Apakah Smartphone Anda lambat serta Lemot? Ini cara Mengatasinya!

Ilustrasi- Anda lambat serta Lemot? Ini cara Mengatasinya!

Ilustrasi- Apakah Smartphone Anda lambat serta Lemot? Ini cara Mengatasinya!

Terdapat momen-momen yang sangat menyebalkan di saat smartphone sering melambat padahal sedang dibutuhkan untuk bekerja dengan lebih cepat. Pernahkah Anda mengalaminya? Ponsel dengan spesifikasi yang tinggi dan harga yang mahal bukan jaminan smartphone tersebut anti lemot. Sebaik apapun kualitas smartphone pasti memiliki batas kemampuan dalam menjalankan fungsinya.

Oleh karena itu, kita sebagai pengguna smartphone sebaiknya mampu menggali penyebab smartphone melambat dan mempelajari bagaimana proses mengatasi smartphone yang melambat. Berikut ini kami ulas beberapa penyebab dan cara mengatasi smartphone yang sering melambat atau lemot.

Penyebab Smartphone Lambat

Beberapa penyebab smartphone melambat diantaranya:

1# Penggunaan Shortcut yang Berlebihan pada Home Screen

Sering kita jumpai home screen smartphone selalu dihiasi dengan shortcut dari beragam aplikasi. Hal tersebut akan mempengaruhi kinerja smartphone menjadi melambat. Sebaiknya, seleksilah aplikasi mana saja yang sering digunakan. Untuk Aplikasi yang jarang digunakan sebaiknya dihapus saja.

2# SMS yang Menumpuk dan Log Aktivitas

Kita sering membiarkan sms menumpuk, baik itu sms masuk maupun sms keluar. Hal tersebut akan membuat smartphone harus kerja ekstra supaya informasi sms tetap dapat diakses. Sebaiknya, hapuslah sms-sms berisi informasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Begitu pula log aktivitas seperti aktivitas menelpon juga akan menumpuk jika dibiarkan terus.

3# Menyimpan File yang Menumpuk di Memori Internal

Sebaiknya, kita lebih bijak dalam hal pemakaian memori internal smartphone. Bagi Anda yang mempunyai slot memori eksternal, sebaiknya gunakan memori tersebut karena banyak merk ponsel yang memiliki kapasitas memori internal sedikit. Apabila dipaksakan untuk menyimpan file dalam jumlah yang besar, sistem kerjanya akan sema berat.

Baca Juga: 5 Cara Bisnis Online Menggunakan Smartphone Android

Solusi Atasi Smartphone yang Lambat

Bagaimana cara mengatasi problem kinerja smartphone yang melambat? Berikut ini ulasannya:

1# Selalu Update OS

Cobalah untuk mematuhi petunjuk yangada pada smartphone Anda. Jika terdapat informasi untuk melakukan update sistem, segeralah untuk melaksanakannya. Namun, Jika tidak terdapat informasi maka Anda bisa melakukan pengecekan sendiri dengan masuk pada menu setting dan tekan tombol about device. Carilah bagian software update lalu lakukanlah pengecekan dengan menekan tombol check for updates.

2# Bersihkan Semua Aktivitas Terakhir

Para pengguna smartphone sering tidak menyadari bahwa semakin besar jumlah recent files yang menumpuk pada smartphone Anda akan menyebabkan kinerja smartphone terus melambat. Untuk mengatasinya, kita perlu menambahkan aplikasi pembersih smartphone yang dapat ditemukan di google play store. Dengan aplikasi tersebut Anda bisa mengurangi atau membersihkan seluruh recent files yang menyebabkan Smartphone Anda melambat.

3# Menonaktifkan Auto Brightness

Terangnya  cahaya pada layar HP akan membuat para pengguna merasa nyaman. Namun, hal tersebut juga termasuk salah satu factor penyebab smartphone menjadi semakin melambat. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengatur waktu lamanya layar smartphone Anda hidup. Sebaiknya aturlah sedemikian rupa sehingga saat smartphone mati layarnya juga ikut mati.Anda dapat menggunakan fitur autobrightness. Sebaiknya, pilihlah tingkat kecerahan yang standar saja.

4# Menonaktifkan Auto Sync

Fitur Auto-sync pada smartphone bermanfaat sebagai penyedia informasi. Namun, semakin banyak jumlah akun pada auto-sync serta banyaknya interaksi yang terjadi akan menyebabkan smartphone Anda semakin melambat karena harus bekerja keras menampung data-data tersebut.

Sebaiknya, Anda dapat memilih akun mana yang auto-syncnya banyak aktif. Apabila banyak akun auto-sync yang tidak terlalu penting, segera hapus akun-akun tersebut agar smartphoe tersebut bekerja kembali normal dan anti lemot.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi smartphone yang lemot. Selain cara-cara di atas, hal yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan smartphone Anda dengan cerdas. Gunakanlah smartphone sesuai  kebutuhan saja. Sebaiknya pelajarilah aplikasi-aplikasi yang Anda butuhkan. Hindarilah menginstal banyak aplikasi yang tidak Anda butuhkan.

Apabila memang dibutuhkan, pertimbangkan pula kegunaan smartphone tersebut apakah dapat digunakan dalam jangka waktu lama atapun hanya sebentar saja. Jika hanya menggunakan sebentar, segera hapus saja setelah selesai digunakan. Hal tersebut adalah langkah jitu dalam mengatasi smartphone yang cepat lemot. Selamat mencoba. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda