Alat Ampuh Deteksi Plagiat Online

Alat Ampuh Deteksi Plagiat Online

Alat Ampuh Deteksi Plagiat Online

Saat ini, begitu banyak halaman web dibuat setiap harinya, pembuatan artikel dan konten menyertai proses pertambahan itu. Dan sebagian sudah sewajarnya berpotensi terkait plagiatisme. Ada begitu banyak penulis artikel ikut terlibat di sana, serta para blogger yang mudah menyalin artikel dari yang lain dan menggunakannya untuk kepentingan sendiri tanpa memberikan kredit yang sepatutnya.

Baca Juga: 5 Tema yang Paling Mudah untuk Menulis Artikel

Posting saat ini tentang alat yang bisa dijadikan referensi terbaik untuk memeriksa keaslian karya seorang penulis dan tentunya pembuat konten juga, dalam rangka menghadapi aksi plagiatisme. Berikut daftar alat dan situs web periksa plagiarisme yang dapat membantu Anda untuk mendeteksi konten palgiat:

1# Grammarly

Alat ini dapat memeriksa plagiat terhadap lebih dari 8 milyar halaman web dalam waktu beberapa detik saja dan secara cepat memberikan laporannya juga. Alat ini merupakan salah satu yang terbaik dalam mendeteksi plagiatisme.

Di saat memeriksa duplikasi suatu konten, alat ini juga mempunyai fitur yang dapat memeriksa kesalahan grammar dan ejaan. Sehingga banyak senior blogger yang memberikan rekomendasi penggunaan alat ini karena kemampuannya untuk memeriksa setiap konten yang dihasilkan agar terbebas dari plagiat yang tak dikehendaki.

Selain dapat digunakan tanpa bayar, alat ini juga memberikan kesempatan Anda untuk memeriksa konten berbasis format yang Anda inginkan, seperti posting blog, penelitian, komersial atau ebook.

2# PlagScan

Dikenal mudah digunakan dan merupakan alternatif yang akurat untuk memeriksa plagiatisme dan memberikan laporannya. Selain mempunyai banyak fitur yang berguna, PlagScan juga menawarkan adanya reka pilihan fitur untuk setiap kebutuhan pengecekan. Anda dapat mencoba versi Trial sebelum menggunakan paket berbayarnya.

Sangat direkomendasikan untuk kalangan profesional akademis.

3# Whitesmoke

Alat deteksi plagiat yang menjadi pesaing terdekat dari Grammarly. Alat ini mempunyai fitur fitur hAndal deteksi plagiatisme yang dapat membantu Anda mengetahui keberadaan konten salinan yang dapat merugikan ranking situs Anda atau reputasi online Anda.

4# Article Checker

Anda akan mudah menggunakannya, dan aplikasi ini dapat digunakan tanpa harus registrasi ataupun bayar terlebih dahulu. Article Checker akan langsung memeriksanya, Anda hanya copy-paste teks tersebut. Aplikasi ini merupakan salah satu alat periksa plagiat yang tepat untuk mendeteksi adanya duplikasi. Tapi waktu yang lama untuk menampilkan hasil jadi kekurangan yang patut diperhatikan.

5# DupliChecker

Jika Anda mencari alat periksa plagiat yang sepenuhnya gratis, DupliChecker akan jadi jawaban yang tepat. Selain tanpa bayar, penggunaannya pun begitu mudah. Anda hanya perlu Copy-Paste atau unggah thesis , artikel atau suatu konten situs web dan kemudian biarkan DupliChecker menganalisanya dan dalam beberapa detik sudah memberikan laporannya.

Memang bukan versi gratisnya dari Grammarly, tapi Anda dapat menggunakannya untuk mendeteksi adanya duplikasi konten dan mengetahui jejak asal konten yang telah disalin.

6# PlagiarsmCheck

Memang ada perbedaan dengan yang lain, PlagiarismCheck melakukan beberapa larangan seperti misalnya menentukan batas jumlah kata yang akan diperiksa. Tapi mempunyai fitur untuk menerima apapun format berkas yang akan diperiksa dan aplikasi ini pun dapat diakses dari semua lokasi. PlagiarismCheck ini merupakan alternatif terbaik dari Copyscape bagi pihak yang mempekerjakan penulis freelance, untuk memeriksa keaslian dari artikel yang diterima.

Tapi yang sedikit banyak menjadi pertimbangan untuk pengguna alat ini adalah pihak PlagiarismCheck tidak memberikan garansi apapun dan hal ini bisa menjadi kendala saat Anda membutuhkannya menjadi berkas dalam perkara hukum.

7# SmallSEOTools

Salah satu alat yang unik. Selain menyediakan alat deteksi plagiatisme, SmallSEOTools juga menawarkan alat SEO lainnya, seperti Article Rewriter, Keyword Position, alat Online Ping Website, Backlink Checker, Backlink Maker, Link Tracker, Google PageRank Checker, Domain Authority Checker, Word Count Checker, Spell Checker Tool dan masih banyak yang lain. Walaupun alat periksa plagiatnya masih bertipe stAndar, tapi orang yang menyukainya sejauh dapat digunakan tanpa bayar sepeser pun.

8# Plagium

Salah satu alat periksa plagiat gratis yang dilengkapi dengan beberapa fitur bermanfaat. Setelah memasukkan salinan konten, dapat menganalisa dengan cepat dan beberapa detik kemudian berikan hasil laporannya. Kelebihan dari alat ini, selain memeriksa situs web, Plagium juga akan menyisir setiap konten yang diunggah di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Salah satu alat terbaik untuk deteksi adanya duplikasi konten.

Semua alat periksa plagiat tersebut mempunyai fitur yang berbeda beda dan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Pemilihan terakhir terhadap alat yang akan dipakai sebenarnya merupakan pilihan pribadi masing masing pengguna. Dan diharapkan Anda dapat memilih setiap fitur yang tepat sesuai dengan tujuan Anda.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda