Apakah Bisnis Online Terkena Imbas Perlambatan Ekonomi??

Perlambatan bisnis online

Perlambatan bisnis online | marketingjoss.com

Berapa saat ini tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia?? apakah saudara tau?? jika tidak tau maka akan saya beritahu yaaa….heheheeh… nih… mari kita lihat di statistik saat ini tentang pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Baca : Ekonomi Melambat, RI Jangan Salahkan Dunia

Dari pernyataan ekonom senior tersebut kita bisa mengetahui banyak hal yang membuat mengapa Indonesia saat ini melambat secara pertumbuhan ekonominya. Tahun lalu Indonesia sanggup tumbuh diatas 5% pada periode yang sama. Sementara saat ini hanya mampu bertengger pada 4,71 persen saja atau turun sebesar 5% lebih.

Tapi bagi sebagian kita mungkin ini tidak terlalu terasa. Mengapa? karena kita tidak tergantung kepada produk yang langsung dari luar negeri. Apalagi mereka yang masih bisa makan dan minum dari hasil bumi. Hal ini pasti tidak akan terlalu terasa.

Bagi mereka yang langsung merasakan produk-produk luar negeri biasanya hal ini langsung terasa. Sebut saja penjual alat-alat elektronik yang notabene hampir semua di Import dari luar negeri.

Nah… hal tersebut tentu mendorong kita untuk mengerti dan memahami secara jelas, bahwa kita sudah sangat tergantung kepada produk atau barang dari luar negeri. Itu sebabnya pemerintah Indonesia selalu menggembar-gemborkan tentang bagaimana kita HARUS mencintai produk negeri kita sendiri. Tujuanya tidak lain supaya ketika terjadi gejolak perekonomian di luar negeri, kita tidak ikut merasakan terlalu signifikan.

Lalu bagaimana dengan pergerakan perkembangan bisnis online di Indonesia??

Yaah… bisnis online di Indonesia boleh dibilang masih tidak terpengaruh dengan gejolah perlambatan ekonomi saat ini. hal ini didukung beberapa faktor salah satunya dari sisi pengiriman.

pengiriman yang tidak terlalu mahal membuat daya beli masyarakat Indonesia tidak terlalu terpengaruh akan hal ini. Sehingga bisa kita lihat walaupun terjadi perlambatan pertumbuhan secara sektor Rill, tapi secara online tetap maju pesat.

lihat saja bagaimana orang tetap melakukan pembelian dari media-media online seperti blibli, lazada, tokopedia, bukalapak dan OLX.

Selain karena murahnya ongkos pengiriman, hal lain yang memacu pertumbuhan bisnis online ini adalah TERBANGUNYA Kepercayaan konsumen dan penjual. Hal ini tidak luput dari peran pemerintah dan seluruh pelaku bisnis online bahwasanya, penipuan hanya akan merugikan diri sendiri dan menyulitkan dimasa yang akan datang.

Tingginya anemo masyarakat juga dipengaruhi oleh tingkat persaingan yang semakin sengit dengan harga-harga yang bersaing satu dengan yang lainya. Barang yang sama bisa kita lihat pada toko yang berbeda akan memiliki harga yang relatif berbeda. Untuk mengecek perbedaan harga tersebut kita bisa melihat di situs berikut ini

7 Website pembanding harga untuk bisnis online

  1. Telunjuk
  2. PricePanda
  3. Priceza
  4. IndoKatalog
  5. PricePrice
  6. PriceBook
  7. PriceArea

Nah… dengan adanya website pembanding harga tersebut, maka kita bisa mencari banyak perbandingan harga dari berbagai situs atau toko online yang berbasis bisnis online tentunya. Ini akan memudahkan kita untuk memilih produk mana yang paling cocok untuk kita dan berapa harga termurahnya. Sangat gampang bukan???

Itu yang membuat bisnis online di negara kita Indonesia ini masih sangat baik prospeknya dan tumbuh sampai hari ini.

Selain itu masih ada faktor yang tak kalah pentingnya yaitu bahwa bisnis online sanagt meringankan penjual dari segi karyawan dan tempat. Mereka tidak perlu membayar karyawan dalam jumlah yang besar. Untuk tempat juga tidak perlu menyewa tempat yang mahal dan tempat strategis. Cukup memiliki alamat yang jelas dan terdaftar ( akan memiliki nilai tambah) maka bisnis online sudah bisa di kerjakan.

Baca : 3 Cara memulai bisnis online

Kesimpulan :

Bisnis online sampai saat ini tidak terlalu kena imbas akibat perlambatan ekonomi di seluruh penjuru dunia. Dengan demikian bagi anda pelaku bisnis online, teruslah melakukan aktifitas anda dan selalu utamakan kepercayaan kepada pelanggan anda dan kejujuran adalah kunci keberhasilan bisnis online.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda