Apa Itu Email Marketing?? (Jawaban Lengkap)

apa itu email marketing dan penggunaanya

Tak terasa sudah sampai sejauh ini, dan akhirnya saya akan membahas salah satu bagian terpenting dari Bisnis Online. Yah,…itulah email marketing.

Apa itu Email marketing? Email marketing adalah Pemasaran yang digunakan para Pebisnis Online menggunakan Email atau surat elekronik.

Sampai hari ini kalau kita melihat orang membicarakan tentang bisnis online, sebenarnya hanya ada beberapa bagian penting saja dan salah satunya adalah email marketing yang akan saya bahas ini. Di Amerika dan negara-negara maju lainya, menjual atau melakukan penawaran menggunakan email sudah sangat biasa. Alasanya dikarenakan mereka sudah memahami betul-betul fungsi email.

Email sejatinya adalah sebuah surat konvensionl yang di DIGITALkan. Hal ini membuat fungsi dari email tersebut tetaplah Privacy. Inilah yang mendasari banyak pebisnis untuk melakukan penawaran melalui Email, dikarenakan mereka paham betul, ketika seseorang mendapatkan email atau surat elektronik, maka biasanya isinya spesial (Walaupun banyak hal negatif juga yang disipkan menggunakan email)

Mari kita lihat sisi positif dan kegunaan serta manfaat dari Email ini bagi para pebisnis Online.

Pertama

Sebagian besar manusia di muka bumi ini sudah mengenal email dan kedepan akan lebih banyak mengerti apa itu email dan cara penggunaanya. Email bersifat rahasia, dan tidak ada satu alamat email pun yang sama. Selain itu, Vendor penyedia jasa layanan email gratis juga sangat banyak diantaranya yang terkenal  Yahoo, Gmail, Hotmail dan masih banyak lagi.

Baca Juga :Cara membuat Email

Kedua

Dengan Email kita bisa berkirim pesan teks dan gambar bahkan sebuah File Foto atau Video dengan ukuran tertentu. hal ini menjadikan Email begitu memiliki peran yang sangat baik dalam penyampaian informasi. Dengan pengiriman file-file yang dibutuhkan tersebut, maka tidak perlu mengirimkan HARD COPY untuk sebuah File yang sangat dibutuhkan.

Ketiga

Informasi yang disampaikan SANGAT CEPAT tidak perlu menunggu lama hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Cukup beberapa detik saja, maka informasi yang dikirimkan seseorang bisa langsung sampai. Inilah keunggulan email dari surat biasa.

Keempat

Bebas melakukan Customisasi atau tataletak dan struktur serta gambar yang diinginkan. Anda bisa bayangkan jika kita mengirimkan sebuah email penawaran dari produk yang ingin kita jual, tetapi dalam format yang kaku dan tidak menarik. Yang terjadi adalah orang akan malas melihatnya dan langsung membuangnya ke tong sampah.

Lihatlah perbedaan surat berikut antara yang konvensional dengan yang Modern menggunakan email marketing.

This slideshow requires JavaScript.

Dengan email marketing kita bisa mengkombinasikan tulisan dan gambar serta warna-warna yang menarik, sehingga orang yang membacanya suka dan tertarik dengan penawaran yang kita buat.

Okey…dari keempat hal tersebut….saya menganggap teman-teman semua sudah lebih mengerti apa yang dimaksud dengan email marketing. Dan berikutnya saya akan memberikan Sedikit Tips tentang penggunaan Email marketing ini, agar penawaran yang anda lakukan bisa maksimal terhadap bisnis online anda.
Pernahkah anda menerima sebuah email penawaran dari Lazada atau blibli Atau mungkin Qoo10? Lihat contoh email dari mereka yang pernah saya terima:  

Dari ketiga contoh email marketing tersebut, kita bisa memastikan bahwa si penerima email akan merasa dipuaskan dengan penawaran tersebut. Tentu saja…mereka bisa melihat detail produk yang ditawarkan dengan gambar yang menarik serta diskon dan potongan harga yang menggiurkan.

Dari contoh di atas, kita bisa mengerti bahwa begitu personal/pribadi nya sebuah penawaran yang diberikan kepada setiap orang yang memiliki email. Mereka tidak perlu ke toko untuk mengetahui sebuah harga barang dan barang apa saja yang sedang diskon.

Peluang inilah yang SAMPAI DETIK ini masih dilirik oleh pebisnis Online. Dan tentu saja, ketika anda sudah mengetahui hal ini, anda bisa mencobanya.

Lalu…pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana kita membuat penawaran dengan sebaik contoh tersebut, kemudian bagaimana tataletak gambar-gambar dan fotonya serta kata-kata apa yang bisa menarik minat si penerima email? Mari kita bahas selanjutnya.

STOP….

Saran saya anda tetap tenang membaca artikel ini dan tetnaunya dengan seksama, dan jangan ada satu hal pun yang terlewatkan. Ingat, ketika ada sesuatu yang terlewat, mungkin anda bisa saja berhasil tetapi TIDAK MAKSIMAL.

Untuk membuat email marketing tersebut, anda tidak perlu kuatir. Banyak penedia jasa layanan Email marketing, dan adna tinggal menggunakanya saja. Saya akan berikan 2 Contoh saja yang sering digunakan orang sampai saat ini.

1. GETRESPONS

Getresponse adalah Platform email marketing yang satu ini sudah banyak sekali digunakan orang. Fitur yang mereka tawrkan juga sangat lengkap dan mudah digunakan. Mungkin bagi anda yang baru akan menggunakanya agak sedikit kebingungan (sama seperti saya diawal-awal saya menggunakanya) Tetapi jika sudah mahir, maka kita sangat bisa berkreasi memberikan penawaran kepada setiap pelanggan kita.

Untuk harga yang mereak tawarkan tidak terlalu mahal yaitu kisaran $15 per Bulan.

email marketing getresponse

 

Beberapa keunggulanya yang pernah saya temui adalah, bisa langsung Preview untuk mobile device, sehingga kita tidak perlu mendesain ulang sebuah penawaran, Getrespons kan secara otomatis melakukanya untuk anda.

2. MailChimp

Mailchimp salah satu yang populer sampai saat ini, keunggulanya adalah ringan digunakan dan harganya yang cukup murah hanya $10 per Bulan. Selain itu ada masa Trial/Percobaan selama 30Hari yang membuat kita bisa mencobanya dahulu, dan mengakses semua fitur yang ada.

email marketing mailchimp

Bagi banyak orang dan perusahaan MailChimp adalah pilihan yang tepat dikarenakan user Friendly, dan harganya yang tidak lebih murah daripada getresponse. Akan tetapi semuanya tergantung kita sebagai pemakainya. Saya sarankan Gunakanlah terlebih dahulu Versi Gratisnya. Setelah anda melihat perbedaan keduanya, barulah pakai yang menurut anda paling mudah digunakan.

KESIMPULAN

Jadi kesimpulanya saya bisa gambarkan seperti bagan berikut, bahwa tujuan dari email marketing adalah memberikan penawaran yagn begitu menariknya secara personal, sehingga penawaran tersebut terlihat SANGAT EKSLUSIF serta sulit bahkan terlihat bodoh jika dilewatkan.

email marketing bagan

Untuk anda yang masih bingung dalam penggunaan bahkan cara menuliskan penawaran email marketing, silahkan berikan komentar anda, saya akan dengan senang hati memberikan penjelasan-penjelasan supaya bisnis anda semakin berkembang. Sukses Untuk Usaha Anda!!!

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda