9 Cara Efektif Memaksimalkan Facebook Marketing

Media sosial Facebook sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Hampir setiap orang sudah mengenal media sosial ini. Pengguna Facebook tersebar di banyak negara. Tak terkecuali Indonesia, pengguna Facebook di negara kita sudah hampir mencapai 70 juta pengguna berdasarkan data dari berbagai lembaga riset di akhir tahun 2016.  Tentunya jumlah yang sangat besar ini merupakan peluang yang harus digali.

Apa yang dapat kita lakukan dengan Facebook? Tak hanya sebagai media untuk berbagi, menjalin relasi dan berinteraksi dengan banyak orang, Facebook juga dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan pendapatan dalam bisnis Anda. Pendapatan yang maksimal dipengaruhi oleh strategi pemasaran produk yang efektif. Facebook marketing merupakan salah satu alternatif strategi pemasaran dengan harga terjangkau. Perlu cara tepat dalam memaksimalkan facebook marketing untuk kinerja bisnis kita. Bagaimana caranya? Mari kita simak ulasan berikut ini:

  1. Memaksimalkan Penggunaan Facebook Fanspage 

Perlu pemahaman mengenai karakteristik Facebook sebagai langkah awal menjalankan strategi pemasaran. Terdapat dua karakteristik Facebook yaitu Facebook personal dan fanspage. Sebaiknya gunakanlah facebook fanspage untuk melakukan pemasaran produk Anda. Dikarenakan facebook personal hanya menampung 5000 friends sedangkan facebook fanspage mampu menampung like maupun friends yang tak terbatas maka penggunaan facebook fanspage lebih disarankan. Banyak kita temui para artis memiliki akun facebook fanspage dengan jumlah like dan friends yang mencapai jutaan.

  1. Susunlah Perencanaan Konten Facebook

Perencanaan konten adalah langkah penting dalam upaya memaksimalkan fungsi facebook marketing.  Melalui konten yang terencana, Anda dapat menentukan arah strategi pemasaran yang akan Anda lakukan di facebook. Perencanaan konten dapat berupa jadwal posting status dan konsep isi status yang kita persiapkan.  Beberapa status yang dipersiapkan sebaiknya berupa tips, link artikel, gambar yang menarik dan kutipan yang bermanfaat. Status berisi update produk dan promo terbaru juga perlu Anda sertakan.

  1. Fokus dan Upayakan untuk MemperbesarJumlah Like

Jumlah like ialah jumlah konsumen Anda. Jumlah konsumen Anda dipengaruhi oleh jumlah like dalam akun facebook Anda. Jumlah like yang banyak menggambarkan banyaknya calon konsumen Anda. Secara konsisten menargetkan jumlah like yang diperoleh akan membantu Anda menarik para calon konsumen untuk membeli produk Anda.

  1. Memaksimalkan Penggunaan Fitur Penjadwal Status Otomatis

Fitur penjadwal status otomatis dapat membantu Anda dalam melakukan update status di saat Anda sedang sibuk.

  1. Gunakan FacebookAds 

Dengan harga terjangkau, penggunaan Facebook Ads berperan dalam meningkatkan jumlah like facebook fanspage Anda. Facebook Ads sangat bermanfaat untuk mempromosikan produk ke target market yang sudah tersegmen. Contohnya, calon konsumen berdasarkan area tertentu, usia tertentu dan jenis kelamin (wanita/pria)

  1. Secara Aktif Melakukan Percakapan

Bangunlah hubungan yang baik dengan fans Anda. Secara aktif melakukan percakapan dapat menciptakan relasi yang baik dengan calon konsumen Anda. Jika ada keluhan maupun pertanyaan, berikanlah jawaban dan solusi yang fast respon.

  1. Mulailah Berpromosi

Dalam berpromosi, gunakanlah status gambar berupa banner fanspage. Patikanlah gambar poster maupun banner produk Anda dalam kondisi yang baik saat diposting. Gambar yang jelas dan info kontak informasi yang jelas akan membuat produk Anda lebih dipercaya oleh para calon konsumen.

  1. Lakukanlah Pengukuran Efektivitas

Anda dapat menemukan fitur pengukuran (measurement) di bagian kanan atas tampilan facebook fanspage Anda. Berperan dalam mengukur sejauh mana efektivitas strategi pemasaran yang sudah dilakukan melalui facebook funspage,  pengukuran ini sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Pendekatan pengukuran yang sebaiknya dilakukan adalah efektivitas status, jumlah jangkauan, tingkat pertumbuhan fans, persebaran demografi gender (pria/wanita, lokasi, usia) dan efektivitas status.

  1. Konsisten Melakukan Pemasaran di Facebook

Konsisten melakukan pemasaran di facebook adalah langkah penting untuk menarik para calon konsumen. Seringlah melakukan update status sebanyak 5-8 status per hari.

Demikianlah ulasan mengenai 9 cara efektif memaksimalkan facebook marketing. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda untuk memaksimalkan pendapatan Anda. Tentunya pendapatan yang maksimal dipengaruhi oleh strategi pemasaran produk yang efektif bukan?

 

About The Author

Reply

Pesan Anda