Anda Gaptek, Ikuti Training Gratis tahap demi tahap di Akademi Bisnis Digital!

Bingung mau memulai bisnis online dari mana? Padahal sudah ada punya modal,tapi gaptek cara menggunakan sistem online. Teknologi di era modern semakin canggih dan mencari pundi uang saat ini tidaklah sulit, asalkan punya niat dan tekad untuk menjalankan bisnis tersebut.

Sebelum anda ingin berbisnis. Anda sudah mengenal apakah yang dimaksud dengan online. Online artinya anda menggunakan fasilitas jaringan internet untuk melakukan upaya penjualan atas produk-produk anda. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka saat ini anda telah membangun sebuah pemahaman tentang bisnis online yang mendatangkan uang dengan cara memanfaatkan internet untuk menjual suatu produk dan jasa.

Umumnya untuk memulai bisnis digital anda harus tahu 4P (Product, Price, Place,Promotion) yang merupakan kunci awal dalam menjalankan bisnis online. Saya akan membahasnya satu persatu secara singkat sebagai berikut:

1. Product

Tentukan Produk Yang Akan Anda Jual Faktor P yang pertama dalam bisnis online adalah produk, artinya sebelum anda menjalankan bisnis, anda harus mengetahui dahulu produk apa yang akan anda tawarkan kepada konsumen. Produk bisa berupa barang atau jasa.

Produk tersebut juga bisa kita buat sendiri atau anda memasarkan produk yang dibuat orang lain. Dalam menentukan produk yang akan anda jual maka anda akan dihadapkan pada dua buah pilihan, yaitu Menjual produk yang bisa kita buat.

Membuat produk yang bisa kita jual. Ada perbedaan mendasar antara kedua pilihan. Pada pilihan pertama lebih dikenal product oriented, orientasi pada produk, yang berarti anda berusaha menjual sebuah produk yang mampu anda buat. Jika anda saat ini pandai mendesain baju dan menjahit, maka anda akan membuat produk-produk fashion untuk dijual atau jikaanda pandai menulis, maka anda akan membuka kursus menulis.

Pola berbisnis yang pertama ini banyak dipilih oleh kebanyakan orang karena pada umumnya tidak menuntut sebuah naluri bisnis dan pengembangan diri. Biasanyaorang menerapkan pola pertama tersebut cenderung untuk ‘coba-coba’ berbisnis. Jikaberhasil, maka akan dikembangkan lebih lanjut. Namun jika tidak berhasil akan segera dilupakan.

Persiapan yang dibutuhkan punsangat sederhana karena pola ini hanya menghasilkan suatu produk yang sudah biasaanda kerjakan. Pola kedua adalah kebalikan dari pola pertama, yaitu membuat produk yang bisadijual. Pada pola kedua ini penekanannya ada pada kata ‘bisa dijual’, artinya sebelumanda membuat sebuah produk, anda akan melakukan penelitian pasar terlebih dahulu untuk menentukan kira-kira produk apa yang bisa dijual atau diserap pasar denganmudah dan cepat.

Berdasarkan hal tersebut, maka tidak mengherankan bahwa pola ini dikenal dengan istilah market oriented atau orientasi pada pasar. Pola ini anda tidak menitik beratkanpada apa yang bisa anda buat, tetapi anda harus mengetahui betul-betul mengenai keinginan dan kebutuhan pasar.

2. Price

Tentukan Harga Jual Ke Konsumen Faktor P yang kedua dalam bisnis online adalah price atau harga. Setelah anda memiliki sebuah produk, maka langkah kedua adalah anda harus menentukan hargajual yang tepat bagi pasar yang anda bidik. Ingat dalam menentukan harga yang tepat, anda harus tentukan terlebih dahulu siapa sasaran target yang akan anda bidik. Apakah itu kalangan bawah, menengah, atau atas. Pada umumnya jika target penjualan anda adalah kelas menengah bawah, maka yang anda perhitungkan hanya sebatas biaya modal, biaya operasional dan keuntungan wajar.

Namun jika yang menjadi target adalah kelas atas, maka anda bisa memasukkan unsur-unsur perhitungan nilai seni, nilai keunikan, nilai kelangkaan,dan lainnya. Membidik segmen menengah atas akan menghasilkan transaksi yang lebih sedikit tetapi mendatangkan keuntungan besar. Dalam membidik segmen, anda bisa menjual nilai-nilai manfaat. Anda dapatmemikirkan mengenai manfaat apa yang akan diterima oleh konsumen setelahmenggunakan produk yang dijual. Dengan begitu, anda dapat meyakinkan calon konsumen ketika membeli produk anda.

3. Place

Pilih Tempat Yang Strategis Untuk Buka Usaha Faktor P yang ketiga adalah place. Place diartikan sebagai saluran distribusi anda. Sebuah produk yang akan anda jual pada suatu segmen pasar dengan harga yang tepat, tentunya harus dapat dengan mudah di jangkau oleh target pasar anda. Sangat tidak mungkin jika anda memiliki produk yang membidik target market kelas menengah bawah namun menjualnya melalui internet.

Kelas menengah bawah hanya sedikit orang saja yang dapat mengakses internet, apalagi yang mau berbelanja lewat internet. Oleh sebab itu bagaimanapun tepatnya sebuah produk yang anda jual dan bagaimanapun tepatnya harga yang anda tetap kandengan segmen pasar, tetapi anda salah memilih saluran distribusi. Maka kemungkinan untuk gagal akan jauh lebih besar.

Dalam menentukan saluran distribusi, anda perlu mengetahui bahwa ada biaya-biayayang sangat besar yang muncul di situ. Sebagai contoh, misalnya saja sebuah bukuyang biasa anda beli di toko buku. Sepertinya buku tersebut memiliki harga yang cukup mahal. Namun ternyata menjadi keuntungan bagi penerbit hanyalah sedikit. Sebuah buku yang dijual di toko buku dengan harga 25 ribu rupiah biasanya ongkos produksinya hanyalah 5 ribu rupiah.

Sudah menjadi hal yang wajar jika sampai pada konsumen akhir harga yang ditetapkan adalah lima kali biaya modal. Berapakah keuntungan penerbit? 20 ribu? Ternyata tidak sebesar itu. Sebuah penerbit harus mengeluarkan dana sebesar 50% dari harga akhir untuk biaya distribusi sehingga dana yang akan diterima oleh penerbit hanyalah Rp. 12.500 untuk setiap buku terjual. Penerbit masih harus membayar royalti penulis sebesar 10% dariharga jual dan menanggung buku-buku yang tidak laku di pasaran. Semakin kecil bukan keuntungan yang menjadi hak penerbit? Demikianlah yangterjadi ketika anda menjalankan bisnis online. Anda harus benar-benar menguasai faktor 4P sebelum terjun untuk menjual sebuah produk ke pasaran.

4. Promotion,

Lakukan Promosi Untuk Produk Yang Anda Jual Tiga faktor P yang sudah saya bahas belum sempurna tanpa ada faktor yang keempat yaitu promosi. Bayangkan saja jika seandainya ada sebuah produk yang sangat anda butuhkan, harganya sesuai dengan keadaan keuangan anda dan barang tersebut dijual di sebuah toko di dekat rumah anda, tetapi anda tidak pernah mendengar tentang nama produk tersebut dan fungsinya.

Apakah anda akan membelinya? Rata-rata kita tidak akan membeli sebuah produkyang tidak kita kenal dengan baik. Cara untuk memperkenalkan sebuah produk kepada masyarakat inilah yang dikenal istilah promosi. Promosi ada berbagai macam meliputi publisitas, promo penjualan, periklanan, danjuga penjualan langsung.

Publisitas lebih menekankan pada liputan media yangberupa informasi mengenai sebuah kasus dan mengkaitkannya dengan produk yanganda jual. Pada prinsipnya publisitas dikenal dengan iklan terselubung. Promo penjualan sebuah upaya untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentangproduk anda semacam testimoni sebelum konsumen membeli produk.

Periklanan berbagai macam bentuknya bisa berupa iklan di televisi, di radio, dimedia cetak, dan juga di internet. Prinsip iklan pada kekreatifan anda dalam mengolah sebuah informasi tujuannya agar menarik perhatian konsumen untuk membeli produk. Sedangkan penjualan langsung berkaitan dengan diskon dan rantai distribusi Setidaknya ada empat macam jenis promosi yang dapat anda lakukan.

Anda harus mempertimbangkan dan menentukan langkah mana yang akan anda lakukan terlebih dulu dan langkah mana yang bisa anda tunda. Ingatlah selalu bahwa tujuan utama sebuah promosi pada akhirnya harus dapat diukur dengan peningkatan penjualan. So, masih mau mengatakan gaptek bisnis online? Atau sudah punya rencana inginberbisnis? Ayo anda tentukan bisnis mana yang akan anda jual. Namun jika anda tetap masih bingung bagaimana memulai bisnis digital dengan cara yang mudah dan efektif ada satu platform yang sangat di rekomendasikan untuk pemula Akademi Bisnis Digital Rata-rata ada beberapa type pelaku bisnis online pemula :

1. Ada yang belum punya produk bingung mencari produk,

2. Ada yang sudah punya produk belum tahu cara memasarkannya melalui internet

3. Satu lagi bener bener blank belum punya produk dan belum mengerti bisnis digital.

Akademi Bisnis Digital hadir sebagai solusi terhadap ke tiga masalah diatas memberikan solusi tahap demi tahap mulai nol di jelaskan secara detail dan gampang di mengerti. Hebatnya lagi semua bahan presentasinya disusun dengan sangat rapidan terstruktur yang bisa anda pahami dengan baik. Plaftorm ini sangat bagus untuk pemula yang ingin belajar bisnis digital tahap demi tahap dengan cara yang menyenangkan.

Metode trainingnya juga dilengkapidengan kopdar seperti training facebook ads gratis di berbagai kota di Indonesia, jadianda belajar sendiri secara online dan pendalamannya ketemuan dalam bentuk training offline. Dari semua materi training diatas berupa fasilitas yang diberikan secara Cuma Cuma atau berbentuk training gratis yang langsung di berikan oleh pakar bisnis digital yang sudah berpengalaman selama bertahun tahun Untuk join di komunitas Akademi Bisnis Digital cukup akses website ini dantinggalkan nama dan alamat email anda www.traininggratis.com

About The Author

Reply

Pesan Anda