Apa Itu Rekening Bersama (Rekber) Dan Bagaimana Cara Menggunakanya

skema rekening bersama atau rekber paymentgateways

Bagi anda yang masih bingung dan tidak tahu darimana harus memulai cara berbisnis online, maka saya sarankan anda membaca artikel ini. Disini saya akan membahas tentang cara pembayaran online yang aman dan tidak perlu takut kena tipu.

Tadi saya ada membuat sebuah artikel yang intinya tidak perlu takut bertransaksi online jika kita paham betul bagaimana cara pembayaran yang aman. Satu hal yang pasti bahwa transaksi memang eratkaitanya dengan penipuan. oleh karena itu kita perlu berhati-hati dalam memulai sebuah bisnis apalagi bisnis online yang mana kita tidak pernah mengetahui siapa yang akan membeli barang kita.

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang cara pembayaran menggunakan Rekening bersama atau yang sering kita sebut dengan Rekber.

Prinsip kerja penjualan secara konvensional adalah seperti skema berikut ini :

pembayaran langsung tanpa rekening bersama atau rekber

Dari gambar kita lihat bahwa pembeli dan penjual langsung melakukan pembayaran. Si pembeli langsung membayar kepada si penjual dan si penjual langsung menerima uangnya. Apakah itu COD atau Cash on Delivery atau menggunakan transfer bank.

Lalu Lihat pula skema yang satu ini :

skema rekening bersama atau rekber

Keteranganya sebagai berikut:

  1. Si Penjual dan Si Pembeli melakukan negosiasi lalu sepakat menggunakan jasa rekening bersama.
  2. Si pembeli mentransferkan dananya sebesar harga barang yang dijual si Penjual ke Pihak Rekening bersama, Lalu pihak rekening bersama menahan uang tersebut sampai ada konfirmasi dari si pembeli bahwa barang telah sampai ke tanganya.
  3. Si Penjual mengirimkan Barang yang sudah dibeli, dan sudah dibayarkan oelh si Pembeli
  4. Si Pembeli Barang mengkonfirmasi bahwa Barang sudah diterima (biasanya bisa dicek dari RESI Pengiriman barang. Misal kita menggunakan Jasa JNE)
  5. Pihak Rekening bersama Mengirimkan (transfer) uang kepada Si Penjual.

Dari mekanisme diatas sangat kecil kemungkinan atau bahkan hampir tidak ada pernah terjadi penipuan dengan menggunakan Rekening Bersama. Oleh karena itu pilihlah Rekber yang terpercaya sebelum melakukan transaksi online.

Sebenarnya sudah banyak sekali yah  rekber yang terpercaya. Sebut saja Lazada. Sejatinya Lazada adalah sebuah perusahaan REKBER juga. Jika anda tidak percaya Silahkan lihat bagaimana cara kerja mereka.

Saya adalah salah satu SELLER atau penjual di website lazada. Sementara pihak lazada adalah yang pertama sekali mendapatkan Uang (dibayar konsumen) sebelum dibayar ke SELLER. Jadi mereka adalah REKBER. Hanya saja kebanyakan orang awam tidak mengerti dan untuk apa juga mereka mengerti. Yang masyarakat tahu dan percayai Lazada adalah toko online terpercaya, padahal penjualnya adalah orang-orang lain.

Yang lainya saya beritahukan adalah Blibli, Tokopedia dan masih banyak lagi. Intinya adalah mereka menjadi pihak ketiga yang “MENGAMANKAN” uang konsumen. Tonton Video Singkat berikut ini :

Nah…setelah menonton Video tersebut, saya harap teman-teman sudah mengerti apa itu rekber dan bagaimana cara mengetahui cara kerja Rekening Bersama ini.

Jadi….Untuk anda pebisnis Online, saat ini saya mengatakan TIDAK perlu lagi takut dengan penipuan, karena sudah banyak cara pengamanan yang dilakukan untuk transaksi online.

Kesimpulanya, agar anda bisa bertransaksi dengan aman, Carilah perusahaan rekber terpercaya maka bisnis anda akan semakin maju.

 

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda