Apa itu AME Facebook dan Cara Mengatasi AME Secara Lengkap

apa itu ame facebook dan cara mengatasinya

Apa itu Ame facebook? Ads Manager Erorr!

Pada saat Anda membuat sebuah iklan di Facbook, tiba-tiba Anda dikagetkan dengan sebuah pesan Notifikasi, dimana iklan yang Anda buat ternyata Erorr dan sangat sulit untuk dikembalikan. Hal ini tentu sangat menghambat Anda bukan? Kok bisa seperti itu? Yuk kita bahas yah!

Banyak orang mengeluh tentang AME dari facebook. Akhirnya saya pun tertantang untuk membuat sebuah catatan lengkap mengenai apa itu ame Facebook. Setelah Saya cari dari beberapa sumber dan saya rangkumkan, maka ketemulah mengenai Ame ini, dan apa yang harus kita lakukan agar kita tidak kena AME Facebook.

AME Facebook adalah kependekan dari Ads Manager Error dan berarti akun Facebook ads Anda dibanned/blokir. Biasanya akan ditandai dengan Flag (Bendera) dan ada notifikasi seperti ini:

apa itu ame facebook dan cara mengatasinya secara lengkap

Ilustrasi | Klik untuk memperjelas

Apa sih penyebab terkena AME Facebook?

Secara eksplisit, dunia periklanan dimanapun tidak pernah membuat aturan yang “BENAR_BENAR NYATA”. Maksudnya begini, dunia iklan adalah sesuatu yang sangat fleksible. Hal ini karena menyangkut promosi orang lain. Jadi biasanya peraturan untuk periklanan itu bisa dengan sangat cepat berubah.

Hal inilah yang terkadang tidak kita ketahui secara langsung.

Misal begini, kita sudah membuat sebuah iklan, dan iklan yang kita buat tersebut misalnya kita buat 2 bulan lalu. Kemudian hari ini ada perubahan peraturan dari Platform Iklan tersebut, misalnya Facebook dimana peraturan tersebut tidak sesuai dengan iklan kita yang telah kita buat sebelumnya. Nah disini ada kemungkinan sangat besar bahwa iklan yang kita buat akan terkena AME.

Solusinya adalah kita harus senantiasa memahami seluruh peraturan periklanan dimanapun kita berpromosi. Apakah itu Facebook, Adwords Google dan lain sebagainya.

Banyak faktor yang menyebabkan facebook ads Anda kena banned, dan tidak ada satu peratuan iklan yang benar-benar baku untuk selamanya. Berikut adalah beberapa peraturan iklan di Facebook, dan harus kamu perhatikan dengan sebaik-baiknya:

  1. Jika Anda mengiklankan produk dengan link affiliate, maka JANGAN PERNAH memasang atau mengiklankan link Afiliasi Anda secara langsung. hal ini akan bertentangan dengan peraturan Facebook.
    apa itu ame facebook dan cara mengatasinya secara lengkap-pasang link afiliasiGambar di atas adalah contoh yang salah dalam penempatan link afiliasi. Yang benar adalah “Kamu buat sebuah page atau website landing page atau blog, lalu di page/landingpage/blog tersebut kamu pasang link afiliasi kamu”. Jadi yang kamu iklankan adalah Website/landing page/blog kamu. Biasanya boleh juga menggunakan NOTE di Facebook.
  2. Penggunaan IP Address yang berasalah. Biasanya IP kita bermasalah ketika kita melakukan banyak postingan SPAM. Jadi pastikan Anda benar-benar bijak dalam membuat postingan. Yang trermasuk postingan spam adalah sering share link aktif.
  3. Anda menggunakan kupon facebook. Kupon Facebook harusnya dipakai setelah kita beriklan, bukan di-awal kita memasang iklan.
  4. Menggunakan CC atau kartu kredit sebagai primary payment, tetapi langsung beriklan di facebook. Itu rawan sekali kena AME. Artinya Anda terlihat secara jelas dan SAH ingin langsung berpromosi. Padahal Facebook menginginkan Engangement yang baik dari setiap penggunanya.
  5. Anda baru punya paypal umurnya kurang dari 1 bulan, langsung dimasukan ke fb ads maka hal itu akan rentan kena AME.
  6. Satu URL Album facebook dalam satu fanspage di iklankan sekaligus tiga kali dalam waktu yang sangat berdekatan. Ya jadi kena pasal SPAM gitu deh. Niatnya pengen bikin semacam split test periklanan, eh malah kena AME. Solusi? Iklan ya sewajarnya. Satu iklan running, biarkan dulu. Agak lama, bikin iklan baru lagi. Sejauh ini aku biasanya setting satu URL album fanspage satu iklan saja.
  7. Langsung menggunakan sistem pembayaran  CC (Kartu Kredit) dan PayPal, tetapi nama antara CC dan PayPal tidak sama. Itu salah satu penyebab kena AME dan itu tidak disarankan.
  8. Nama di akun facebook Anda tidak sama dengan nama di CC atau di PayPal.
    Berhati-hatlah terhadap Anda yang memiliki akun KLONENGAN, Jangan terlalu bernafsu langsung beriklan setelah memasukan metode pembayaran di Facebook ads, biarkan dulu beberapa hari atau minimal 1 minggu.
  9. Terlalu sering berganti Perangkat untuk mengakses Ads Manager, misalnya dari tablet / komputer.
  10. Adanya perbedaan IP address saat mengakses fb ads manager dan saat memasang iklan. Itu bisa dikategorikan unusual login / unusual activity. Ini sering banget tidak diketahui dan tidak diperhatikan para pengguna Fcebook Ads.
  11. Jangan biarkan akun Facebook Anda pasif. Pastikan akun anda selalu aktif dan ada aktifitas yang rutin.
  12. Hati-hati jika menggunakan sistem pembayaran yang sama dengan akun yang berbeda. Hal ini mengundang kecurigaan Facebook.
  13. Jika Anda melakukan custom audience, jangan sekali-kali grab dan membuat list daftar orang-orang yang mempunyai nama depan atau nama belakang yang sama.

Secara garis besar mungkin hal-hal tersebut di atas adalah yang paling sering mengundang AME. Jadi pastikan dari beberapa poin di atas, jangan sampai anda langgar salah satunya. Itulah jawaban apa itu Facebook AME dan juga penyebab kena banned.

Baca: 8 Teknik mendatangkan pengunjung ke Website Anda!

Solusi paling baiknya adalah gunakan Facebook Ads dengan cara yang natural. Seperti yang saya lakukan yaitu dengan cara selalu aktif di Facebook, melakukan aktifitas pembayaran dengan satu cara pembayaran, tidak memasang link afiliasi secara langsung dan poin-poin penting lainnya. Semoga akun Anda tidak terkena AME dimasa yang akan Datang.

Saran saya “Mohon artikel ini Anda sebarkan untuk orang lain. Saya berharap banyak orang yang semakin mengerti tentang internet sehat dan cara penggunaannya dengan benar”. Jika kita menginginkan perubahan kearah yang lebih baik, maka kita mulai dari diri kita yang mau memberikan hal-hal terbaik untuk orang lain. Sukses untuk Anda.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda