter anda.

Dan tidak ada salahnya juga jika anda melakukan teknik tersebut terhadap tweet tweet orang lain yang memiliki retweet tinggi dan tingkat like yang tinggi. Karena setelah mengetahui bagian bagian penting dari tweet tweet tersebut, buat tweet serupa untuk akun twitter anda.

8# Buatlah Daftar Konten Terlebih Dahulu Sebelum Retweet

Untuk menemukan materi dari seseorang yang anda percaya yang akan digunakan sebagai bahan retweet, buatlah dulu daftar twitter untuk beberapa niche yang berbeda.

Saat mengolah daftar tersebut, pertama tama perhatikan setiap akun tersebut dari sudut pandang penonton sasaran anda. Temukan orang yang membagikan konten terbaik yang penonton anda suka untuk me-retweetnya. Kemudian tambahkan akun akun tersebut ke daftar twitter anda tadi.

Dengan twitter, siapapun bisa me-tweet apapun, tapi perlu diingat, hanya tweet yang terbaik yang akan mendapat perhatian. Luangkan waktu lebih untuk menggabungkan satu atau dua tips di atas disetiap anda membuat tweet, dengan begitu anda akan mempercepat daya jelajah tweet anda, tweet tersebut akan lebih sering dan mudah disebar dan pada akhirnya akan membantu membangun brand anda.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda